Beberapa Pantangan Saat Minum Susu yang Harus Anda Ketahui - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Beberapa Pantangan Saat Minum Susu yang Harus Anda Ketahui

Anda pasti menyukai susu. Apalagi saat usia masih Balita pasti semuanya merasakan yang namanya susu. Sebagian besar orang Indonesia sangat menyenangi yang namanya minum susu. Sampai sekarang susu merupakan produk yang laris manis dan di senangi para ibu untuk kebutuhan anak-anaknya, baik yang masih balita ataupun sudah dewasa.

Disaat minum susu, anda pun harus memperhatikan pantangan-pantangan yang bisa anda hindari saat atau setelah minum susu. Berikut ini beberapa pantangan dalam minum susu.

Ilustrasi
Jeruk dan susu
Sebelum dan sesudah minum susu anda sangat tidak di sarankan bila akan mengkonsumsi atau makan buah jeruk. Hal ini di karenakan protein di dalam susu bertemu dengan tartaric acid yaitu asam di dalam susu yang mempengaruhi daya serap dan cerna perut anda. Waktunya kira-kira 1 jam sebelum dan sesudah minum susu.

Jus dan susu
Jus dan susu juga tidak disarankan hal ini karena susu mengandung protein sampai 80 persen, jika di paksakan minum bersamaan dengan jus tertentu bisa mengakibatkan gangguan pencernaan anda. 

Susu dan gula
Susu mengandung leucine (asam amino), bila dalam keadaan panas dimasukkan gula akan bereaksi menjadi leucine fructosyl (radikal fluktosa) yang beracun, dapat merusak tubuh orang. Susu segar dalam kondisi mendidih jangan dicampur gula, tunggu agak dingin baru masukkan gula.

Susu dan coklat
Susu dan cokelat juga sangat tidak di sarankan. Hal ini di karenakan susu banyak mengandung protein dan kalsium sedangkan cokelat banyak mengandung asam oksalat sehingga jika bersamaan anda bisa buang-buang air, dan hal lainnya.

Susu dan obat
Ada orang suka minum obat dengan susu, air putih diganti dengan susu, padahal susu jelas-jelas dapat mempengaruhi tubuh dalam menyerap obat. Karena susu mudah melapisi permukaan obat dengan membentuk sebuah selaput, maka akan membuat unsur-unsur yang terkandung dalam susu seperti kalsium, magnesium serta unsur-unsur lainnya timbul reaksi kimia dengan obat, menjadi materi yang tidak bisa larut dalam air, dengan demikian akan mempengaruhi kemampuan daya buang dan daya serap terhadap obat. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah minum obat satu jam jangan minum susu.