Jika Seorang Istri Memiliki Sifat Seperti Ini. Berarti Ia Pembawa Sial Bagi Suaminya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Jika Seorang Istri Memiliki Sifat Seperti Ini. Berarti Ia Pembawa Sial Bagi Suaminya

Dalam Islam sebelum menikah alangkah lebih baiknya memilah milih seorang perempuan yang akan dijadikan istri. Hal ini termasuk mencakup segala hal terutama tentang sifat-sifatnya. Secara garis besar seorang calon suami harus memperhatikan 3 hal ini saat ingin mempersunting seorang perempuan yaitu amati, bertanya pada walinya dan pastikan perempuan tersebut.

Sabda Rasulullah SAW tentang 3 sifat istri pembawa sial bagi suaminya diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam ath-Thabrani, Imam al-Bazzar dan Imam al-Hakim sebagai berikut ini :

Ilustrasi muslimah
1. Ia seorang yang sangat menjengkelkan
Sifat pertama yaitu seorang istri yang terlihat sangat menjengkelkan. Ia bahkan tidak memperdulikan saat suaminya pulang kerumah seperti pulang bekerja. Bukan sambutan hangat, senyuman dan penampilan menarik bahkan istri seperti ini menunjukkan sikap sebaliknya, padahal suaminya pulang dalam keadaan yang sangat lelah.

Parahnya lagi, istri yang bersikap seperti ini kadang kala jika ada sesuatu hal yang belum dipenuhinya seperti belanjaan kurang ia tidak segan berteriak pada suaminya bukan ngobrol baik-baik dan sopan.

Kebiasaan istri yang seperti ini akhlaknya kurang baik dan juga tidak mendapat pendidikan agama. Meskipun berpendidikan agama namun sangat-sangatlah kurang. Dan ia tidak mengetahui bagaimana seharusnya menjadi seorang istri.

2. Perkataannya menyakiti perasaan suami
Tidak jarang kita jumpai para istri yang mengeluarkan kalmiat terhadap suaminya yang tidak baik dan tidak sopan, bahkan sampai teganya ia menyakiti perasaan suami karena ucapannya tersebut.

Selain itu, beberapa istri selalu menaruh curiga ketika suaminya pulang terlambat kantor, seperti menuduh pergi bersama perempuan lain atau menuduh hal-hal lainnya. Padahal seorang istri harus selalu sebagai penyabar dan tidak boleh menaruh curiga terhadap suaminya. Jika memang ada sesuatu hal yang menyanggal tanyakan baik-baik pada suami tanpa harus mengeluarkan kalimat-kalimat yang menyakiti hati suami.

3. Apabila Ditinggal di Rumah, Ia Berbohong
Tidak sedikit pula kita mendapati seorang istri yang tega berbohong pada suaminya pada saat ditinggal suaminya bekerja di rumah. Ia akan pergi keluar rumah, bebas pergi bersama kawan-kawannya atau pergi kemanapun yang ia suka. Terlebih suaminya pergi lebih dari satu hari.

Pada hakikatnya jika seorang istri ingin keluar rumah harus meminta izin terlebih dahulu pada suaminya. Inilah yang diajarkan dalam Islam untuk menghormati dan berbakti pada suami. Bukankah perempuan selalu ingin mengharapkan menjadi shalehah.

Sebagai nasehat bagi seorang perempuan haruslah menjauhi perbuatan-perbuatan seperti diatas karena hal itu menunjukkan tidak berbakti pada suami dan juga dibenci oleh Allah SWT.

Sahabat renunganislam.com, tidak salah Rasulullah SAW berkata bahwa Neraka banyak dipenuhi oleh kaum perempuan. Kenapa, ya seperti dibahas pada artikel ini kebanyakan perempuan tidak menyadari perbuatan-perbuatannya bisa mengantarkan ia ke Neraka. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah tentu saja harus mentaati dan mematuhi suaminya dengan mengharap ridha dari Allah SWT. Semoga bermanfaat.