Hukum Sulam Alis dalam Pandangan Islam. Wanita Baca Ini - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Hukum Sulam Alis dalam Pandangan Islam. Wanita Baca Ini

Tren sulam alis sudah lama menjakiti perempuan-perempuan metropolitan di Indonesia. Para artis yang perempuanpun tidak ketinggalan mengikuti mode seperti ini (fashion). Kaum perempuan sangat senang dengan fashion dan cepat mengikuti mode, seperti halnya dalam keindahan alis. Sering kita melihat alis seorang  perempuan ada yang diberikan kosmetik, ada yang ditipiskan dan ada pula sulam alis.

Ilustrasi
Sebagai muslimah yang taat kepada Allah SWT dan juga Rasulullah SAW harus mengetahui bagaimanakah sulam alis tersebut dalam pandangan Islam. Silahkan simak ulasan lebih lanjut.


Dalam riwayat Bukhari, hadits Rasulullah yang artinya ; “Rasulullah SAW melaknat perempuan-perempuan yang meminta dicukur alisnya.”


Mencukur alis memang bagian dari untuk memperindah atau mempercantik diri, ini salah satu cara mempercantik diri yang berlebihan. Terlebih niatnya untuk tampil cantik dihadapan bukan mahram tentu haram dilakukan seorang perempuan. 

Imam Thabrani meriwayatkan istri Abu Ishak, bahwa suatu hari dia pernah datang ke rumah Aisyah. Istri Abu Ishak waktu itu masih gadis dan masih senang dengan kecantikan. Kemudian dia bertanya:

“Bagiamana hukumnya perempuan-perempuan yang menghias mukanya untuk kepentingan suaminya?”

Maka Aisyah menjawab:

“Hilangkanlah kejelekan-kejelekan yang ada pada kamu itu sedapat mungkin.”


Sahabat renugan Islam, berhiaslah sesuai dengan aturan dengan sedikit mempercantik diri jangn sampai belebihan. Jika memang harus dirapikan, ya dirapikan saja jangan sampai mencukur habis bulu alis.


Dalam mazhab Hambali membolehkan perempuan mencukur rambut diwajah jika seizin suami, karena itu adalah bagian dari berhias. Berlaianan dengan Imam Nawawi yang menyebutkan mencukur rambut dahi itu tidak boleh sama sekali, mengatakan bahwa hal itu bukanla bagian dari berhias.

Meskipun demikian ikutlah hadits Rasulullah SAW. Jangan sampai diri terlaknat karena mencukur alis. Jika ingin sedikit merapikannya boleh saja sesuai dengan menghias muka dari yang jelek perkataan Ummi Mukminin Aisyah. Semoga bermanfaat untuk semua.