Teruntuk Para Istri, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Rezeki Suamimu Lancar - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Teruntuk Para Istri, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Rezeki Suamimu Lancar

Istri yang baik adalah istri yang taat dan patuh kepada suami dengan mengharap ridha Allah. Sudah lahir dan batinnya seorang istri ingin dinafkahi oleh suaminya, tentu dari rezeki yang halal.

Kehidupan berumah tangga akan selalu bahagia jika Anda berdua suami selalu memanjatkan rasa syukur kepada Allah.

Dan suami sudah seharusnya bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga (istri, anak-anak). Dibelakang suami yang bekerja keras pasti mengharapkan doa istri. Dan peran seorang istri untuk selalu berdoa kepada Allah agar suami selalu diberi keberkahan saat mencari nafkah. Berikut ulasan tentang hal yang baik dilakukan agar rezeki suami lancar :
Ilustrasi

1. Menyisihkan Nafkah Dan Diberikan Kepada Orang Tua
Sebagian para suami mempercayai keuangan kepada istrinya. Mendapat kepercayaan dari suami untuk mengelola keuangan jangan sampai mengeluarkan untuk hal-hal yang tidak penting. Gunakan untuk keperluan rumah tangga seperti belanja, jajan anak-anak dan lain-lain.

Yang paling penting sebagai istri, Anda harus menyisihkan rezeki untuk diberikan kepada orang tua dan mertua. Ini untuk menunjukkan rasa bakti Anda dan suami kepada mereka. Berikan sedikit rezeki meskipun Anda hanya sanggup membeli 10 butir telur setiap minggunya. Insya Allah, akan menambahkan rezeki yang Anda peroleh.

Pada saat memberikan kepada orang tua, jauhkan pikiran-pikiran negative ataupun rasa minder karena disaat Anda hanya sanggup memberkan beberapa butir telur, orang lain memberikan lebih. Ingatlah, di mata Allah SWT bukan kecil atau besar yang dinilai, keikhlasan dan kecintaan Anda kepada orang tua mendapat pahala sangat besar dari Allah SWT. Dan Allah akan membalasnya berpuluh kali lipat.


2. Mengingatkan Suami Mencari Rezeki yang Halal dan diridhai Allah SWT 

Sudah hak istri untuk selalu mengingatkan suami mencari nafkah yang halal. Rezeki yang halal akan diridhai oleh Allah SWT. Dan tentunya membawa berkah dalam rumah tangga.

Ini sangat penting untuk diketahui para istri, karena nafkah yang dibawa pulang suami akan digunakan untuk kebutuhan rumah, anak-anak, memberikan kepada orang tua, memberi kepada yang membutuhkan dan lain-lain. 

Tugas istri selalu mendoakan suami mencari nafkah secara halal.

Sebagai istri Anda harus mensyukuri apa yang didapatkan suami baik sedikit ataupun lebih dari cukup. Jangan pernah memaksa kehendak, jangan menuruti keinginan nafsu. Allah tidak menyukai hal demikian. Jangan sampai rezeki yang didapatkan tidak halal karena ingin memenuhi nafsu semata.


3. Memperhatikan Gaya Hidup, Jangan Hidup Bermewah-mewahan

Gaya hidup tidak terlalu mewah-mewahan tidak menjerumuskan keadaan seseorang kedalam riya. Allah tidak menyukai hambanya hidup dalam kemewahan dan riya sehingga lupa kepada-Nya.

Sebagai seorang istri alangkah lebih baik menyiapkan makanan dirumah untuk dimakan suami dan juga anak-anak Anda. Bayangkan jika sepanjang hari Anda terus membeli makanan diluar. Meskipun demikian, keadaan ini ada pengecualian kalau Anda sedang tidak sempat memasak.

Sesibuk apapun Anda, sebagai istri harus menyiapkan bekal untuk suami saat berangkat kerja dan juga untuk anak-anak (jika sudah memiliki anak). Doakan suami Anda agar selamat dan pulang berkumpul bersama kembali.

Jangan pernah mengikuti atau terpengaruh oleh orang-orang yang hidup bermewah-mewahan. Kehatuilah, kehidupan ini hanya sementara. Hidup sederhana (tidak berlebihan) hanya sekedar cantik dihadapan suami, memakai perhiasan sewajarnya lebih baik daripada bermewahan yang menimbulkan riya.

Dengan memperhatikan ini, penghasilan dan pengeluaran menjadi seimbang. Anda berduan dengan suami selalu diliputi dengan rasa penuh bersyukur kepada Allah SWT.


4. Sempatkan Beribadah Bersama Suami
Banyak ibadah yang bisa Anda lakukan bersama suami. Seperi Shalat berjamaah, tidak selamanya seseorang sempat menjalankan perintah Allah (shalat) berjamah, namun tetap mendirikan shalat sendiri ataupun bersama istri. Dan Allah akan menghitungnya sebagai ibadah.

Selain itu, melaksanakan puasa senin-kamis, membaca Al Qur’an dan shalat malam sangat baik dilakukan berdua dengan suami. 

Insya Allah, Allah akan memberkahi keluarga Anda, memberikan rezeki berlipat karena termasuk kedalam golongan orang yang selalu bersyukur dan menjalankan kewajiban-Nya.


5. Sebisa Mungkin Menghindari Pertengkaran dengan Suami
Jangan sampai Anda memancing sebuah pertengkaran yang tidak perlu. Walaupun sebuah keluarga tidak terlepas dari permasalahan. Namun, pertengkaran bukanlah jalan keluar. Hanya berdoa kepada Allah saja tempat memohon segala sesuatu.

Jika sampai bertengkar, akan menghilangkan kasih sayang Allah dan keberkahan-Nya. Sebagai istri, jika suami Anda sedang dilanda pikiran stress karena permasalahan ditempat kerjanya. Sebisa mungkin Anda tetap tenang, dan memberikan semangat. Jangan lupa mendoakannya (suami), senantiasa Allah akan memberi jalan yang terbaik setiap permasalahan yang sedang Anda hadapi berdua.


Sahabat renungan islam dimanapun Anda berada. Sudah seharusnya kita mengaharapkan ridha Allah dengan menerapkan hal-hal baik dalam hidup ini seperti ulasan diatas. Mudah-mudahan Allah memberi rezekinya kepada keluarga kita semua. Amin ya rabbal ‘alamin.