Azab Bagi Seorang Ibu yang Tidak Menyusui Anaknya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Azab Bagi Seorang Ibu yang Tidak Menyusui Anaknya

Trend sekarang tidak sedikit kita jumpai para Ibu-Ibu yang terlalu sibuk mengejar karir dunianya sendiri, istilah keren wanita karir. Wanita karir ini kebanyakan suaminya juga merupakan seorang pekerja. AKibat terlalu sibuk dengan dunia, tidak sedikit para Ibu-Ibu tidak menyusui buah hatinya (anaknya). Berbagai alasan terlontar seperti tidak lagi berpenampilan menarik dan lain-lain. Malah sekarang terlalu banyak para Ibu memberikan produk susu yang belum tentu baik terhadap anaknya. Padahal seorang perempuan begitu mulia di sisi Allah, karena bisa melahirkan dan juga menyusui buah hatinya.

Jika dilihat secara ilmiah, seseorang anak yang mendapat ASI eksklusif Insya Allah kecerdasannya berbeda jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menyusui. Selain itu, ASI sangat penting sebagai penambah daya imunitas anak secara alami. Begitulah pentingnya untuk memberikan ASI pada anak.

Ilustrasi Menyusui
Selain pentingnya ASI bagi anak, dengan menyusui secara efektif meningkatkan kesehatan Ibu itu sendiri. Bukah memburuk seperti apa yang dipikirkan sebagian orang. Sayangnya bagi mereka yang tidak mau menyusui selain tidak mendapat sisi baiknya, akan mendapat azab dari Allah SWT. Seperti apa azabnya ?

Dari Abu Ummah ra, Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba aku melihat beberapa wanita yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas. Aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat itu menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.”(HR. Ibnu Hibban dalam shahihnya 7491, Ibnu Khuzaimah 1986, dan Syaikh Muqbil rahimahullah dalam Al-Jami’ush Shahih menyatakan: “Ini hadits shahih dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu.” Hadis ini juga dinilai shahih oleh Imam Al-Albani).

Dalam hadits lainnya Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Jika ular di neraka menyengat satu gigitan, akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim. Demikian juga kalajengking di neraka, ketika menggigit satu gigitan akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim,” (HR. Al-Baihaqi).


Nah, bagaimana jika para Ibu-Ibu yang kesulitan ASInya. Jika Ibu tidak memungkinkan memberi ASI seperti sakit, ASI tidak keluar ataupun kondisi anak tidak memungkinkan, Insya Allah tidak dalam ancaman kedua hadits tersebut diatas. Boleh memberikan susu lain selain ASI Ibunya. Namun, jika hanya bermasalah pengeluaran ASInya susah, Ibu harus berusaha dengan bantuan medis juga tentunya berdoa kepada Allah supaya dilancarkan ASInya. Semoga bermanfaat, jazakumullah.