Inilah Hukum dan Akibat dari Memasang Foto di Sosial Media Bagi Perempuan - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Hukum dan Akibat dari Memasang Foto di Sosial Media Bagi Perempuan

Pertanyaan dari seorang Ibu: Seperti apa hukumnya bila seorang perempuan memasang foto di sosial media dan sangat banyak para laki-laki yang memuji kecantikan perempuan tersebut.

Jawaban : Wanginya seorang perempuan jika niatnya sengaja dipakai supaya laki-laki  bukan mahramnya menjadi tertarik (menyukai), oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits mengatakan perempuan tersebut seperti pelacur. Apalagi menunjukkan foto, sengaja menunjukkan kecantikan agar disukai bahkan dinikmati oleh para laki-laki yang tidak halal baginya. Perempuan tersebut ikut menanggung setiap dosa yang muncul dari laki-laki yang menikmati wajahnya. Naudzubillah.

Penggalan diatas sebagai pembuka sedikit pemahaman Anda bagi semua perempuan begitu beratnya dosa yang ditimbulkan jika memutuskan memasang foto di sosial media (FB, Instagram, Path, Line, Whats App, dan lain-lain). Mari simak hadits dibawah ini :

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad.)

Sangat jelas dari penjelasan hadits diatas. Pada zaman Rasulullah belum ada internet seperti sekarang ini ataupun sosial media yang bebas dipakai semua orang. Padahal sejak dahulu, Rasul sudah mewanti-wanti kaum perempuan. Memakai wewangian saja bisa berdampak sangat besar bilamana ada laki-laki bukan mahram menikmatinya dikatakan sebagai pelacur. Lantas sejauh apa sebagai perempuan menghormati dan menghargai Rasulullah SAW.

Ilustrasi
Selain itu sungguh banyak hal-hal yang tidak baik, menimbulkan fitnah dan dampak negatif jika seorang perempuan memasang foto di sosial media, berikut ini ulasan lebih lengkap:

1). Foto profil yang tidak pantas jika dipajang di sosia media secara sengaja ataupun tidak sengaja membuat sebagian laki-laki menjadi tertarik, dan membuat mereka membayangkan yang tidak-tidak dari foto tersebut. Dan menimbulkan niat buruk pada saat melihat foto di sosmed.

2). Sebagian perempuan bahkan tidak mengetahui sekalipun memasang foto profil di sosmes agak tertutup hanya tampak wajah saja dan telapak tangan tidak ada jaminan lolos dari jeratan fitnah atau dosa. Karena hanya dengan wajah laki-laki bisa menjadi tertarik. Dan hal ini tidak baik.

3). Didalam Al Qur’an sudah dijelaskan bahwa para laki-laki harus menundukkan pandangannya. Sering kita lihat kebanyakan kaum laki-laki lebih menundukkan pandangannya karena merasa tidak pantas menatap perempuan lama-lama. Bila di dunia maya (internet) tidak sedikit laki-laki yang menghabiskan waktu berlama-lama menatap foto perempuan. Akibatnya perempuan berdosa dan juga laki-laki berdosa.

4). Lewat sosial media banyak hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti perempuan menjadi korban kejahatan diculik, diiming-imingi, diajak ke dalam perbuatan yang dilarang agama, dan lain-lain. Itu terjadi karena para laki-laki tersebut tertarik melihat foto perempuan yang ada di sosial media. Bahkan sekaran banyak penipuan yang dilakukan segelintir orang dengan menggunakan foto orang lain dan membuat akun yang sama serta menipu kerabat atau saudara si pemilik foto asli.

5). Foto anda bisa dicopy dan diedit oleh orang2 jahat, dijadikan foto porno, atau digunakan untuk hal2 lain yg merugikan, (misalnya orang membuat suatu akun dgn memakai foto2 anda).

6). Parahnya banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mengedit foto dijadikan foto yang tidak diinginkan. Atau foto diambil untuk kesenangannya.

7). Bagi perempuan  yang sudah menikah, foto di sosmed bisa menjadi pemicu keretakan rumah tangga Anda karena masih ada sebagian laki-laki kerap menggoda perempuan meski dia sudah tau perempuan tersebut sudah memiliki suami dan anak. Inilah jeratan syaitan yang menjerumuskan orang yang sudah berkeluarga.

Naudzubillah, sungguh besar dosa jika hal negatif seperti diatas terjadi. Sangat banyak dampak negatif jika seorang perempuan memajang foto yang tidak pantas di sosial media.

Alangkah lebih baik dan tidak disarankan untuk memasang foto di sosial media jika banyak kaum laki-laki bisa mengakses atau melihatnya dengan bebas. Yang ditakutkan terjadi seperti yang dijelaskan diatas (dampak negatifnya).

Pertanyaannya. Sebagai muslimah yang mengerti agama, untuk siapakah Anda memasang foto di sosial media? Silahkan Anda memikir dengan sebaik-baiknya.


Allah SWT menyuruh hambanya baik muslim dan muslimah untuk selalu menjaga pandangannya terhadap lawan jenis bukan mahramnya, dan juga untuk saling menjaga diri masing-masing.


Sadarkah Anda ketika mengupload foto di internet, secara tidak langsung Anda sedang setuju bahwa Anda merasa senang bila orang lain melihat diri Anda melalui foto tanpa hambatan. Dimakah letak kehormatan diri Anda di depan orang lain? Silahkan Anda jawab sendiri. 


Beberapa hal lainnya sangat penting untuk Anda ketahui :


1).Tahukah Anda, semakin banyak para laki-laki memandang foto Anda dan senang atau tergiur. Bukan laki-laki saja yang dosa, Anda juga berdosa malah sampai berkali lipat (3 kali lipat).
2).Jika setiap hari banyak laki-laki suka dengan foto Anda baik wajah, badan atau lainnya dan sangat berhasrat padamu, maka dosamu akan bertambah setiap hari.
3).Setiap senyum foto di sosial media, bukan sedekah yang didapatkan malah petaka, karena banyak para laki-laki yang senang dengan senyumanmu dan juga tertarik. Dan laki-laki tersebut bukanlah mahrammu, sungguh banyak dosa yang didapatkan. Apalagi foto dirimu tersenyum plus dengan tubuhmu yang menggoda para laki-laki.
4).Bagi para perempuan yang sudah menikah sungguh besar dosanya jika menampakkan kecantikan di sosmed agar dilihat laki-laki lain. Ketahuilah bila Anda menjaga kecantikan hanya untuk suami, Insya Allah akan dibalas oleh Allah menjadi penghuni surga-Nya.
Bila Anda menyebar atau mengumbar kecantikan Anda meski lewat foto. Bersiaplah menerima azab Allah yang pedih. Hanya dengan foto saja bisa membuat seorang perempuan menanggung dosa yang besar. Naudzubillah.
Sahabat renungan Islam khususnya perempuan, sungguh besar dosa yang diterima seorang perempuan jika tidak menyadari bahwa dari foto-foto dirinya mengantarkan azab bagi diri sendiri. Allah SWT akan menunjukkan azab-Nya pada hari akhirat kelak.
Bila Anda perempuan muslimah yang cerdas segera mengganti foto di sosial media dan menghapus foto yang tidak layak menjadi lebih layak. Terpenting bersegeralah bertaubat kepada Allah SWT, hanya kepada-Nya tempat memohon ampunan. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Jazakumullah.