Buat Kamu yang Sedang Berjuang. Sukses Itu Telat dan Tidak Datang Dalam Semalam - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Buat Kamu yang Sedang Berjuang. Sukses Itu Telat dan Tidak Datang Dalam Semalam

Banyak orang berharap sukses itu datangnya cepat, kenyataannya terbalik, sukses itu telat. Ada juga yang berharap dengan banyak berdoa tanpa harus banyak bekerja, kenyataannya sukses itu merupakan perpaduan antara doa dan kerja keras. Tips menjadi orang sukses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Jangan pernah menyerah jika belum sukses, kalau menyerah selesailah sudah.
Kalimat diatas cukup mewakili ketika kita berada pada titik kejenuhan, keputusasaan dan hampir menyerah untuk meraih kesuksesan. Padahal kita belum mengetahui apa yang akan terjadi esok hari. Seseorang tidak pernah mengetahui kapan tiba waktunya sukses itu datang, yang pasti sukses tidak datang dalam semalam.

Apakah Anda akan berusaha lebih keras lagi agar menjadi seorang yang sukses?
Pertanyaan diatas seperti sebuah tantangan yang harus mendapat jawaban. Kerja, kerja  dan kerja, inilah yang harus dipertahankan. Stop bermalas-malasan, maksimalkan semua potensi diri, gunakan kedua otak untuk berpikir, sukses tidak datang kepada orang yang suka bermalasan. Wake up, jangan terus bermimpi di tempat tidur, kerjakan beberapa hal penting supaya menjadi orang sukses. 


Kebanyakan orang pada umumya terlalu cepat puas diri. Jika sudah mempunyai pekerjaan yang tetap seperti karyawan, PNS, swasta dan lain-lain, pasti sudah merasa cukup dengan  apa yang sudah ada selama ini. Jangan terlalu merasa puas jika ingin benar-benar menjadi orang yang sukses. Jangan berpikir enakan jadi bawahan, sesekali berpikir menjadi seorang bos yang mempunyai karyawan. Coba mencari tahu tentang tips menjadi orang sukses. Banyak orang sukses yang mau berbagi tips-tips dan rahasianya.

Sukses itu telat, bahkan sangat telat, lihatlah tokoh-tokoh yang sukses di Indonesia seperti Chairul Tanjung termasuk jajaran orang terkaya di Indonesia. CT begitu sapaan akrabnya sudah menerapkan ilmu bisnis mulai sejak bangku sekolah dan kini mengantarkan dia menjadi orang sukses. Begitu juga dengan miliarder muda asal Thailand Top Ittipat, butuh perjuangan ekstra yang keras agar benar-benar menjadi orang yang sukses dari berjualan kerupuk. Yang pasti kedua tokoh tersebut tidak pelit berbagi tips menjadi orang sukses.

Jika Anda ingin hidup biasa saja, ingin hidup seperti kebanyakan orang. Maka jangan berpikiran ingin menjadi orang yang sukses.

Apakah Anda mengalami hal-hal seperti berikut ini?
1. Cukup puas dengan pendapatan yang sedikit.
2. Senang dengan urusan pinjam meminjam atau kredit.
3. Tidak terlalu pusing jika di marahi atasan
4. Selesai kuliah, masih pengangguran sampai sekarang
5. Memiliki impian besar, namun sulit mewujudkan

Hal-hal seperti diatas sangat sering dialami kebanyakan orang, bahkan sebagian dari mereka tidak memperdulikannya sekalipun dengan alasan sudah takdirnya seperti itu. Jangan mengatakan takdir, didalam kitab suci Al Qur’an sudah dielaskan, Allah SWT akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut mau berubah. Makanya, jangan jadikan takdir sebagai alasan, perubahan menjadikan kita sebagai seseorang yang berbeda hari esok.

Sebelum lanjut berbicara tentang kesuksesan, masih banyak timbul pertanyaan salah satunya seperti, apakah ada yang gagal ?

Banyak, kegagalan sebelum sukses sangat banyak. Bahkan tidak sanggup kita menghitung berapa kali kegagalan seseorang sebelum menuai kesuksesan.

Perhatikan dua kisah di bawah ini !

