Sungguh Besar Pahala Seorang Ibu yang Membesarkan Anaknya dengan Baik - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Sungguh Besar Pahala Seorang Ibu yang Membesarkan Anaknya dengan Baik

Dari Aisyah Ra berkata , 'Saya pernah dikunjungi oleh seorang perempuan yang mempunyai dua orang anak perempuan. Kemudian, perempuan tersebut meminta makanan kepada saya. Sayangnya, saat itu, saya sedang tidak mempunyai makanan, kecuali sebiji kurma yang langsung saya berikan kepadanya. Kemudian perempuan itu menerimanya dengan senang hati, dan membagikannya kepada dua anak perempuannya tanpa sedikitpun ia makan. Setelah itu, perempuan itu bersama dua orang anak perempuannya pergi

Tidak lama kemudian, Rasulullah Saw masuk ke dalam rumah. Lalu, saya menceritakan kepada Rasulullah tentang perempuan dan kedua anak perempuan tadi. Mendengar cerita ini, Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa diuji dalam pengasuhan anak-anak perempuan, lalu ia dapat mengasuh mereka dengan baik, maka anak perempuannya itu akan menjadi penghalangnya dari api neraka kelak." (HR. Muslim).



Hadist diatas menjelaskan keistimewaan yang dimiliki seorang perempuan yang luar biasa. Lihatlah betapa Aisyah Ra istri Rasulullah SAW merupakan seorang dengan kepribadian shalihah, dermawan dan senantiasa menolong orang lain saat kesusahan. Dan perhatikan seorang Ibu yang membagikan makanan kepada kedua anak perempuannya. Sungguh contoh teladan yang baik dari Aisyah Ra dan juga perempuan tersebut.

Dengan peristiwa yang dilalui Aisyah Ra kita dapat memetik pelajaran yang sangat berharga. Betapa perempuan mendapatkan kesempatan untuk merawat anak-anaknya dengan baik dan dimuliakan Allah SWT.

Pada kesempatan tersebut, Aisyah Ra lebih mementingkan untuk menolong perempuan tersebut karena kekurangan makanan. Sedangkan Aisyah juga mempunyai sebiji kurma. Namun, Aisyah memutuskan memberi kepada perempuan tersebut. Tanpa lama-lama, perempuan tersebut langsung memberikan kurma kepada dua orang anaknya tanpa mencicipi terlebih dahulu.

Meskipun dalam hadits diatas merawat anak perempuan. Akan sama juga mendapat limpahan Rahmat Allah SWT jika merawat anak lelaki dengan baik. Sungguh besar pahala seorang Ibu yang merawat anaknya dengan baik.

Rasulullah SAW bersabda, "Dari Anas bin Malik Ra., ia berkata, 'Rasulullah Saw telah bersabda, 'Barang siapa dapat mengasuh dua orang anak perempuannya hingga dewasa, maka aku akan bersamanya di hari Kiamat kelak.' Beliau merapatkan kedua jarinya." (HR. Muslim).

Pada masa itu keberadaan perempuan masih dianggap rendah oleh masyarakat Arab. Hingga Rasulullah SAW mengangkat derajat kaum perempuan.  Itulah sampai sekarang Islam memberikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada perempuan semenjak Rasulullah SAW memperjuang keberadaan perempuan. Sudah sepatutnya sebagai seorang perempuan harus selalu mengingat kepada Rasulullah SAW.

Sebagai seorang Ibu  dan juga orang tua, harus mengajarkan hal-hal baik kepada anak. Begitu juga dengan orang tua lelaki (ayah), harus memberikan nilai-nilai yang baik kepada anak-anak.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin