5 Kejadian Sangat Mengerikan Sebelum Kiamat Besar Terjadi - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

5 Kejadian Sangat Mengerikan Sebelum Kiamat Besar Terjadi

1. Kejadian Tiga Tanah Longsor
Di antara tanda-tanda besar hari kiamat adalah tiga tanah longsor yang akan terjadi. Satu akan terjadi di Timur, satu di Barat, dan satu di Jazirah Arab. 

Tidak banyak informasi tentang peristiwa ini, dan karena itu tidak banyak yang bisa dijelaskan lebih lanjut. Namun, penafsir hadits terkenal ibn Hajar mengatakan bahwa tanah longsor adalah kejadian yang sudah lumrah terjadi. 

Oleh karena itu, menurut pendapat beliau, ada kemungkinan bahwa ketiga tanah longsor yang akan terjadi sesaat sebelum hari kiamat berkekuatan sangat besar dengan tingkat kerusakan yang luar biasa, hal itulah yang membedakan tanah longsor ini dengan tanah longsor yang sudah sering terjadi.

Ilustrasi

2. Kabut Asap yang Melanda Bumi
Tentang kabut asap yang melanda bumi sebagai tanda-tanda kiamat dijelaskan dalam ALqur’an. Firman Allah dalam Alqur’an "Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih." (Quran 44: 10-11)

Sabda Rasulullah SAW tentang kabut asap yang melanda bumi ini, "Sesungguhnya, Tuhan kalian telah memperingatkan tentang tiga [hal]: Kabut yang meliputi orang beriman seperti penyakit pilek dan meliputi orang kafir dimana kabut itu mengepul sampai-sampai keluar dari telinganya.


3. Matahari Terbit dari Barat
Pada saat matahari terbit dari barat ditutuplah pitu taubat. Ini merupakan tanda kiamat besar akan terjadi.

Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan datang sampai matahari terbit dari Barat; dan ketika matahari terbit (dari Barat) dan orang-orang melihatnya, mereka semua akan beriman. Dan itu adalah (waktu) ketika tidak ada gunanya apabila seseorang baru beriman pada waktu itu. Kemudian beliau membacakan ayat lengkap (6: 158). 

Ayat yang dibacakan Rasulullah SAW, "Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya tanda dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula)." (Quran 6: 158)

Sebagai umat muslim yang beriman, pintu taubat masih terbuka lebar sebelum matahati terbit sebelah barat. Ini menandakan Allah SWT Maha Pengampun, Maha Adil, Maha Penyayang dan Maha Segala-Galanya di atas Bumi dan Langit ciptaan-Nya. Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda,  "Barangsiapa yang mencari ampunan (dari Allah) sebelum terbitnya matahari dari barat (sebelum hari kiamat), Allah akan menyambutnya dengan ampunan."

Dan dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Tanda pertama adalah terbitnya matahari dari barat, munculnya binatang di hadapan manusia di pagi hari, dan setelah terjadinya tanda yang pertama, tanda kedua tidak lama akan mengikutinya."


Setelah membaca tentang matahari terbit sebelah barat, sudah jelas bahwa tidak ada ampunan bagi siapapun di Bumi ini. 

Untuk sahabat renungan islam. Senantiasa selalu memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dari keselamatan dunia dan akhirat. Tidak ada yang akan abadi di Bumi ini. Dunia hanyalah persinggahan sementara.


4. Keluarnya Binatang Melata dari Bumi
Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, "Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (an-Naml 27:82).

Munculnya binatang melata merupakan bukti yang disampaikan Allah SWT dalam Al Qur’an. Binatang melata ini muncul pada sebagai tanda kiamat besar.

Dalam hadits riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, "Tanda pertama [4] adalah terbitnya matahari dari barat, munculnya binatang di hadapan manusia di pagi hari, dan setelah terjadinya tanda yang pertama, tanda kedua tidak lama akan mengikutinya."

Binatang melata ini akan menandai siapa manusia yang beriman dan yang kafir.


5. Api yang Akan Mengumpulkan Manusia
Api ini merupakan tanda-tanda terakhir kiamat besar. Beberapa saat setelah api besar ini terjadi, kiamat akan segera datang. Dalam riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "pada akhirnya api yang membakar akan muncul dari Yaman, dan akan mengumpulkan manusia ke tempat mereka berkumpul."

Sahabat renungan islam, marilah selalu berdoa supaya tidak termasuk kedalam orang-orang akhir zaman. Bayangkan jika menyaksikan kobaran api yang dahsyat ini. Setelah kejadian ini kiamat pasti terjadi. Dan manusia akan dibangkitkan untuk kemudian dihisab oleh Allah SWT.

Sahabat renungan islam, marilah selalu berdoa supaya tidak termasuk kedalam orang-orang akhir zaman. Bayangkan jika menyaksikan kobaran api yang dahsyat ini. Setelah kejadian ini kiamat pasti terjadi. Dan manusia akan dibangkitkan untuk kemudian dihisab oleh pengadilan Allah SWT

Sebagai renungan, semua makhluk hidup Allah SWT akan meninggal. Baik manusia, binatang darat, binatang laut, bangsa jin, iblis, syaitan, malaikat, bahkan malaikat maut akan merasa kematian. Dan pada akhirnya Allah akan membangkitkan kembali makhluknya
Sebagai salah satu makhluk cipataan Allah SWT yang diberikan akal dan pikiran. Senantias untuk Selalu berserah diri kepada-Nya, memohon ampun, dan menjalankan perintah-perintah-Nya. Semoga Allah SWT menempatkan kita semua di dalam surga-Nya. Amin