Ini Alasannya Cukup Memiliki Satu Istri Saja - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ini Alasannya Cukup Memiliki Satu Istri Saja

Didalam Islam tidak ada larangan memperistri lebih dari satu bagi seorang suami. Sebaliknya Islam tidak menganjurkan pula mempunyai istri lebih dari satu jika tidak memenuhi syarat yang sesuai syariat Islam.

Dalam Al Qur’an, Allah SWT menegaskan jika bagi suami yang hendak mempunyai istri lebih dari satu maka ia harus bersikap ‘Adil’. Ini syarat utamanya, makna kata-kata adil bukan hanya sekedar dibatas adil saja. Adil harus dalam semua hal yang menyangkut kepentingan antara suami istri.


Adil…
Adil memberi nafkah lahir dan batin.
Adil membagi waktu untuk istri-istri.
Berlaku adil terhadap semua istri.
Adil dalam hal segalanya (urusan suami istri).

Pertanyaannya... Mampukah seorang suami berlaku demikian.

Firman Allah SWT : ''Jika kamu tidak bisa berlaku adil (diantara Istri-istri kamu) maka kahwinlah seorang saja”. (Q.S An-Nisa : 3).

Sabda Rasulullah SAW : ''Barang siapa mempunyai Istri dua, tetapi lebih cenderung (pilih kasih) kepada yang satunya, maka kelak di hari Kiamat ia akan datang dengan keadaan menyeret salah satu lambungnya (sendiri), dalam keadaan jatuh atau miring''. (HR Ahmad, Hakim, Ibnu Hibban).

Sekarang kebanyakan yang terlihat (realita) banyak para suami yang memperistri lebih dari satu, kurang harmonis keluarganya baik antara istri-istrinya maupun anak-anaknya, menguras banyak pikiran dan setiap hari semakin jauh dari ketentraman hati. Padahal bukankah, Allah telah berfirman diatas dan ditambah hadits Rasulullah SAW.

Tujuan menikah salah satu sunnah Rasulullah dan syariat Islam. Jangan sampai keinginan memperistri lebih dari satu hanya keinginan nafsu semata. Mempunyai istri lebih dari satu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Izin dari istri pertama, izin dari orang tua, persiapan ilmu agama harus kuat dan lain-lain.

Bagi yang ingin memperistri lebih dari satu jangan pernah main-main dengan hukum Allah SWT. Kalau tidak mampu, alangkah lebih baik jadilah suami yang sabar dan berbahagia hanya dengan satu istri saja.

Sebagai catatan.. Artikel ini tidak melarang bagi seorang suami untuk mempunyai satu istri, jika mampu bersikap adil dan sebaik-baiknya adil. Tidak ada orang yang sempurna kecuali Rasulullah SAW. 
Sahabat renungan Islam, semoga artikel ini mampu menjadi renungan khususnya kepada lelaki (suami) yang ingin mempunyai istri lebih. Berpatokanlah pada Al Quran dan Hadits. Semoga bermanfaat,
jazakumullah.