70 Ribu Malaikat Berdoa dan Beristigfar Untuk Manusia yang Melakukan Amalan Sederhana Ini - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

70 Ribu Malaikat Berdoa dan Beristigfar Untuk Manusia yang Melakukan Amalan Sederhana Ini

Semua kaum muslim tentu ingin didoakan oleh muslim lainnya. Jika Malaikat yang mendoakan, sungguh kita memanjatkan syukur kepada Allah tiada henti. Allah SWT menciptakan Malaikat senantiasa beribadah kepada-Nya sepanjang masa sampai hari Akhir nanti. Malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya, dan Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang sangat suci dan tidak berdosa.

Tahukah Anda sahabat renungan Islam, ternyata Malaikat akan mendoakan dan beristigfar untuk manusia dengan kuasa Allah SWT. Tentunya, bukan sembarang manusia yang didoakan Malaikat. Hanya manusia-manusia beriman dan berbuat kebaikan yang akan didoakan.

Amalan ini sangat sederhana, bahkan sangat ringan. Keutamaanya melebihi doa dan istigfar yang dilakukan kaum muslim selama ini. Malaikatpun akan mendoakan dan beristigfar untuk orang berbuat amalan itu, bukan satu malaikat namun sebanyak 70 ribu Malaikat.


Apakah amalan tersebut ?

Amalan ini ialah menjenguk (berkunjung) orang yang sedang sakit. Perbuatan ini sangat sederhana kelihatannya. Namun, pada prakteknya sangat sedikit kaum muslimin yang mau menghabiskan waktu untuk mengunjungi orang sakit. Mereka tidak mengetahui perbuatan tersebut dihitung sebagai salah satu amalan besar dan 70 ribu Malaikat mendoakan dan beristigfar serta meminta ampunan kepada Allah SWT untuk manusia tersebut.

Secara logika dan ilmu sosial. Mengunjungi saudara yang sakit bentuk kasih sayang kita sesama manusia ciptaan Allah. Dengan mengunjungi orang sakit, akan berdampak sangat baik bagi yang sakit dan menambah semangatnya untuk segera sembuh. Orang yang sakit sangat bersyukur kepada Allah karena kedatangan saudaranya, tentu ia mendoakan agar kebaikan saudaranya dibalas oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga pagi, dan baginya satu kebun di surga.” (HR. Al-Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi).

Sungguh nikmat yang luar biasa yang akan kita peroleh jika menjenguk saudara kita yang sakit. Menjenguk pada pagi hari akan didoakan para Malaikat hingga sore hari, begitu juga sebaliknya. Perbuatan menjenguk saudara sakit sebagai rasa kasih sayang kita, dan Allah SWT membalas dengan rahmat dan kasih sayang-Nya juga. Sungguh Allah Maha Besar dengan segala apa yang di langit dan di bumi.

Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: Rasulullah bersabda : “Siapa yang mejenguk orang sakit, ia terus dalam naungan rahmat sehingga duduk. Maka apabila ia duduk, ia tenggelam ke dalamnya.” (HR. Ahmad. Dishahihkan Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah, no. 2504)

Dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW bersabda : “Orang-orang yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh ar-Rahman (Allah). Maka sayangilah penduduk bumi niscaya penghuni langit pun akan menyayangi kalian.” (HR. Ahmad)

Sebagai manusia tidak lupa kita selalu memanjatkan rasa syukur dan selalu memuji Allah SWT. Kita di doakan oleh para Malaikat-Nya dari tempat yang tidak bisa terlihat dan tidak diketahui oleh manusia. Insya Allah, doa Malaikat untuk manusia dikabulkan oleh Allah SWT.

Sahabat renungan Islam. Sekarang realita yang ada, sesama manusia jarang mendoakan untuk saudara muslimnya. Bukankah berdoa tidak memerlukan tenaga yang ekstra. Berdoalah untuk diri sendiri, kedua orang tua, istri dan anak, saudara kandung dan kaum muslimin dengan memohon ampunan, rahmat serta kasih sayang Allah SWT. Jangan pernah sama sekali mendoakan kebalikannya (keburukan) untuk orang lain. Semoga bermanfaat, jazakumullah.