5 Penyakit Berbahaya yang Terjadi jika Tidur Langsung Menghadap Kipas Angin. Nomor 4 Paling Sering Dialami - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

5 Penyakit Berbahaya yang Terjadi jika Tidur Langsung Menghadap Kipas Angin. Nomor 4 Paling Sering Dialami

Kipas angin merupakan salah satu langkah alternatif untuk menggerakkan angin menjadi lebih dinamis hingga udara tak terlampau panas. Dulu orang memakai kipas angin buatan dari bahan simpel, tetapi sekarang kipas angin sudah menjelma menjadi benda modern yang bisa bekerja terus terusan sepanjang malam.

Beberapa orang memanfaatkan kipas dengan angin yang mengarah langsung pada tubuh saat tidur, cara ini memang menyenangkan dan membuat tidur lebih lelap, namun angin yang terus terusan menerpa tubuh sepanjang malam juga beresiko untuk kesehatan bahkan bisa mengakibatkan kematian.


Dalam kesempatan ini ulasan mengenai mengapa kita tidak boleh memakai kipas angin yang langsung mengarah pada tubuh, berikut ulasan selengkapnya :

1. Tubuh kekurangan oksigen

Bahaya pertama yang terjadi jika tidur langsung berhadapan dengan kipas angin yaitu tubuh akan kekurangan oksigen. Terlebih ruangan tidak adanya ventilasi yang memadai, dan kipas angin langsung mengarah ke area wajah.

2. Suhu tubuh menurun drastis

Percaya tidak percaya ternyata kipas angin dapat menurunkan suhu tubuh, terutama bagi mereka yang mengarahkan kipas angin langsung kebadannya. Jika suhu tubuh berubah bisa terjadiu tekanan darah dan sistem pernapasan akan terganggu. Yang ditakutkan akan terjadi perubahan pada fungsi jantung dan paru-paru tidak bekerja secara maksimal dan normal.

3. Mengalami hipotermia serta dehidrasi
Seorang pakar syaraf, Dr. Wendra Ali, menyampaikan waktu seorang berada dalam ruang dingin kurun waktu yang lama jadi tubuh bakal mengalami kekeringan karena udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Bila terjadi terus terusan sepanjang malam jadi kelembapan tubuh bakal alami penurunan hingga akhirnya berlangsung hipotermia.


4. Penyakit Bell Palsy

Penyakit Bell Palsy sering dialami pada orang yang terlalu sering mengarahkan kipas angin kesalah satu sisi wajahnya. Bell Palsy ini merupakan penyakit kelumpuhan pada wajah sering disebutkan wajah merot. Penyakit ini terjadi karena suhu dingin yg menerpa wajah terus terusan sepanjang malam, menyebabkan wajah jadi tegang, sulit senyum atau berekspresi.

5. Mengakibatkan kematian
Kematian mendadak dapat dialami oleh mereka yang menggunakan kipas angin sepanjang malam waktu tidur, terutama pada ruang yg tidak memiliki fentilasi untuk keluar masuknya udara. Hal ini disebabkan karena ada peningkatan kadar CO2 serta penurunan O2 dalam ruangan.



Itulah sahabat mengenai bahaya tidur memakai kipas angin. Untuk menghindari agar tidak terjadi sesuatu pada tubuh dan mengganggu kesehatan dengan cara tidak mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh melainkan ke dinding. Untuk lebih aman lagi tidurlah dalam ruangan yang cukup ventilasinya.