Inilah Hikmah dan Keistimewaan Berwudhu Sebelum Tidur - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Hikmah dan Keistimewaan Berwudhu Sebelum Tidur

Dari Al Bara' bin 'Azid, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Kapan pun engkau hendak tidur berwudhulah terlebih dahulu sebagaimana engkau hendak mengerjakan shalat, berbaringlah dengan menghadap ke arah kanan dan berdoalah.”(HR Bukhari).

Berwudhu itu tidak hanya dilakukan pada saat ketika akan shalat. Setiap saat alangkah lebih baik untuk selalu menjaga wudhu dan ini termasuk salah satu keutamaan. Dengan menjaga wudhu Insya Allah seseorang akan terjaga kesehatan baik fisik maupun jiwanya.

Dari penjelasan hadits Rasulullah SAW diatas, berwudhu sebelum tidur sangat dianjurkan  dan akan dicatat sebuah pahala oleh Allah SWT.


Seorang ahli kesehatan mengungkapkan, bila sebelum tidur kita berwudhu dan meminum sepertiga gelas air putih, maka akan terjadi proses grounding dan netralisasi muatan negatif dalam tubuh. Hasilnya kita akan tidur tenang dalam pelukan cinta dan rahmat Allah. Bila kita berzikir dan memuji Allah sebelum tidur, maka memori kita yang terdalam akan merekam dengan baik ikrar cinta kita kepada Allah SWT.

Dengan berwudhu menjelang tidur, juga mendekatkan seseorang dengan Surga Allah SWT. Pada zaman Rasul, Beliau pernah mengatakan (memvonis) seseorang tersebut merupakan sebagai ahli Surga. Lantas para sahabat penasaran, mereka bertanya “Wahai Rasulullah apa gerangan yang membuat orang tersebut dimuliakan sedemikian rupa”. Rasul menjawab, “sebelum tidur ia selalu berwudhu”.

Berwudhu sebelum tidur banyak hikmah dan keistimewaan beberapa diantaranya : Ia (wudhu) bersihkan anggota badannya dari najis. Dan sebelum mata terpejam, ia bersihkan hatinya dari iri, dengki, dendam, serta kebencian. Ia lupakan pula keburukan orang lain kepadanya, sehingga hatinya benar-benar lapang.

Demikianlah hikmah dan keistimewaan wudhu bagi seorang Mukmin. Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Wudhu adalah pembersih di dunia dan perhiasan indah pada Hari Kiamat”. (HR Muslim).

Sahabat.. Berwudhu biasakanlah berwudhu sebelum tidur. Insya Allah kita dimasukkan kedalam golongan manusia yang selalu mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT. Amin

Semoga bermanfaat bagi semua sahabat renungan Islam. Amin