Beginilah Kondisi 12 Kelompok Manusia yang Dibangkitkan oleh Allah SWT Sesudah Hari Kiamat - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Beginilah Kondisi 12 Kelompok Manusia yang Dibangkitkan oleh Allah SWT Sesudah Hari Kiamat

Setelah bumi mengalami kiamat. Semua manusia akan dibangkitkan lagi oleh Allah SWT.  Umat manusia sejak zaman Nabi Adam AS sampai umat manusia yang terakhir hidup dimuka bumi dikumpulkan Allah SWT di padang mahsyar.

Semua manusia akan dihisab oleh Allah SWT dengan seadil-adilnya. Manusia akan mempertanggung jawabkan semua perbuatan di bumi di padang mahsyar nanti. Tidak ada yang bisa membantu selain amal yang saleh.

Sebagai permulaan ada baiknya membaca dua hadits berikut ini:

Diriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bercucuran air mata hingga membasahi bajunya ketika ditanya oleh Mu’adz ibn Jabal tentang maksud firman Allah dalam surat An-Naba’: 18, yakni:

Yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala, lalu kamu datang berkelompok-kelompok.” (Qs. An-Naba’: 18)

Kemudian Rasulullah SAW bersabda: “Engkau telah bertanya tentang sesuatu yang dahsyat. Umatku akan dikumpulkan / dibangkitkan di hari kiamat dalam dua belas kelompok.

Berikut keduabelas kelompok yang dimaksudkan dalam hadits Rasulullah SAW tersebut, berikut ulasannya :



Kelompok Pertama
Kelompok ini akan dibangkitkan tanpa tangan dan kaki. Kelompok ini merupakan manusia yang senang mengganggu tetangganya saat di Dunia dulu. Firman Allah dalam Al Qur’an,

“Dan tetangga yang terkait kerabat dan tetangga asing.” (Qs. An-Nisa’: 36)

Kelompok Kedua
Kelompok manusia ini dibangkitkan berwujud babi. Lalu terdengar suara Allah SWT: Mereka ini orang-orang yang bermalas-malasan melakukan Shalat. Ini balasan untuk mereka dan Neraka menjadi tempat mereka. Firman Allah SWT:

Celakalah! Mereka yang mengerjakan shalat, yaitu yang lalai dalam shalatnya.”(Qs. Al-Ma’un: 4-5)

Kelompok Ketiga
Kelompok ini dibangkitkan oleh Allah SWT dalam keadaan perut yang sangat besar seperti gunung. Didalam perut terdapat ular dan kalajengking. Lalu Allah berseru : Mereka orang-orang tidak mengeluarkan zakat di Dunia. Ini balasan untuk mereka dan neraka tempat kembali mereka: Firman Allah SWT:

Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkan pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (Qs. At-Taubah: 34)

Kelompok Keempat
Kelompok manusia ini dibangkitkan mulutnya mengeluarkan darah. Terdengar suara Allah SWT : Mereka yang berdusta saat berdagang. Ini balasan untuk mereka dan neraka tempat mereka. Firman Allah SWT :

Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji(nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapatkan bagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata kepada mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih.” (Qs. Ali Imran: 77)

Dala Ayat lain Allah SWT berfirman:

Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak ridhai. Dan Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.” (Qs. An-Nisa’: 108)

Kelompok Kelima
Kelompok manusia ini dibangkitkan dalam kondisi berbau busuk. Baunya sanga menyengat, mengalahkan bau bangkai. Ini adalah golongan manusia ketika di dunia sering melakukan maksiat secara sembunyi-sembunyi karena takut kepada manusia. Merka tidak takut kepada Allah SWT. Neraka tempat mereka berada.

Kelompok Keenam
Kelompok ini dibangkitkan oleh Allah SWT dalam keadaan leher terputus. Kelompok ini merupakan manusia yang memberikan keterangan palsu. Inilah balasan Allah di hari akhir nanti.

