Buat Kamu Calon Pemimpin Masa Depan. Inilah 8 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik Hati - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Buat Kamu Calon Pemimpin Masa Depan. Inilah 8 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik Hati

Mendambakan sesuatu yang besar bukan hal sulit untuk dicapai. Semua orang mempunyai impian yang akan diraih suatu saat nanti, begitu juga jika Anda ingin menjadi seorang pimpinan yang baik. Bila tidak ingin mempunyai impian  sesuatu yang diharapkan akan sulit di capai, Anda akan merasa seperti orang yang selalumentok dalam menentukan langkah kedepan.

Seorang pimpinan (pemimpin) minimal memiliki satu orang lain sebagai bawahannya. Tidak mesti bahwa seorang pimpinan telah memimpin banyak orang. Sebagai pimpinan tentu banyak hal yang harus Anda lakukan seperti memberi contoh yang baik kepada bawahan Anda.

Tips menjadi pimpinan yang baik sebenarnya tidak terlalu sulit, namun pada kenyataannya tidak mudah saat menjalani. Beberapa hal sederhana bisa diterapkan sedini mungkin sejak pertama kali Anda diangkat menjadi pimpinan. Berikut ini beberapa tips bisa Anda pertimbangkan jika ingin menjadi pimpinan yang baik:


1.Tanggung Jawab
Sebagai pimpinan tanggung jawab besar sudah menanti Anda. Segala hal permasalahan dan urusan, Anda akan menyelesaikan serta memberikan keputusan. Tanggung jawab merupakan poin paling penting harus selalu dikedepankan, jika tanggung jawab diabaikan langkah kedepan untuk menjadi pimpinan yang baik terasa sulit.

2. Mengontrol Emosi
Sebagai pimpinan emosi benar-benar harus terjaga dengan baik. Seorang pimpinan kadang sering dihadapai dengan permasalahan yang tidak diinginkan. Terutama berhubungan kinerja bawahan atau lainnya. Sebagai pimpinan berbicara dengan tegas, tidak bertele-tele, tidak mengeluarkan kata-kata makian sangat penting agar emosi tidak meledak. Jika emosi terkontrol dengan baik Anda sedang menuju gerbang kesuksesan menjadi seorang pimpinan.

3. Pendengar Yang Baik
Ini penting untuk membangun komunikasi dengan bawahan Anda. Ciptakan komunikasi dua arah agar suasana antara pimpinan dan bawahan tidak terlalu tegang. Sediakan waktu untuk mendengar beberapa masukan penting dari bawahan, ini juga memberi nilai tambahan sendiri. Banyak pemimpin luar yang  sukses karena sering berdiskusi dengan para bawahan.

4. Rela Berkorban
Berkorban sepertinya pekerjaan sulit dilakukan seorang pimpinan. Berkorban itu bisa dalam berbagai hal atau keadaan. Sebagai contohnya, sudah 5 hari ini Anda belum bisa membayar gaji karyawan walaupun sudah jatuh tempo, anda ingin menundanya dulu. Nah, jika  Anda sudah membayarnya dan sedikit keuntungan selama 5 hari tersebut, baiknya berikan sedikit bonus untuk karyawan karena 5 hari lamanya Anda sudah berhutang kepada karyawan. Contoh lainnya, jila ada bawahan sedang musibah, sebagai pimpinan Anda orang pertama kali menghubungi atau mengunjungi untuk menanyakan keadaannya.

5. Kebersamaan
Salah satu poin membuat Anda menjadi pimpinan yang baik yaitu memiliki waktu bersama dengan bawahan. Tidak salahnya menghabiskan akhir pekan dengan beberapa orang bawahan Anda. Menghabiskan waktu di luar jam kerja bisa menghangatkan hubungan dengan bawahan dan Anda dikenal sebagai contoh pimpinan yang baik. Jangan pernah gengsi jika sedang bersama bawahan Anda.

6. Menghargai Kelemahan dan Kelebihan
Sebagai pimpinan Anda juga harus peka terhadap bawahan yang mempunyai kelemahan dan kelebihan. Seperti halnya orang biasa, manusia memiliki kelemahan dan kelebihan. Jika bawahan Anda memiliki kelebihan maksmimalkan potensi yang dimilikinya dan begitu juga dengan bawahan memiliki kelemahan, berikan supportdan feedback yang bermanfaat.

7. Saling Menghormati
Adakalanya sebagai pimpinan Anda akan berhadapan dengan bawahan yang umurnya lebih tua. Mungkin diantaranya seusia dengan orang tua Anda. Sebagai pimpinan hormatilah bawahan yang lebih tua dari Anda pada tempatnya (seperti memanggil Bapak jangan menyebutkan namanya), tegur dengan nada yang sopan jika mereka melakukan kesalahan, ini menunjukkan respect Anda.

8.Tunjukkan Yang Baik
Menjadi panutan dan sebagai contoh baik sulit jika semua poin diatas belum Anda terapkan dengan maksimal. Memberi contoh baik kepada bawahan harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Sebagai contohnya, jika Anda seorang yang taat beribadah, suka menolong, tepat waktu dan lain-lain, pertahankan hal tersebut untuk memberikan contoh kepada bawahan. Dengan perlahan Anda sudah menjalani serangkaian tips menjadi pimpinan yang baik.

Kesimpulan
Bagaimana menjadi pimpinan yang baik tergantung dari cara Anda masing-masing. Tidakperlu terikat dengan tips-tips diatas. Penjelasan  diatas memaparkan hal-hal sangat sederhana untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk mewujudkannya Anda tidak perlu menunggu esok hari. Memulai dari sekarang lebih baik dari pada Anda tidak pernah mencobanya. Semoga menginspirasi bagi Anda sedang mencari tips menjadi pimpinan yang baik. (sumber dari tulisan penulis blog lainnya)