Wahai Orang Tua, Inilah 10 Rahasia Agar Anakmu Meraih Sukses Dimasa yang Akan Datang - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Wahai Orang Tua, Inilah 10 Rahasia Agar Anakmu Meraih Sukses Dimasa yang Akan Datang

Keinginan semua orang tua terbesar adalah agar anak sukses nantinya saat mereka dewasa. Orang tua rela menghabiskan semuanya hanya semata  untuk melihat anaknya lebih sukses lebih dari dirinya sendiri. Sekolah terbaik, asuransi kesehatan dan kehidupan layak, ini beberapa  cara yang dilakukan orang tua.

Semua orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak-anaknya. Terlepas dengan berbagai cara yang dilakukan. Berikut ini saya ulas 10 hal yang bisa dilakukan orang tua agar anak sukses dimasa yang akan datang :



1. Ajarkan Hormat
Orang tua harus menanamkan rasa hormat pada anak-anaknya agar anak sukses. Menghormati sesama manusia dan lebih menghormati yang lebih tua harus ditanam pada anak sejak dini. Tidak hanya menghormati manusia saja, tetapi semua hal yang baik harus dihormati didunia ini. Menghormati dan menghargai segala apa yang mereka miliki dan belajar untuk mendapatkan nilai-nilai lebih. Semua Anak banyak belajar (mencontoh) dari orang tua tentang rasa hormat.

2. Ajarkan Tanggung Jawab
Orang tua harus mengajarkan arti sebuah tanggung jawab, terutama anak-anak bisa bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Sangat penting apa yang dilakukan mereka sehingga bisa berdampak positif dan juga negatif. Memang terasa akan sulit membuat anak menjadi disiplin dalam tanggung jawab. Tetapi Anda tetap berusaha mengajarkan rasa tanggung jawab secara perlahan. Jika sudah dewasa, anak akan mengerti pentingnya tanggung jawab.

3. Ajarkan Kejujuran
Ajarkan anak-anak nilai arti kejujuran mulai sekarang. Anak perlu belajar untuk jujur dengan orang lain, mereka sendiri dan jujur kepada Anda sebagai orang tuanya. Seorang anak yang jujur akan tumbuh menjadi orang dewasa yang dapat dipercaya dan karirnya akan berkembang.

Sangat penting mengajarkan anak kejujuran. Dimana mengatakan hal yang sebenarnya lebih baik dari pada kebohongan. Anak menjadi suka berbohong karena takut mendapat hukuman. Padahal itu tidak seharusnya dilakukan. Sebagai orang tua ajarkan dengan pelan dan lembut agar anak sukses dimasa yang akan datang.
4. Ajarkan Toleransi
Anak-anak perlu belajar bagaimana menjadi seseorang yang toleran terhadap orang lain. Tanamkan sejak dini arti toleransi yang tinggi. Anak harus belajar bahwa untuk membantu orang tidak hanya saat membutuhkan saja dan tanpa mengharapkan imbalan. Ingatkan pada anak suatu saat nanti dia memerlukan bantuan orang lain. Anak juga harus diajarkan bagaimana menyikapi ketika ada teman-temannya yang usil kepada mereka dan belajar memahami kenapa hal ini bisa terjadi (seperti : pengganggu yang usil mengambil makanan dia disekolah karena temannya tersebut sama sekali tidak membawa bekal makanan).

5. Ajarkan Ketekunan
Agar anak sukses suatu saat nanti, mulai sekarang ajarkan mereka agar lebit tekun dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun anak-anak menemui kegagalan saat mengerjakan sesuatu, terus berikan mereka semangat untuk lebih tekun dan lebih giat lagi. Katakan kepada anak-anak Anda impian dan cita-cita tidak akan tercapai jika tidak melakukannya dengan kerja keras dan ketekunan.

6. Ajarkan Rasa Syukur
Ajarkan anak-anak Anda untuk mensyukuri atas semua apa yang mereka miliki sekarang dan betapa besar kepedulian Anda kepada mereka, juga kepedulian orang lain termasuk kakek, nenek, keluarga lainnya.  

Menunjukkan rasa syukur bisa dengan berbagai macam cara, seperti mengucapkan terima kasih kepada guru atau kakeknya dengan alasan yang tidak khusus. Dengan menanamkan rasa syukur, kelak anak Anda akan menjadi dewasa selalu rendah diri dengan apa yang dimilikinya.

7. Ajarkan Mandiri dan Kontrol Diri
Sejak mulai sekarang ajarkan anak-anak Anda untuk belajar mandiri. Mereka akan tumbuh cepat menjadi dewasa yang mandiri nantinya. Anak-anak terus dan selalu diberi tahu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah mereka (ringan) seperti merapikan selimut, membersihkan kamar, meletakkan pakaian kotor pada tempatnya dan lain-lain.
Jika Anda mengajarkan anak-anak belajar manajemen uang yang baik dan memprioritaskan mana yang penting terlebih dahulu. Pada saat mereka tidak lagi bersama Anda, mereka bisa mempunyai kehidupan yang baik karena sudah diajarkan kontrol diri sejak dari dulu.

Ketika tumbuh dewasa banyak hal yang mereka temui. Berbagai macam persoalan dihadapi. Pentingnya kontrol diri, agar anak sukses dengan kehidupan dewasanya, tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif dan mempengaruhi orang-orang lain disekitar mereka (kawannya).

8. Integritas Tinggi
Semua anak pasti mempunyai cita-cita setinggi langit. Seperti, memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi, memiliki mobil mewah, rumah yang besar dan hal-hal lainnya. Sangat tidak berarti apa-apa jika mereka mendapatkannya dengan cara yang haram. Disisi lain, memiliki rumah sederhana, memiliki mobil yang berganti dari A ke B ke C, ini sebuah dedikasi yang tinggi karena hasil dari sebuah kerja keras dan integritas. Terlebih jika Anda hidup seperti itu sejak dari awal, tentu sangat mudah mengajarkan anak makna arti integritas yang tinggi.

Seperti halnya menanamkan kejujuran pada anak. Integritas juga begitu penting supaya mereka tidak bertindak dan hidup dengan kebohongan. Ini mengantarkan agar anak menjadi sukses pada saat dewasa nanti.

9. Jadilah Panutan
Berikan pengertian kepada anak-anak agar mereka menjadi seorang dewasa yang baik nantinya. Dan menjadi panutan banyak orang dengan apa yang sudah Anda ajarkan sebelumnya. Bahkan, menjadi orang yang sangat baik melebihi kebaikan Anda sebagai orang tuanya. Kebanggaan terbesar Anda jika melihat mereka dewasa nanti menjadi seseorang yang memberikan perubahan untuk banyak orang lainnya.

10. Tanamkan Nilai-Nilai Agama
Agar anak sukses dewasa nanti. Salah satu yang harus Anda ajarkan adalah nilai agama serta keyakinan kepada Tuhan (Allah), bahwa hidup didunia ini semua hal yang dilalui, semua kejadian, semua permasalahan karena Tuhan semata. Nilai agama yang Anda ajarkan sejak usia masih anak-anak sangat membantu mereka menghadapi kehidupan dunia yang keras dimasa akan datang.