Kacau, Ibu Ini Mengatakan Sanggul Lebih Syar’i Dibandingkan Memakai Hijab - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Kacau, Ibu Ini Mengatakan Sanggul Lebih Syar’i Dibandingkan Memakai Hijab

Netizen Indonesia kembali dihebohkan oleh seseorang perempuan yang sudah berumur, dimana perempuan tersebut memposting status yang kurang menghargai kaum muslimah.

Pada postingannya ia menyebutkan, “Aku bersanggul kalau ada upacara adat saja, tapi kalau ada yang mengatakan bersanggul tidak sesuai dengan syariah, saya akan berjihad mempertahankan sanggul, seperti saya berjihad mempertahankan kebaya sebagai busana muslimah Indonesia,” katanya, Selasa (23/2).


Selain itu ia juga mengatakan, “Saya tidak mau nenek saya dan ibu saya yg bersanggul dan berkebaya dan merupakan muslimah yang taat dikatakan tidak syariah. Saya berjihad melawan Arabisasi.”



Tentunya pendapat Ibu tersebut mengenai hijab dibantah oleh beberapa netizen. “Maaf mba Emmy Hafild, saya kira tidak ada yang namanya Arabisasi, karena perintah hijab (menutup aurat) sudah tertulis di kitab suci Al-Quran dan jelas ditulis batasannya seperti apa, jadi bukan budaya arab yg kita tiru ato kita bawa2 ke Indonesia, itu langsung perintah Allah sama seperti perintah sholat dll… tapi semua kembali lagi kepada masing-masing individu untuk melaksanakan perintah Tuhan atau tidak,” tulis Syifa Ahmad Ari dalam komentar status dan komentar ini sudah dibagi oleh 805 orang.

Allah telah memerintahkan muslimah untuk menutupi auratnya dengan jilbab jelas memiliki tujuan tertentu. Dia memberikan petunjuk kepada manusia bahwa akan ada suatu golongan dari kaum perempuan yang berpakaian–tetapi telanjang.
Dia menurunkan ayat yang berisi perintah wajib kepada muslimah untuk berjilbab.


Allah SWT berfirman yang artinya“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang beriman, “hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu.” (Al-Ahzab ayat 59)

Dalam surat An Nuur ayat 31 Allah SWT berfirman yang artinya, “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka selain yang biasa tampak…”

Kedua ayat tersebut adalah dalil yang dijadikan landasan dalam Islam untuk menyeru kepada para muslimah agar segera menutup auratnya secara totalitas dan tidak menampakkannya kecuali yang biasa terlihat dan kecuali kepada yang berhak untuk melihatnya. (sumber bersamadakwah.com).


Sahabat renungan Islam, berhijab merupakan kewajiban bagi seorang muslimah untuk menjalankan perintah dari Allah SWT. Dengan berhijab Insya Allah seorang muslimah akan lebih dekat kepada Allah. Selain mendapat pahala yang berlipat, berhijab juga melindungi seorang perempuan dari berbagai macam hal. Sudah seharusnya mulai sekarang para perempuan islam (muslimah untuk selalu menggunakan hijab).

Mungkin ada beberapa sahabat yang perempuan masih mencari jati diri dalam proses untuk memutuskan berhijab. Namun yang pastinya jangan sampai menunggu atau mengulur-ngulur wakti terlalu lama untuk memutuskan berhijab. Ingatlah sahabat, azab Allah akan menghampiri bagi yang tidak berhijab atau tidak menutup aurat.

Pesan penulis untuk Ibu yang mengatakan sanggul lebih syar’i dari pada hijab. Ibu, belajarlah ilmu agama pada yang mengerti agama, belajarlah Islam lebih mendalam, jangan mengatakan sesuatu yang bukan pada tempatnya. Minta maaflah karena telah melakukan kesalahan, mohon ampunlah kepada Allah SWT, hanya kepada Allah tempat kita memohon ampunan. Semoga Ibu mendapat hidayah dari Allah untuk menjadi muslimah yang lebih baik lagi.

Semoga bisa menjadi renungan bagi kita semua.