Top Ittipat – Milyarder muda asal Thailand
#Maniak game sejak bangku SMA
#Meninggalkan bangku kuliah demi mempelajari bisnis.
#Gagal berbisnis DVD Player
#Gagal lagi berbisnis – kacang goreng.
#Diputusin sama pacar karena Top Ittipat tidak mau menyelesaikan kuliah
#Berjuang mempelajari seluk beluk kerupuk rumpu laut hingga pamannya masuk rumah sakit karena banyak menghabiskan waktu sia-sia mempelajari kerupuk tersebut, akibatnya dia kolaps dan terjatuh di kamar mandi.
#Dipaksa orang tua ikut pindah ke China untuk kehidupan lebih baik

Apa yang terjadi dengan Top Ittipat?
Top memilih untuk bertahan dan berjuang supaya kerupuk rumput lautnya bisa terkenal hingga produk kerupuknya di kenal dengan ‘tao ke nao’ di terima oleh salah satu perusahaan super market terbesar Thailand yaitu 7eleven dengan pemasaran  lebih 70 Negara di Dunia. Pada tahun pertama kerja samanya, Top berhasil melunasi utang orang tuanya sebesar 12 Milyar Rupiah. Tahun  kedua, Top mengajukan pinjaman Bank sebesar 40 Milyar Rupiah untuk ekspansi bisnisnya. Sekarang, Top berusia 28 tahun menjadi Milyarder muda dengan total kekayaan 700 Milyar Rupiah dan memiliki 2.500 karyawan.

Apa yang Anda perhatikan ?
Stop memperhatikan kata “Milyar Rupiah”,coba baca dan pikirkan bagaimana caranya Top Ittipat bertahan begitu waktu lamanya hanya demi kegagalan yang selalu datang menghampirinya sebelum sukses.

Mau cerita lebih ekstrem lagi !

Abraham Lincoln – Presiden Amerika Serikat ke-16
#Umur 21 tahun gagal menjalani bisnis.
#Umur 22 tahun, umur yang sangat muda dan gagal menjadi anggota dewan legislatif (DPR)
#Umur 23 tahun, mencoba berbisnis kedua kalinya namun apa daya bisnisnya apes.
#Umur 25 tahun, pacar yang setia pergi selamanya (meninggal)
#Umur 26 tahun, bertahun-tahun penuh kesialan akhirnya depresi berat
#Umur 28, merasa sudah matang dan maju pemilihan kongres, namun nasib berkata lain kembali gagal.
#Umur  30 tahun, mengikuti pemilihan lagi, dan gagal lagi.
#Umur 33 tahun, sudah semakin dewasa, mencoba ikut pemilihan, gagal lagi.
#Umur 38 tahun, umur sudah matang dan mencalonkan diri pemilihan kongres. Gagal, gagal dan gagal lagi.
#Umur 45 tahun, malas ikut kongres. Ikut pemilihan senat, masih aja gagal.
#Umur 46 tahun, gagal ikut kongres, mencoba jadi wakil presiden. Dan tidak terpilih.
#Umur 49 tahun, ikut calon anggota senat namun kalah lagi.

Dan pada akhirnya, dari kesekian kali mengalami kegagalan.
Pada umur 50 tahun Abraham Lincoln sukses menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke 16 dan sukses mereda perang saudara Amerika, memimpin persatuan Negara serta mengeluarka dekrit untuk menghapus perbudakan.

Apa yang Anda perhatikan !
Hitung berapa lama kegagalan menghampiri Abraham Lincoln, kurang lebih 30 tahun lamanya Abraham Lincon selalu di timpa kesialan. Apakah dia gagal? Iya, kegagalan mengantarkannya menjadi orang penting.

Apakah yang menginspirasi dari Top Ittipat dan Abraham Lincoln?
Kegagalan menjadi semangat juang tinggi untuk menuju kesuksesan. Bahkan mereka menjadikan kegagalan sebagai inspirasi di masa yang akan datang dan di kenang oleh banyak orang.

Pepatah memang benar “kegagalan adalah sukses yang tertunda
Dari kisah tersebut, sekarang kita dapat memahami bahwa sukses itu telat, bahkan sangat telat untuk seorang Abraham Lincoln. Sukses itu tidak datang dalam semalam, Top Ittipat menghabiskan banyak waktu siang dan malam melakukan uci coba kerupuk rumput lautnya.

Jika Anda sedang berada dalam fase kegagalan, berikut ini kutipan motivasi renyahdari beberapa tokoh Dunia:

#1 – Henry Ford (Pendiri Ford Motor) – Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai dan pada kali ini harus lebih cerdas.

#2 – Theode Rosevelt (Presiden Amerika Serikat ke 6) – Bahan yang paling penting dalam formula sukses adalah mengetahui bagaimana cara bergaul dengan banyak orang.

#3 – Walter Disney (Pendiri Walt Disney) – Jika Anda dapat memimpikannya, maka Anda dapat melakukannya.

#4 – Thomas Jefferson (Presiden Amerika Serikat ke 3) – Tidak ada orang yang mampu menghentikan orang dengan sikap atau mental yang benar untuk mencapai tujuannya, dan tidak ada di bumi yang dapat membantu seseorang dengan sikap atau mental yang salah.

