Bersahabatlah Dengan Seseorang yang Benar-Benar Menganggapmu Sahabat - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Bersahabatlah Dengan Seseorang yang Benar-Benar Menganggapmu Sahabat

Anda tidak bisa hidup sendiri di dunia ini, Anda pasti membutuhkan seseorang untuk berbagi berbagai macam kisah yang telah  lalui selama ini. Siapakah orang itu ? orang itu bernama SAHABAT. Namun, sahabat merupakan sosok yang tidak mudah kita dapatkan, seorang sahabat sangat berbeda dengan seorang kawan biasa. Pernahkah anda mendengar quote sederhana ini “seorang sahabat adalah mereka yang menangis bersamamu disaat yang lain menertawakan kesedihan yang kamu alami”.

Sebagaimana prinsip timbal balik di segi kehidupan, ada kalanya saat bahagia dan ada kalanya juga bersedih. Maka dari itu kita sangat membutuhkan mereka yang bertitle sebagai seorang sahabat untuk berada di sisi kita dalam kondisi dan situasi  apa pun. Lalu, bagaimana merasakan kenyamananan dengan seseorang yang dekat dengan kita namun bukan dalam ikatan saudara kandung. Saya akan mencoba menulis beberapa ulasan mengenai hal tersebut. Berikut ini hal-hal yang perlu di perhatikan agar hubungan persahabatan semakin erat :


#1 – Lihatlah sisi positif dalam dirinya
Lumrahnya sebagai seorang manusia memiliki tingkat kekurangan dan kesempurnaan yang berbeda-beda, ada sisi positifnya dan juga sisi negatifnya. Lalu  bagaimana Anda bisa berhubungan dengan mereka yang memiliki sifat beda dengan pribadi Anda sendiri, jawabannya adalah hapus pikiran buruk ketika melihat seseorang dari sisi negatifnya. Hal yang lazim dilakukan manusia saat ini adalah lebih mudah menyerap buruknya terlebih dahulu tanpa melihat sisi positif yang tak pernah di duga ada di dalam diri sahabatnya tersebut. Makanya, jangan menjudge seseorang terlalu cepat sebelum mengenalnya.

#2 – Anggaplah Sahabat Seperti Saudara Sendiri
Ini adalah hal yang tidak mudah bukan ? Bagaimana bisa menggangap orang yang baru di kenal seperti saudara sendiri. Bukankah  lebih nyaman menganggap seorang sahabat sebagai saudara? Tetaplah lakukan hal yang baik yang membuatmu nyaman untuk berada bersama sahabat.

#3 – Saling Menghargai
Yang ada di dalam pikiran anda selalu ingin dihargai bukan ! Nah, untuk mendapatkan hal tersebut Anda harus memulainya dari dalam diri terlebih dahulu. Seperti quote ini “hargailah orang lain jika ingin di hargai”. Dalam kehidupan ini, tidak pernah semuanya harus sama, kadang perbedaan muncul dari sisi yang berbeda. Hal tersebut di karenakan tolak ukur dan pikiran yang berbeda setiap masing-masing individu. Pada intinya yang di butuhkan hanya saling menghargai saja.

#4 – Bangun Chemistry yang Baik
Apa yang ada di dalam pikiran Anda jika saya menyebutkan kata chemistry ? Kata singkat dan tepat yang mengambarkan chemistry mudah untuk ingat adalah satu. Maksud kata satu yaitu seiring atau seirama menjalani pahit manis nya hidup yang tergambarkan seperti nano-nano, manis asem asin rame rasanya. Quote terbaik menurut saya tentang persahabatan adalah “kau adalah aku dan aku adalah kau”. Anda bisa mendefinisikan quote tersebut dengan persepsi masing masing. Biasanya kalau chemistry sudah ada, rasa nyaman itu akan timbul dengan sendirinya.

#5 – Terima Sahabat Apa Adanya
Nah, ini adalah poin terpenting dalam menjalani persahabatan. Menerima dia apa adanya bukan dengan ada apanya. Mungkin makna lain dari menerima apa ada nya adalah tulus dan ikhlas menerima kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri sahabat kita.

Jika sudah melakukan beberapa hal seperti di atas maka Anda akan nyaman berada dengan orang yang Anda anggap sebagai sahabat. Semoga bermanfaat.