3 Hal Ini yang Harus Diperhatikan Istri Ketika Suami Tidak Ada Dirumah - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

3 Hal Ini yang Harus Diperhatikan Istri Ketika Suami Tidak Ada Dirumah

Seindah-indahnya perhiasan di dunia ini adalah istri salehah. Dalam sebuah rumah tangga adalah sebuah kehormatan dan kemulian bagi suami dan istri. Sebagai istri, tentu harus mengetahui hal-hal apa saja untuk menjaga kemulian dan kehormatan rumah tangga ketika suami bepergian.

Setiap pasangan (suami istri) pasti mendambakan suasana yang harmonis dalam membina rumah tangga dan tercapainya keluarga sakinah mawaddah warrahmah. Oleh karena itu sebagai seorang istri 3 hal ini harus diperhatikan ketika suami tidak dirumah :

Maka, dikala suami sedang tidak ada dirumah, sebaiknya istri tidak melakukan hal-hal seperti berikut:



1.Menerima orang lain (tamu) masuk rumah.
Rasulullah Saw. bersabda, "Seorang istri dilarang mengizinkan orang lain masuk kedalam rumahnya kecuali ada izin dari suaminya." (HR. Muslim)

Seorang istri sangat dilarang menerima tamu terlebih tamu laki-laki tanpa seizin suami. Suami tidak pernah suka dengan hal ini. Untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, maka sebaiknya jauhi hal-hal yang suami tidak inginkan.

2.Menjaga diri (memelihara diri)

Seorang istri yang salehah harus menjaga diri selama dirumah dan ketika suami sedang tidak berada dirumah. Menjaga atau memelihara kehormatannya sebagai seorang perempuan yang sudah memiliki suami. Jangan pernah melakukan hal-hal yang tidak disenangi suami seperti poin pertama tidak menerima tamu (orang) lain tanpa seizin suami.


3.Pergi Keluar Rumah
Firman Allah SWT yang artinya, "Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu." (QS. Al-Ahzab : 33)

Yang ketiga ini sering menjadi polemik dalam berumah tangga. Karena sebentar-sebentar harus keluar dengan izin suami. Sebenarnya sebagai istri Salehah tetap harus meminta izin kepada suami jika ingin bepergian. Karena zaman sudah sangat modern, alangkah lebih baik menghubungi suami jika ingin keluar. Bagaimana kalau tidak bisa dihubungi, maka sebaiknya ia tetap dirumah sampai suami pulang, sekalipun orang tua dirinya (istri) meninggal dunia.

Sahabat, semoga dengan memperhatikan hal-hal kecil khususnya bagi seorang istri akan terciptanya ketentraman dan kenyamanan dalam berkeluarga. Semoga bermanfaat, jazakumullah.