Astaghfirullah. 4 Hal Buruk yang Akan Terjadi Akibat Memakan Harta Haram - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Astaghfirullah. 4 Hal Buruk yang Akan Terjadi Akibat Memakan Harta Haram

Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari manusi memang di haruskan untuk mencari rezeki. Allah SWT menyuruh manusia mencari rezeki yang halal untuk di bawa pulang ke rumah dan dimakan bersama keluarga. Namun, pada prakteknya tidak sedikit orang memutuskan mencari rezeki yang tidak disukai Allah yaitu rezeki yang haram. Musibahnya tetap membawa pulang ke rumah untuk di konsumsi juga bersama keluarga.

Hal ini dilakukan oleh orang yang pada dasarnya kebutuhan sudah tercukupi, namun merasa selalu kurang dan tidak cukup. Padahal meskipun rezeki yang didapatkan sedikit sangat mulia di hadapan Allah karena halal. Untuk apa hidup kaya raya namun tidak tenang dan bahagia karena harta haram. Nah, berikut ini 4 hal buruk yang terjadi akibat memakan harta haram :

Ilustrasi
1.Sedekahnya tertolak (sedekah tidak diterima Allah SWT). “Siapa mengumpulkan harta haram lalu mensedekahkannya, tidak ada pahala, dan dosa untuknya” – (HR Ibnu Huzaimah).

2.Shalatnya tidak diterima oleh Allah SWT. Hadits Rasulullah SAW yang artinya. “Siapa membeli pakaian dengan harga 10 dirham dan 1 dirham di antaranya dari uang haram, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama pakaian itu dikenakannya” – (HR Ahmad)

3.Ibadah Hajinya akan sia-sia. Sabda Rasulullah SAW yang artinya “Jika seseorang keluar untuk melakukan haji dengan nafkah haram, lalu dia mengendarai tunggangan dan mengatakan, ‘Labbaik, Allaahumma labbaik!’ Maka, yang berada di langit menyeru, “Tidak labbaik dan engkau tidak memperoleh kebahagiaan! Bekalmu haram, kendaraan haram dan hajimu mendatangkan dosa lagi tidak diterima” – (HR Thabrani)

4.Silaturahimnya (mengunjungi sesame muslim) tidak berpahala. Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Siapa mendapatkan harta dari dosa, lalu dengannya dia bersilaturahim atau bersedekah atau berinfak di jalan Allah, maka Allah akan menghimpun seluruhnya, lalu Dia melemparkannya ke dalam neraka”. Nabi saw. pun bersabda, “Sebaik-baik agamamu adalah al-wara’ (berhati-hati)” – (HR Abu Dawud)

Sahabat, itulah 4 hal buruk akan menimpa diri jika melakukan praktek haram dalam kehidupan sehari-hari. Susah kewajiban meninggalkan perbuatan-perbuatan yang menjurus ke haram dan melakukan segala hal secara halal yang di ridhai Allah SWT. Jadilah seseorang yang selalu dengan keadaan bersyukur. Dengan begini tidak mudah terjerumus ke dalam hal yang tidak di inginkan. Jangan jadi seorang hamba hidupnya hanya mengejar dunia. Hidup dunia ini sementara, tujuan hidup manusia hanyalah menggapai akhirat. Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Amin

Berikut ini doa yang sangat baik untuk menjauhkan diri dari praktek haram :

Allahummak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa aghniniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya ; (Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dari-Mu dan jauhkanlah aku dari yang Engkau haramkan. Cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dan jauhkan dari bergantung pada selain-Mu). (HR. Tirmidzi dan Ahmad )