Inilah 10 Keajaiban Shalat Subuh yang Tidak Banyak Orang Mengetahuinya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 10 Keajaiban Shalat Subuh yang Tidak Banyak Orang Mengetahuinya

Shalat merupakan perintah Allah SWT yang harus dikerjakan atau dilaksanakan umat Islam dan sudah menjadi kewajiban. Sebagai Muslim/Muslimah yang taat kita semua senantiasa mengerjakan shalat. Shalat sendiri ada dua yaitu shalat wajib dan shalat sunnah. Shalat wajib sehari dalam lima waktu dan berjumlah 17 rakaat. Sedangkan shalat sunnah banyak seperti sunnah tahajjud, sunnah fajar, dhuha, witir dan lain-lain.

Pada kali ini penulis membahas tentang keajaiban shalat subuh. Meskipun demikian shalat-shalat lainnya juga banyak keistimewaan dan tetap sama dihitungkan pahala oleh Allah SWT, namun tergantung apakah ikhlas mengerjakannya ataupun dengan maksud lain. Berikut ini ulasan keajaiban shalat subuh yang tidak banyak orang mengetahuinya. Berikut selengkapnya:

Ilustrasi dua orang sedang shalat subuh (kanan memakai jubah sebagai imam)
1.Shalat subuh mendatangkan rezeki (faktor dimudahkannya rezeki seseorang).
Keajaiban shalat subuh yang pertama yaitu dilapangkan rezeki seseorang. Suatu ketika Rasulullah SAW seusai shalat subuh menjumpai putrinya masih dalam keadaan tidur. Maka Baginda Rasul tanpa sungkan membalikkan putrinya dan mengatakan. Bangunlah, saksikan rezeki dari Rabbmu, Allah SWT membagikan rezeki ke semua hamba-Nya antara subuh dan terbitnya matahari.

2.Shalat subuh selalu menjaga seorang Muslim dan Muslimah.
Bagi siapapun yang mengerjakan shalat subuh, Insya Allah akan berada dalam jaminan (lindungan) Allah SWT. Maka dengan itu jangan sampai Allah SWT mencabut jamina tersebut. Karena bagi yang tercabut jaminan dari Allah SWT dengan sebab apapun (karena suatu alasan) pasti akan tercabut. Allah SWT akan menenggelamkan wajah orang tersebut didalam Neraka Jahannam, Naudzubillah.

Bagi siapapun yang khawatir anak-anaknya masuk Neraka perintahkan (ajaklah) mereka dan sekeluarga untuk melaksanakan shalat subuh. Insya Allah sekeluarga selalu berada dalam jaminan Allah SWT. Bagi pemuda yang tidak ingin terkena fitnah godaan  perempuan mulailah pagi hari dengan shalat subuh. Insya Allah kalian akan dilindungi Allah SWT, amin.

3.Shalat subuh sama dengan Shalat satu malam penuh.
Bagi siapapun yang melaksanakan atau mengerjakan shalat Isya secara berjama’ah maka ia seperti mengerjakan shalat separuh malam. Dan barang siapapun yang mengerjakan shalat subuh berjamaah, maka ia seperti mengerjakan shalat satu malam penuh. Masya Allah sahabat sungguh besar nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

4.Shalat subuh menjadi tolok ukur keimanan seseorang muslim.
Perbedaan kita semua dengan orang-orang munafiq ialah menghadiri shalat Isya dan Subuh. Karena orang munafiq tidak sanggup mengerjakan atau menghadiri kedua shalat tersbut.

Shalat yang paling berat bagi orang munafiq adalah kedua shalat tersebut. Seandainya mereka mengetahui begitu besar pahalanya, mereka akan mengerjakan atau menghadiri meskipun dengan merangkak.

5.Shalat subuh menyelamatkan manusia dari siksa api Neraka Jahannam bagi yang mengerjakannya.
Keajaiban shalat subuh yang kelima yaitu seorang hambar Allah tidak akan masuk neraka jika melaksanakan Shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya. Insya Allah

6.Shalat subuh menjadikan seseorang masuk ke dalam Surga Allah SWT.
Barang siapa saja yang mengerjakan shalat bardain, ia akan masuk Surga. Shalat bardain ialah shalat subuh dan shalat ashar.

7.Shalat subuh juga mendatangkan nikmat paling besar yaitu nikmat melihat wajah Allah di Surga nanti. Amin
Rasulullah SAW bersabda jika penghuni surga telah memasuki surge, kemudian Allah berfirman. Apakah kalian ingin aku beri tambahan, mereka menjawab, bukankah engkau telah memutihkan wajah-wajah kami, bukankah engkau telah masukkan kami kedalam surga dan engkau selamatkan kami dari neraka.

Kemudian Rasulullah melanjutkan sabdanya. Kemudian dibukalah tabit, maka tidak ada lagi nikmat yang sangat besar daripada nikmat bisa melihat langsung Rabb mereka (Allah SWT). Inilah nikmat yang paling besar yang dirasakan manusia di Surga nanti. Insya Allah

8.Shalat subuh adalah suatu syahadah, bagi seseorang yang selalu memeliharanya.
Malaikat siang akan bergantian mendampingi manusia dengan Malaikat malam. Mereka semua (Malaikat) akan berkumpul pada waktu shalat subuh dan shalat ashar. Setelah itu, Malaikat yang menjaga manusia semalaman akan naik ke langit kemudian Allah SWT bertanya, bagaimana kalian meninggalkan hamba-hambaku, para Malaikat menjawab kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat dan mendatangi mereka dalam keadaan shalat juga.

9.Shalat subuh adalah kunci kemenangan bagi umat muslim.
Dalam riwayat Bukhari ; apabila Rasulullah SAW akan menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh

10.Mengerjakan dua rakaat salat subuh lebih baik daripada duni dan isinya.
Dua rakaat Shalat subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya. Dua rakaat itu lebih aku sukai daripada dunia dan seluruhnya. Dan sangat dianjurkan untuk mengerjakan shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh yaitu shalat sunnah fajar.


Demikianlah sahabat renungan Islam semua begitu besar keajaiban shalat subuh bagi seseorang yang selalu mengerjakannya dengan rasa penuh ikhlas dan mencintai Allah SWT dan juga Rasul-Nya. Semoga dengan membaca keajaiban shalat subuh ini, tidak lagi pernah telat shalat subuh, apalagi lalai. Semoga bermanfaat, jazakumullah.