Kelompok ketujuh, adalah mereka yang akan dibangkitkan dari kematian dalam keadaan tanpa lidah, sedang dari mulutnya mengalir nanah dan darah. Allah kemudian berfirman bahwa mereka ini adalah orang-orang yang waktu di dunia menolak memberi kesaksian secara jujur dan benar. Maka atas perilaku yang merugikan banyak pihak ini, neraka adalah tempat kembali yang diperuntukkan bagi mereka. Dalam Al-Qur’an, Allah telah menegaskan

Kelompok Ketujuh
Sungguh sedih manusia yang termasuk kedalam kelompok ini. Mereka dibangkitkan Allah dalam keadaan tanpa lidah, mulutnya mengeluarkan darah dan nanah. Kemudian terdengar suara Allah SWT, mereka manusia yang tidak mau memberikan kesaksian dan kejujuran yang benar, neraka tempat mereka. Firman Allah SWT :

Dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. Dan barangsiapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Baqarah[2]: 283)

Kelompok Kedelapan
Kelompok yangd dibangkitkan oleh Allah SWT ini diantara mereka sebagian kepalanya tersungkur, kakinya berada di atas kepala. Dari kemaluan mereka keluar nanah kotor dan bau yang menyengat. Lalu terdengar suara Allah SWT: Mereka merupakan manusia hidupnya berzina di Dunia dan sampai meninggal mereka belu bertaubat. Nerakalah tempat bagi mereka. Firman Allah SWT :

Dan janganlah kamu mendekat zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (Qs. Al-Isra’: 32)

Kelompok Kesembilan
Kelompok ini wajahnya berwarna hitam.  Mata mereka berwarna biru dan perut penuh dengan api. Mereka semua termasuk golongan yang memakan harta anak yatim di Dunia dan sampai meninggal belum bertaubat. Firman Allah SWT:

Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (Qs. An-Nisa’: 10)

Kelompok Kesepuluh
Allah SWT membangkitkan kelompok ini dalam keadaan dengan penyakit kusta dan sopak. Mereka golongan manusia yang durhaka kepada orang tuanya dan tidak bertaubat sampai meninggal. Neraka balasan bagi mereka. Allah SWT berfirman :

...Dan berlaku baiklah terhadap kedua orangtua...” (Qs. An-Nisa’: 36)

Kelompok Kesebelas
Kelompok ini dibangkitkan Allah SWT dalam keadaan gigi seperti tanduk, bibir bergelantung sampai dada, lidah sampai keperut, perut sampai kepaha, dari perut keluar kotoran dan hati mereka buta. Golongan manusia ini mereka yang gemar minum-minuman keras, berjudi. Mereka belum sempat bertaubat sampai akhir hayat. Firman Allah SWT :

Hai orang-orang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah (al-azlaam) [1]  adalah perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (Qs. Al-Maidah: 90)

Kelompok Keduabelas
Kelompok terakhir ini dibangkitkan Allah SWT dalam keadaan wajah bercahaya seperti bulan purnama. Kemudian para golongan ini akan melewati shirat (titian) dengan sangat cepat (seperti kilat). Ini untuk mereka yang selalu menjaga shalat lima waktu, beramal shaleh, tidak melakukan maksiat di dunia. Para golongan ini juga meninggal dalam keadaan bertaubat. Allah menempatkan kelompok ini kedalam Surga-Nya dengan penuh rahmat dan nikmat-Nya. Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami Allah”, kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan), ‘Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan oleh Allah kepadamu.’” (Qs. Fushshilat: 30)

Sahabat renungan islam, setelah membaca sekilas keduabelas kelompok yang disebutkan diatas tentunya kita semua berharap akan termasuk kedalam kelompok kedua belas.


Untuk menggapai (termasuk dalam kelompok keduabelas). Mulai sekarang selagi nyawa dikandung badan mari menambahkan (menguatkan) amal-amal ibadah kita. Jangan pernah lalai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita semua ditemapatkan dalam Surga Allah SWT. Amin ya Rabbal ‘alamin.