7 Kalimat Ini Menghapus Dosa Sebanyak Buih Lautan. Amalkanlah Dalam Kehidupanmu - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

7 Kalimat Ini Menghapus Dosa Sebanyak Buih Lautan. Amalkanlah Dalam Kehidupanmu

Manusia pasti pernah melakukan hal-hal yang dihitung sebagai dosa. Hidup kita tidak pernah luput dari kesalahan. Karena sebesar dzarrah pun perbuatan terlarang kita lakukan akan dihitung dosa oleh Allah SWT. Sebagai muslim dan muslimah yang taat sudah kewajiban kita semua untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, perliharalah 7 kalimat ini yang menghapus dosa sebanyak buih lautan, apa saja 7 kalimat itu, berikut ini penjelasannya :



1. Bismillah
Selalu awali hidupmu dengan mengucapkan bismillah. Arti dari bismillah yaitu menyebutkan Asma Allah. Insya Allah kalau mengamalkan kalimat ini akan mudah memulai hidup ini dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.


2. Alhamdulillah

Sebagai rasa ungkapan syukur kepada Allah umat muslim mengucapkan Alhamdulillah yang berarti segala puji bagi Allah. Setiap selelai mengerjakan sesuatu hal baik ibadah ataupun lainnya ucapkan Alhamdulillah untuk menambah keberkahan dan mengingatkan diri bahwa hidup ini kepunyaan Allah dan kita selalu dalam keadaan bersyukur.


3. Astaghfirullah

Sebagai muslim yang taat mengucapkan Astaghfirullah sangat dianjurkan karena ini sebagai ungkapan memohon ampunan pada Allah. Astaghfirullah artinya aku memohon ampun kepada Allah. Alangkah baik setiap hari mengamalkan kalimat ini. Insya Allah dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah, amin.


4. InsyaAllah

Kita semua tidak dapat memastikan apa yang akan terjadi di depan. Semua yang terjadi dimasa depan merupakan kehendak Allah SWT, sebagai manusia kita hanya merencanakannya saja. Kalimat Insya Allah berarti jika Allah menghendaki. Nah, jika kita ingin melakukan sesuatu atau mendapat undangan dari seseorang untuk menghadiri ucapkanlah Insya Allah. Dengan begitu kita termasuk ke dalam hamba yang dekat kepada Allah karena semua yang akan kita lakukan atas kehendak Allah.


5. “Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim”
Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini kecuali Nabi dan Rasulullah SAW. Adakalanya kita menghadapi masalah ataupun perasaan sedang dalam keadaan emosional, ada kala kita mengucapkan kalimat tersebut yang berarti tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Kuasa. Yang penting kita mengamalkan kalimat “Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim” dengan keikhlasan dan khsuyu, Insya Allah kita akan mendapat pertolongan dari Allah SWT.


6. “Innaa lillaahi wa inna ilahi raaji’uun”
Pastinya kita semua pernah mengalami musibah, baik kehilangan benda, kehilangan seorang terdekat, musibah bencana alam, dan lainnya. Sebagai muslim yang taat kita semua dianjurkan untuk mengucapkan. “Innaa lillaahi wa inna ilahi raaji’uun” artinya sungguh kami adalah kepunyaan Allah dan kepada-Nya pula kami kembali. Jadilah seorang hamba yang senantiasa dalam keadaan bersabar ketika mengalami musibah. Dengan begitu kita termasuk ke dalam hamba yang senantiasa meningkatkan iman pada Allah SWT.


7. Dua kalimah thayyibah

Dua kalimah thayyibah yang dianjurkan untuk dibaca adalah “Laa ilaaha illallahu muhammadur rasuulullah” yang artinya tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah Rasul Allah. Kalimat ini jika selalu diamalkan dengan penuh keikhlasan dan berserah diri Insya Allah akan mengantarkan kita semua menuju Surga Allah SWT. Kalimat thayyibah ini merupakan pengakuan kita terhadap Allah SWT satu-satunya Tuhan dan juga Nabi Muhammad merupakan utusan Allah.



Sahabat renungan islam dimanapun keberadaan sahabat, semoga selalu mengamalkan kalimat-kalimat diatas yang dianjurkan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah dengan tidak melakukan lagi perbuatan yang dilarang oleh Allah, dapat menghapus dosa sebanyak buih lautan, Amin. Semoga bermanfaat.