Hati-Hati Saat Membeli Buah Apel di Supermarket. Ada yang Terkandung Zat Kimia - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Hati-Hati Saat Membeli Buah Apel di Supermarket. Ada yang Terkandung Zat Kimia

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang digemari semua orang, mulai dari anak-anak sampai yang sudah kakek-nenek. Buah-buahan sangat baik dikonsumsi agar tubuh menjadi lebih sehat, karena didalam buah-buahan banyak terkandung nilai gizi yang tinggi. Selain itu buah-buahan juga mengandung vitamin dan energy yang juga tinggi. Tentunya buah-buahan sangat banyak seperti apel sangat disukai banyak orang. Apa masalahnya ?

Belakangan ini ada beredar video baik di facebook ataupun youtube dimana orang melakukan tes terhadap apel. Ternyata penggunaan zat kimia dalam produk buah-buahan sepertinya memang terjadi. Zat kimia yang biasa dipakai ialah lilin untuk melapisi kulit luar apel. Hal ini dilakukan supaya aper lebih awet dan tahan dalam jangka waktu lama. Pastinya apel tersebut di ekspor ke berbagai macam Negara termasuk Indonesia dalam daftarnya.

Ilustrasi Apel
Permasalahannya, bukan manfaat yang didapat, malah dengan makan apel tersebut tidak baik bagi kesehatan kita semua.

Buat sahabat semua, jangan pernah sama sekali untuk mengkonsumsi apel tanpa dicuci terlebih dahulu secara benar dan komplit. Bahkan beberapa produk apel yang di impor dari luar harus di cuci terlebih dahulu menggunakan air hangat dan mencucinyapun harus sampai dua kali agar kerak lilin di kulit apel hilang tanpa membekas.

Banyak cara untuk menyingkirkan apel dari kerak lilin. Salah satunya dengan langkah berikut ini: Campurkan air hangat di dalam baskom sekitar 3 gayung dengan  1 sendok makan jeruk nipis dan ditambah 1 sendok makan baking soda, kemudian sikatlah menggunakan sikat yang lembut sampai air di dalam baskom terlihat keruh, pastikan apelnya terlihat tidak mengkilat lagi. Setelah itu sudah baik untuk dikonsumsi oleh Anda. Sebelumnya siramlah apel dengan air yang bersih dan mengalir.

Hal itu cocok dilakukan untuk jenis buah-buahan seperti pear, anggur, belimbimg, apel dan buah lainnya. Jika Anda ragu kebersihannya lakukan saja seperti yang dijelaskan diatas. Biasanya buah-buahan impor harus dibersihkan seperti itu, meingingat beberapa waktu lalu beredarnya buah impor yang di lapisi lilin.

Ingat, setelah melakukan pembersihan seperti di atas buah-buahan tersebut kurang awet lagi alias tidak tahan lama. Sebaiknya segera unuk di konsumsi tanpa disimpan lebih lama lagi.

Sahabat, dibalik semua itu sebagai umat muslim kita selalu diajarkan adab atau tata cara saat mengkonsumsi makanan atau minuman. Awali dengan membaca basmallah dan doa sebelum makan minum serta jangan berdiri. Insya Allah kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Amin