Hak Istri Untuk Disayang, Dinasehati dan Dibimbing oleh Suami - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Hak Istri Untuk Disayang, Dinasehati dan Dibimbing oleh Suami

Semua orang mengetahui bahwa bakti seorang suami terbesarnya hanya pada Ibundanya semata di dunia, baru kemudian Ayahandanya. Bagaimana terhadap istrinya, apakah tidak mendapat apa-apa di dunia. Untuk istri seorang suami juga harus memberikan kasih sayangnya, menasehatinya dan membimbingnya. Karena kelak sang suami akan diminta pertanggung jawaban Allah pada hari akhirat nanti.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka berkatalah dengan baik atau diam. Berikanlah wasiat kebaikan kepada perempuan, karena perempuan itu, diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika kamu berusaha meluruskannya maka tulang rusuk tersebut akan patah, tetapi jika kamu membiarkannya maka ia akan tetap bengkok. Oleh karena itu, sikaplah (bimbinglah) para perempuan dnegan kebaikan.” (HR. Muslim).

Setelah Anda membaca hadits tersebut khususnya para suami tentu mengetahui bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk kaum laki-laki. Jelaslah dari hadits Rasulullah SAW bahwa suami harus menyayangi istrinya.


Jika Anda bertanya, kenapa harus dari tulang rusuk perempuan diciptakan, bukan dari tulang lainnya ?

Tulang rusuk yang dimaksud adalah tulang rusuk yang bengkok, tulang ini letaknya sangat dekat dengan hati laki-laki, terletak didada dan tulang ini sangat lemah. Maka kaum laki-laki harus memberikan perhatian kepada istrinya dan tidak boleh berlaku kasar terhadap perempuan.

Kepada laki-laki pada umumnya yang belum menikah janganlah pernah memperlakukan perempuan dengan kasar, meskipun dirimu memiliki segala hal di duniawi seperti menjadi seorang bos, dirumahmu ada pembantu perempuan, atau lainnya, tetap perlakukan mereka para perempuan sebaik-baiknya. Jangan pernah menyakiti hatinya apalagi sampai membuat dirinya menangis. Ketahuilah untuk suami jika sampai membuat air mata istri jatuh karenamu, maka Malaikat akan melaknatmu wahai para suami.

Pada semua perempuan selalu menjaga kehormatan diri. Ingatlah perjuangan Rasulullah SAW yang mengangkat derajat perempuan sampai seperti ini. Melalui perjuangan Rasul, Allah SWT menunjukkan betapa mulianya perempuan di sisi Allah. Semoga bermanfaat sahabat semua.