#5 – Abraham Lincoln (Presiden Amerika Serikat ke 16) – Jangan ada perasaan putus asa yang mencengkram Anda dan pada akhirnya Anda yakin untuk berhasil.

#6 – Steve Jobs (Pendiri Perusahaan Apple) – Harus berani mengikuti kata – kata hati. Bagaimana mereka mengetahui apa yang benar-benar terjadi esok hari. Segala sesuatu yang lain adalah  yang kedua.

Apa yang Anda sadari dari kata-kata motivasi di atas?
Ini tidak ada hubungannya dengan sukses ataupun kegagalan. Iya benar, tokoh-tokoh di atas sudah almarhum semuanya dan meninggalkan cita-cita yang akan dilanjutkan oleh penerusnya. Mereka semua menjadi inspirasi semua orang. Mereka juga berbagi tips menjadi orang sukses.

Adakah rahasia-rahasia dan tips menjadi orang sukses?
Banyak rahasianya jika Anda ingin menjadi seseorang yang sukses. Tokoh-tokoh yang sudah suksespun mau berbagi. Berikut tips dan rahasia sukses ala tokoh-tokoh dari Indonesia:
#1 – Rahasia dan tips sukses ala Chairul Tanjung
·         Sukses itu adalah hak setiap orang. Jadi, Anda berhak mengejar kesuksesan dan impian Anda.
·         Sesuatu yang terjadi dalam kehidupan saat ini merupakan citra dari masa lalu
·         Jadilah seorang pekerja keras dan pekerja cerdas.
·         Sukses itu perlu jaringan (networking) yang kuat dan sebuah kepercayaan
·          
#2 – Rahasia dan tips sukses ala Bob Sadino
·         Harus berani memulai.
·         Jika ingin menjadi orang sukses jangan terlalu banyak berpikir, segera lakukan.
·         Segera realisasikan
·         Jangan menjadi seorang yang terlalu banyak perhitungan
·         Jangan terlalu terpaku pada pendidikan. Jadikan pendidikan tempat untuk belajar.
·         Jangan berharap yang serba instan.

#3 – Rahasia dan tips sukses ala Aburizal Bakrie
·         Langkah pertama jika ingin menjadi orang sukses adalah mempunyai impian besar.
·         Membuat perencanaan yang matang, tulis semua rincian  dan susun dalam sebuah tableplanning
·         Stop berpikir Anda tidak mempunyai uang, hampir semua memulainya tanpa modal besar. Kembangkan ide-ide brilian Anda.
·         Jangan  memperlihatkan jika Anda sedang dalam posisi keadaan dalam keterperukan.

