Kaum Muslimin Ini Amalan Rasulullah Ketika Gerhana Matahari - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Kaum Muslimin Ini Amalan Rasulullah Ketika Gerhana Matahari

Sebentar lagi Indonesia akan mengalami fenomena alam yang sudah pernah terjadi pada tahun 1983 silam yaitu gerhana matahari. Menurut kabar dan berita yang tersebar luas, gerhana matahari akan terjadi di Indonesia pada awal bulan maret kurang lebih satu bulan lagi.

Pemerintah dengan pihak terkait sudah memprediksi beberapa daerah di Indonesia yang akan dilewati gerhana matahari. Karena sudah diketahui publik, banyak orang yang rela datang jauh-jauh untuk menyaksikan gerhana matahari secara langsung. Beberapa tempat didaerah tersebut sudah menaikkan tarif penginapan dan lain-lain.

Sebagai umat Muslim yang taat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Jangan sampai ikut-ikutan seperti orang lain yang tidak mengerti apa yang harus dilakukan saat gerhana matahari. Tidak perlu berbondong untuk menyaksikan secara langsung.

Ilustrasi
Sebagai renungan bagi kita semua, inilah amalan Rasulullah SAW ketika gerhana matahari terjadi :

Pada zaman Rasulullah SAW, suatu ketika telah terjadilah gerhana matahari. Para sahabat Beliau segera meninggalkan pekerjaan mereka masing-masing, begitu juga dengan anak-anak kecil yang sedang berlatih memanah. Mereka semua berlari menuju mesjid untuk mengetahui apa yang akan dilakukan oleh Rasulullah SAW sehubungan kejadian gerhana matahari.

Baginda Rasulullah mengerjakan shalat dua rakaat yang sangat panjang, sehingga sebagian orang yang mengikutinya jatuh pingsan. Dalam shalatnya, Rasulullah menangis sambil berdoa, “Ya Rabbi, Engkau telah berjanji bahwa Engkau tidak akan menyiksa mereka (umat Beliau) selama saya berada bersama mereka, selama mereka meminta ampunan kepada MU”.

Firman Allah SWT : “Dan Allah tidak akan mengadzab mereka selama kamu berada diantara mereka. Dan dia tidak mengadzab mereka sekali mereka meminta ampun” (Al Anfal. 33)

Baginda Rasulullah SAW meberikan sebuah nasehat penting bagi umatnya pada saat terjadi gerhana matahari atau bulan yaitu untuk segera melakukan sunat gerhana. Seandainya kalian mengetahui keadaan pada hari akhirat  sebagaimana saya  (Rasul) ketahui, niscaya kalian menghabiskan banyak waktu untuk menangis dan sedikit tertawa. Apabila terjadi lagi peristiwa seperti ini (gerhana matahari), maka dirikanlah shalat, berdoa kepada Allah SWT.


Sahabat renungan islam, sudah semestinya kita selalu mentaati Allah dan juga Rasulullah. Lihatlah apa yang dilakukan Rasul saat sedang terjadi gerhana matahari, Beliau mengerjakan shalat, memohon ampunan kepada Allah agar umat Beliau tidak disiksa oleh Allah SWT. Sungguh mulianya Rasulullah SAW, semoga Allah mengampuni kita semua karena kesalahan-kesalahan kita. Amin

Silahkan share sahabat, semoga bermanfaat. Terimakasih, jazakumullah.