Masya Allah, Ini Replika Jubah Nabi Adam AS yang Sangat Tinggi - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Masya Allah, Ini Replika Jubah Nabi Adam AS yang Sangat Tinggi

Renunganislam.com - Hamdan bin Audah Al Baheriy Al Mas’udi merupakan seorang pemuda berasal dari Arab Saudi terbesit dalam hatinya untuk merancang dan mengimplementasikan replika jubah Nabi Adam AS.

Tidak mudah bagi Hamdan untuk memulai membuat replikasi jubah Nabi Adam AS. Dibantu 4 orang desainer, jubah yang sangat tinggi mencapai 29 meter dapat diselesaikan dalam waktu 18 hari. Bukan waktu yang sebentar bagi kelima orang tersebut untuk membuat sebuah busana.



Dalam pembuatan replikasi jubah Nabi Adam AS, Hamdan dan 4 orang desainer busana tersebut menghabiskan 40 gulungan kain dan 30 ribu lebih gulungan benang.

Hamdan berasal dari salah satu wilayah utara Arab Saudi tepatnya di desa Tabuk. Ia mengatakan inspirasi membuat jubah Nabi Adam AS yang tinggi mencapai 29 meter tersebut terdapat dalam hadits. Dimana tinggi Nabi Adam AS 60 dira’ (hasta).


Dalam satu riwayat Al Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Allah menciptakan Adam atas bentuknya (sesuai dengan bentuknya), tingginya (tinggi Adam) adalah 60 dira’ (hasta).”

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa sosok Nabi Adam SAW sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan manusia sekarang 1 banding 18. Itupun 18 orang tersebut tingginya 1.70 cm (1.7 m). Ini hanya sebagai perbandingan betapa tingginya Nabi Adam SAW yang juga Bapak (Ayah) dari umat manusia di Bumi ini.

60 hasta jika dihitung (dikonversi) dengan meter maka didapatkan sekitar 27-30 meter. Hamdan mengambil nilai ditengah-tengah yaitu 29 meter. Saat ini, jubah ciptaan Hamdan satu-satunya jubah terbesar di dunia.

Sahabat muslim semua, meskipun jubah tersebut hanyalah sebuah replika tentu kita semua sangat merindukan untuk melihat sosok Nabi Adam AS merupakan Ayah dari semua umat manusia di Bumi ini.

Semoga kita semua dipertemukan dengan Nabi Adam AS di Surga Allah nanti. Amin ya Rabbal ‘Alamin.