10 Perbuatan Ini Melambangkan Kamu Bukan Istri Terbaik Bagi Suamimu - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

10 Perbuatan Ini Melambangkan Kamu Bukan Istri Terbaik Bagi Suamimu

Sebagai istri sudah kewajiban untuk melayani suami dengan sungguh-sungguh dengan mengharap ridha Allah SWT. Isteri harus menjaga sikapnya terhadap suami. Seorang istri yang salehah tahu bagaimana bersikap baik terhadap suami. Hati-hatilah, suami merupakan pintu Surga bagi seorang istri, suami juga bisa menjadi pintu neraka bagi istri. Ridha suami ialah ridha Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda bahwa Beliau melihat wanita adalah penghuni neraka terbanyak. Seorang wanita pun bertanya kepada Beliau mengapa demikian wahai Rasulullah? Rasulullah pun menjawab bahwa diantarantanya karena wanita banyak yang durhaka kepada suaminya. (HR Bukhari Muslim)

Rasulullah SAW bersabda, “Dan wanita adalah penanggungjawab di rumah suaminya, dan ia akan dimintai pertanggung jawaban.” (HR Bukhari Muslim)

Berikut 10 perbuatan yang melambangkan kamu bukan isteri terbaik bagi suami :


1. Ketika suami pulang ke rumah (baik pulang kerja, pulang dari suatu tempat, dan lain-lain). Kamu malah asik dengan kesibukan sendiri, tidak pernah menyambut suamimu. Setidaknya sebagai istri jika sibuk salamlah suamimu, berikan sebuah senyuman, tanyakan keadaanya, sediakan minuman untuk dirinya.


2. Suamimu terlalu sering makan makanan luar baik saat ia pergi dari rumah atau kembali pulang. Sebagai istri kamu terlalu sibuk hingga lupa menyiapkan makanan untuk suamimu dan ini berlarut-larut.

3. Ketika kamu bersalah dan suamimu menegur, bukan mendengarnya dan meminta maaf. Kamu malah meninggikan suara, meremehkannya bahkan sampai membentaknya.

4. Kamu tidak lagi memperhatikan penampilan di depan suamimu. Di depan suami, pakaianmu tidak bersih, penampilanmu kurang menarik dan bau badanmu yang menyengat. Berbeda jika dibelakang suami, kamu berpenampilan menarik di depan orang.

5. Apa yang terjadi di dalam keluargamu (rahasia rumah tangga) diceritakan kepada Ibu dan Ayahmu, saudaramu. Kamu tidak lagi memperdulikan suamimu sendiri, padahal ia tidak bersalah kepadamu.

6. Sebagai istri kamu tidak berkelakuan baik terhadap keluarga suami (Ibu dan Ayah mertua). Bahkan kamu menjadikan suamimu tidak memperhatikan lagi kedua orang tuanya, terlebih ibunya. Ketahuilah bakti suamimu di dunia hanya kepada Ibunya. Bakti kamu sebagai istri hanya kepada suamimu.

7. Saat suamimu sakit kamu tidak memperdulikannya, sampai-sampai suamimu makan dan minum dalam kondisi kepayahan karena sakitnya.


8. Kamu tidak pernah memperhatikan anak-anakmu, merupakan buah hati berdua dengan suami. Kamu terlalu sibuk mengejar dunia, padahal anak merupakan titipan Allah SWT kepada kedua orang tua.

9. Suamimu bukan manusia sempurna, mungkin ia kecapaian seharian bekerja. Sebagai istri kamu tidak membangunkan dirinya untuk segera melaksanakan Shalat. Malah kamu juga tidak shalat lagi.

10. Kamu tidak sayang dan cinta lagi kepada suamimu karena sekarang ia bukan seperti dulu lagi (apakah hartanya berkurang, ketampanannya luntur, dan lain-lain). Bukankah di hadapan Allah semua kedudukan sama.


Sahabat renungan Islam khususnya para isteri. Jangan sampai melakukan perbuatan seperti dijelaskan diatas. Perbuatan tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh seorang isteri terhadap suaminya. Jika pernah melakukan kesalahan segeralah minta maaf kepada suami dan mohonlah ampunan kepada Allah SWT. Semoga Allah memberikan rahmat-Nya untuk kita semua. Amiin.


Semoga bermanfaat, Jazakumullah.