Kemunculan Dajjal Sebagai Salah Satu Tanda Akhir Zaman - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Kemunculan Dajjal Sebagai Salah Satu Tanda Akhir Zaman

Sebelum kiamat besar terjadi akan datang Dajjal dengan misi menyesatkan manusia untuk mempercayainya. Semua orang yang beriman akan mengenal dajjal, karena terdapat tanda di berupa tulisan “kaffir”. Tentang kemunculan dajjal sebagai salah satu tanda akhir zaman banyak hadits yang menjelaskan. Rasulullah SAW pada setiap shalatnya selalu memohon kepada Allah SWT tentang fitnah Dajjal. Rasulullah juga menjelaskan cirri-ciri dajjal merupakan seorang manusia yang membawa fitnah dengan keji. Tentang fisiknya Anda bisa membaca hadits sebagai berikut :

"Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah menjelaskan tentang Dajjal di hadapan orang-orang dan berkata: "Allah tidak bermata satu dan ketahuilah bahwa Dajjal buta mata kanannya, dan matanya seperti anggur yang membengkak." (H.R. Muslim)

Rasulullah SAW bersabda: "Tertulis tiga huruf (Arab): Kaaf, Faa, dan Raa. Ketiga huruf ini membentuk kata "Kafir", dimana huruf ini terletak di antara mata Dajjal." (H.R. Muslim)

Dajjal akan membawa beberapa misi dan beberapa hal terkait kedatangannya. Rasulullah SAW bersabda, "Dajjal akan membawa air dan api. Api itu akan seperti air dingin dan air itu akan seperti api, jadi jangan sampai kalian salah pilih." (H.R. Muslim)

Dalam hadits lain dijelaskan apa yang akan dilakukan dajjal. Rasulullah SAW bersabda "Aku lebih mengetahui daripada kalian tentang apa yang akan dibawa Dajjal. Dia akan membawa dua sungai (yang satu mengalir dengan air) dan yang satunya lagi (memiliki) api (di dalamnya). Dan apa yang kalian kira sebagai api sebenarnya adalah air dan apa yang kalian kira sebagai air sebenarnya adalah api. Jadi barangsiapa di antara kalian yang dapat menyaksikan hal itu dan menginginkan air, harus meminum apa yang dilihatnya sebagai api." (H.R. Muslim)

Ilustrasi

 Pada hadits lain, Rasulullah SAW bersabda tentang dajjal, "Tidak pernah ada seorang nabi pun yang tidak memperingatkan kaumnya tentang sang pendusta bermata satu (Dajjal)." (Shahih Al-Bukhari)

Dajjal akan menipu manusia dengan tipu dayanya yang sangat menakjubkan. Dajjal akan menyesatkan orang-orang untuk mengikuti dia. Dalam riwayat Abu Said Al-Kudri, Rasulullah SAW bersabda, "Dia akan muncul tapi tidak bisa melewati jalan pegunungan untuk memasuki Madinah. Jadi dia akan berhenti di suatu dataran (yang memiliki kadar garam tinggi dan tidak subur) yang berdekatan dengan kota Madinah. Dan seseorang akan keluar (ke tempat Dajjal berada) dan berkata kepadanya, “Aku bersaksi bahwa engkau adalah Dajjal sebagaimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam telah memberitahu kami.” Dajjal kemudian akan berkata (kepada para pengikutnya), “Apa pendapat kalian jika aku membunuh (orang) ini dan kemudian menghidupkannya kembali, setelahnya apakah kalian masih meragukanku dalam hal ini?" Mereka akan menjawab, “Tidak.” Dia kemudian akan membunuh (orang) itu dan kemudian menghidupkannya. Ketika menghidupkan orang itu kembali, orang itu akan berkata, “Demi Allah, saya semakin yakin (bahwa kau adalah Dajjal) daripada sebelumnya.  Dajjal kemudian akan berusaha untuk membunuhnya (lagi) tapi dia tidak akan mampu melakukannya."

Sahabat renungan islam, kemunculan Dajjal merupakan cobaan bagi umat manusia untuk mempertahankan keimanannya. Allah SWT akan memberikan tempat yang layak (Surga) bagi hambanya yang beriman dan selalu bertakwa kepada-Nya.