Inilah 10 Keajaiban Bersedekah yang Sangat Luar Biasa - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 10 Keajaiban Bersedekah yang Sangat Luar Biasa

Didalam agama Islam kita semua diajarkan untuk saling menolong antara sesama manusia, terlebih membantu orang yang membutuhkan. Didunia ini tidak semua orang memiliki kesempatan untuk hidup lebih layak (sederhana) dengan mampu mencukupi sehari-hari. Banyak orang yang hidup dalam garis kemiskinan. Sebagai muslim yang taat kita dianjurkan untuk bersedekah bagi orang-orang fakir dan miskin. Dibalik bersedekah sungguh besar keajaiban yang kita dapatkan.


Semenjak kedatangan Rasulullah SAW kurang lebih 1400 tahun yang lalu. Baginda Rasul mengajarkan agar umatnya untuk memperhatikan orang lain. Jangan selalu memperhatikan diri sendiri, apalagi hidup sudah berkecukupan. Sayyidina Umar bin Khattab bahkan pergi sendiri untuk memasak dan menyuapi makanan untuk masyarakatnya yang sedang kelaparan.

Berikut ini ulasan keajaiban bersedekah yang diambil dari hadits-hadits Rasulullah SAW :

1.Sedekah bisa melepaskan pelakunya dari bencana. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya sedekah dapat menolak 70 pintu bencana."

2.Sedekah merupakan obat penyakit bagi tubuh. Rasulullah SAW bersabda "Obatilah penyakitmu dengan bersedekah"

3.Sedekah sebagai pertahanan untuk diri sendiri. Hal ini dinyatakan dalam hadits Rasulallah SAW yang artinya "Bentengilah harta sedelah"

4.Sedekah bisa menambah sesama keakraban sesama muslim. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah dapat menutup kemurkaan Allah."


5.Bersedekah juga sebagai hadiah. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah adalah hadiah. Maka, berikanlah hadiah kepada teman pergaulanmu dan berkasih sayanglah kalian dengan saling memberi sedekah."



6.Sedekah dapat menjadikan keberkahan umur seseorang. "Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah dapat menolak musibah serta dapat menambah keberkahan umur."



7.Sedekah mampu menanamkan rasa belas kasihan di dalam hati. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mendapatkan kesedihan hati, maka berikanlah sedekah."



8. Sedekah sebagai syafaat pada hari akhirat nanti (pertolongan pada hari kiamat). Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya yang akan menaungi orang mukmin pada hari kiamat kelak adalah sedekah."



9. Sedekah mendapat balasan (pahala) yang besar dari Allah SWT. Dalam sebuah atsar disebutkan, "Barang siapa bersedekah dengan sebiji tamar, kelak di hari kiamat dia akan mendapat pahala sebesar gunung yang berada di atas timbangan amalnya."



10. Sedekah juga sebagai wasilah menambah rezeki. Rasululah SAW bersabda, "Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan akan bertambah, akan bertambah, dan akan bertambah."



Demikianlah sahabat renungan Islam tentang keajaiban bersedekah yang tidak diketahui orang. Setelah membaca keajaiban tersebut tentunya Anda semua akan menyedekahkan sebagian harta Anda meskipun 100 perak saja. Terpenting bersedekahlah dengan hati yang ikhlas tanpa hati yang riya, meskipun hanya 100 perak akan dibalas dengan pahala yang besar oleh Allah SWT. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapat syafaat Allah SWT pada hari akhirat nanti, Amiin.