Astaghfirullah, Akibat Membuka Aurat di Facebook. Inilah yang Terjadi Pada Seorang Perempuan - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Astaghfirullah, Akibat Membuka Aurat di Facebook. Inilah yang Terjadi Pada Seorang Perempuan

Sebagaimana kita ketahui, jejaring sosial facebook merupakan situs paling sering digunakan semua lapisan masyarakat mulai usia 15 tahun sampai 65 tahun, baik laki-laki dan perempuan. Pada dasarnya penggunaan facebook jangan sampai kelewat batas, seperti mengunjing orang, membuat status sindiran, menghina apalagi menampakkan aurat terhadap yang bukan mahram bagi seorang Muslimah.

Kisah ini seorang perempuan (hamba Allah) yang begitu aktif menggunakan facebooknya setiap hari. Sudah kebiasaan beberapa perempuan yang senang menyimpan dan menyebarkan foto tanpa menutup aurat di facebook. Namun, apa yang terjadi setelah perempuan tersebut meninggal membuat semua orang terkejut.


Setelah perempuan itu meninggal, ia mendatangi Ibunya lewat mimpi dan meminta agar Ibunya menghapus foto-foto dirinya yang tidak menutup aurat di facebook. Sedihnya tidak ada seorangpun yang mengetahui password dari akunnya tersebut.

Sahabat perempuan ingatlah, seseorang perempuan yang sengaja menampakkan aurat dan dilihat laki-laki bukan mahramnya sungguh azab Allah SWT sangat perih dan termasuk dosa besar. Dalam satu riwayat, Rasulullah SAW mengatakan bau wewangian perempuan yang membuat laki-laki menjadi tertarik, perempuan tersebut seperti pelacur.

Jika demikian, foto-foto yang disebar di facebook dan auratnya terbuka merupakan fitnah dan dosa bagi yang melihat terlebih bagi yang mengupload foto tersebut.

Hanya dengan foto saja, ruh manusia menjadi tidak tenang. Jangan sampai gara-gara secuil foto mengantarkan diri masuk ke dalam Neraka Jahannam, Naudzubillah.

Kisah ini sejatinya menjadikan pelajaran dan peringatan bagi muslimah lainnya. Islam begitu menghargai perempuan untuk selalu menutup diri (aurat). Penulis mengajak perempuan muslimah semua untuk menghapus foto tidak menutup aurat dan mengganti foto yang sepatutnya. Ketahuilah sahabat, kita semua tidak mengetahui kapan kematian itu tiba. Bisa kapan saja tanpa peringatan, karena itu kuasa Allah SWT.

Aurat bagi perempuan itu seluruh badan, namun dalam mahzab Syafi’I keringanan bagi perempuan untuk membuka wajah dan kedua telapak tangannya. Laki-laki auratnya diantara lutut dan pusar. Tutuplah aurat sahabat dimanapun sahabat semua.

Sayangilah diri sendiri dengan menghapus foto-foto di facebook yang tidak menutup aurat. Lakukanlah dengan ikhlas dengan mengharap ampunan dari Allah SWT. Jangan karena terpaksa, meski terpaksa namun terhindar dari dosa. 


Sebuah pemahaman bagi sahabat semua. Jika sahabat mewakafkan harta dijalan Allah atau membagikan ilmu di jalan Allah SWT maka akan dicatat sebagai pahala yang terus mengalir. Sama juga dosa menyebarkan foto membuka aurat juga akan dicatat oleh Allah SWT sebagai dosa yang terus mengalir sebelum foto tersebut terhapus.


Sadar atau tidak sadar, banyak orang yang melakukan hal kedua yang menyebabkan dosanya terus menumpuk.

Jika hari akhirat sudah tiba, tidak ada gunanya menyesal semua sudah terlambat. Allah SWT hanya memberikan sedikit waktu untuk kita semua beribadah kepada-Nya dan memohon ampunan kepada-Nya.

Wallauhu A’lam bishawab (Hanya Allah Yang Maha Mengetahui).

Silahkan berbagi sahabat, Semoga bermanfaat.