Ini 6 Keutamaan dan Pahala Bagi yang Membaca Al Qur’an - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ini 6 Keutamaan dan Pahala Bagi yang Membaca Al Qur’an

Sebagai muslim yang baik tentunya kita pernah membaca Al Quran meskipun sangat jarang. Minimal jika tidak pernah membacanya pasti sering mendengar orang lain yang membaca Al Qur’an. Mungkin bagi Anda yang jarang membuka ayat suci Al Qur’an sudah bisa untuk segera memulainya. Sangat banyak keutaman dan pahala membaca Al Qur’an.

Al Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang dibawakan oleh Rasulullah SAW untuk menyebarkan agama Allah SWT. Al Qur’an diturunkan langsung (wahyu) dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Tidak ada alasan bagi kita semua untuk tidak membaca Al Qur’an. Meskipun masih terbata-bata, tetap akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

Ini 6 Keutamaan dan Pahala bagi yang Membaca Al Qur’an :




Al Quran selalu menjadi syafaat bagi yang selalu membacanya
Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadistnya:
“Bacalah Al Quran karena ia akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat kepada orang yang telah membaca dan mengamalkan isinya” ( HR : Muslim)

Al Qur’an Cahaya ditengah kegelapan
Sabda Rasulullah saw,”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

Membaca 1 huruf Al Qur’an sama dengan satu kebaikan. Satu kebaikan mendapat pahala 10 kali lipat
Rasulullah SAW bersabda: “ Barang siapa satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan kebaikan itu mendapat pahala sepuluh kali lipat. Aku (Muhammad) tidak mengatakan “alif laam miim” itu satu huruf. Tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, miim satu huruf.” (HR Tarmidzi )

Sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari Al Qur’am dan mengajarkannya
Sabda Rasulullah SAW : “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al quran dan mengajarkannya” (HR Al Bukhari)

Ahlul Qur’an adalah keluarga Allah SWT
Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau ditanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau menjawab,’mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Yang mahir membaca Al Qur’an senantiasa selalu bersama Malaikat. Sedangkan yang terbata-bata akan mendapat dua pahala.

Sabda Rasulullah SAW : “Orang yang mahir membaca Al-Qur’an kelak (mendapat tempat disurga) bersama para utusan yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dan masih terbata-bata, dan merasa berat dan susah, maka dia mendapatkan dua pahala.”

Dua pahala ini, salah satunya merupakan balasan dari membaca Al-Qur’an itu sendiri, sedangkan yang kedua adalah atas kesusahan dan keberatan yang dirasakan oleh pembacanya.