Cukup tiga tokoh terkenal di atas mewakili dan membagi tips-tips dan rahasia sukses.
Ingin mengetahui tips sukses lebih banyak !
Oke, berikut ini 100 tips menjadi orang sukses:
1.    Fokus pada sesuatu yang Anda sukai.
2.    Memiliki gairah mengejar  kesuksesan. Jika Anda seperti itu maka Anda akan mendapatkan rasa kesenangan.
3.    Yakin pada diri sendiri dan yakin Anda bisa meraih impian anda
4.    Jangan menyerah. Hapus kata-kata menyerah
5.    Jika Anda tidak melakukan perubahan, Anda memiliki masalah
6.    Mulai dari sesuatu yang kecil dan kembangkan
7.    Susun perencanaan yang baik
8.    Lebih berani untuk menuju kesuksesan
9.    Menerima respon dan feedback
10. Sadari dan Kembangkan Potensi Anda
11. Jangan Melihat Masa Lalu, Tatap Masa Depan Yang Cerah.
12. Berani Untuk Bermimpi
13. Belajar Dari Kesalahan, Berusaha Bangkit Untuk Menang
14. Jadilah Seseorang Yang Unstopable
15. Bersemangat Untuk Selalu Belajar
16. Ceritakan Kesuksesan Anda
17. Jadi pendengar yang baik.
18. Tetap Dalam Kondisi Termotivasi
19. Lebih Rajin Membaca dan Mencari Informasi Terbaru
20. Catat Tahap Perkembangan Anda
21. Jangan Pernah membuat alasan untuk diri sendiri
22. Bangun Relasi yang Baik dengan semua orang dan Jalin Komunikasi.
23. Jangan Takut Berkolaborasi Dengan Orang Lain untuk Meraih Kesuksesan.
24. Jangan Mengabaikan Sesuatu Hal Yang Penting.
25. Jadikan Proses Menuju Kesuksesan Seperti Petualangan.
26. Menjadikan Hari demi Hari Menjadi Lebih Baik
27. Manfaatkan Kesempatan Yang Ada.
28. Lebih Sabar dan Anda Mempelajari Banyak Hal.
29. Tetap Fokus Sambil Memperhatikan
30. Perhatikan dan Belajar Dari Orang Yang Sudah Sukses Sebelumnya.
31. Mencoba lebih berani mengubah keadaan Anda
32. Selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa.
33. Jangan takut untuk mengambil suatu keputusan.
34. Pelajari cara menghilangkan stress dan kecemasan dalam hidup Anda
35. Mengidentifikasi tugas-tugas penting sebelum memulainya
36. Selalu dalam keadaan rendah hati
37. Jadilah orang yang peduli dengan sesama.
38. Jangan memikirkan hal-hal yang negative
39. Identifikasi kelemahan Anda
40. Posisikan diri Anda lebih nyaman
41. Gunakan sumber daya Anda dengan bijaksana
42. Belajar untuk selalu mengontrol emosi
43. Jadilah lebih tekun dari sebelumnya
44. Mengelola waktu Anda
45. Lebih prespektif dan terbuka
46. Jangan pernah berhenti dan jangan pernah menyerah
47. Jangan kebanyakan tidur (istirahat) dan juga jangan sampai kurang istirahat.
48. Rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh
49. Jangan kecanduan dari apa saja, jangan sampai hal itu mengambil kendali hidup Anda
50. Bekerja lebih keras dari pada yang lain
51. Bertanggung jawab atas tindakan dan ide-ide Anda
52. Berkomitmen atas apa yang sedang Anda jalani
53. Prioritaskan waktu bekerja Anda
54. Menerima kegagalan dan terus berusaha
55. Memberi dengan murah hati dan berbagi apa yang Anda miliki
56. Cari orang yang dapat Anda percaya dan mengandalkannya
57. Menjadikan diri sendiri bermental baja dan kuat menghadapi tantangan
58. Buat pola pikir Anda menjadi seorang yang sukses
59. Memvisualisasikan proses serta tujuan akhir
60. Jangan terlalu focus pada suatu hambatan.
61. Fokus pada peluang dan berusaha tidak gagal
62. Selalu berkomitmen pada impian Anda
63. Memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai keberhasilan
64. Mengembangkan rutinitas dan mengikutinya
65. Berani mengambil risiko
66. Singkirkan keyakinan dan ideologi palsu
67. Coba menghilangkan kebiasaan buruk (sering nonton, mania game, mania gadget)
68. Anda tahu bahwa kesuksesan semakin dekat karena Anda terus berada selangkah di depan
69. Selalu senyum di saat banyak yang meremehkan
70. Yakin Anda akan menuju garis finish karena Anda sudah melakukan start
71. Jika tidak ada yang baik untuk  di katakan, lebih baik untuk tidak berbicara
72. Selalu mencatat hal-hal penting. Siapkan notes dan ballpoint
73. Mencari solusi bukan mencari masalah
74. Sisihkan 20  persen untuk menabung dan untuk masa depan
75. Belajar jadi pendengar yang baik
76. Memberi penghargaan untuk diri sendiri, bahkan dari prestasi yang kecil
77. Jadilah seseorang seperti melihat pelangi untuk setiap badai
78. Jangan berharap dan mencari standing  applause dari orang lain
79. Jadi seseorang yang lebih berinisiatif
80. Senang jika selalu ada yang datang untuk membantu
81. Jangan sering gonta-ganti nomor kontak pribadi Anda (No. HP, Email)
82. Selalu mengucapkan kata-kata “terima kasih dan tolong” secara konsisten
83. Selalu menggunakan kata-kata “Saya dan Anda” setiap berbicara
84. Mempunyai misi menjadikan hidup esok lebih baik dari hari ini dan hari yang lalu.
85. Menjadikan pengalaman guru terbesar dalam hidup Anda
86. Jangan takut untuk bereksperimen
87. Selalu mencari jalan keluar dari setiap hambatan yang ada
88. Sedikit meluangkan waktu untuk berbicara dengan yang lebih muda
89. Utamakan keluarga dari semua kepentingan
90. Menjawab panggilan telepon secara professional walaupun identitasnya tidak ada
91. Lebih mementingkan kepentingan orang banyak dari pada kepentingan pribadi
92. Jangan menjadi beban bagi orang lain
93. Selalu berusaha menjadi orang yang sopan pada setiap kesempatan
94. Berbicara tentang sesuatu harus mengedepankan kejujuran dan kebenaran
95. Jangan banyak beradu argument (pendapat)
96. Maksimalkan waktu istirahat Anda
97. Memposisikan diri dalam keadaan sedang belajar
98. Jadi seseorang yang lebih terbuka dan flexible
99. Luangkan waktu untuk berkumpul bersama-sama sahabat Anda
100.  Ya, Anda pasti bisa, segera lakukan. (sumber artikel dari tulisan penulis di blog lainnya)