Inilah 10 Kunci Rahasia Agar Selalu Tegar Menghadapi Cobaan Hidup - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 10 Kunci Rahasia Agar Selalu Tegar Menghadapi Cobaan Hidup

Adakalanya sebagai manusia biasa pasti mendapat ujian atau cobaan dari Allah Yang Maha Kuasa. Bahkan seorang Nabiyullah sekalipun menghadapi cobaan hidup, seperti Nabi Yunus yang ditelan ikan raksasa. Meskipun mendapat cobaan ditelan ikan raksasa, Nabi Yunus AS tetap tegar menghadapi ujian dari Allah SWT dan senantiasa beribadah kepada Allah.


Nah, kali ini penulis ingin berbagi 10 kunci rahasia agar menjadi tegar menghadapi cobaan hidup. Berikut ulasannya :

1. Sebagai umat Muslim, kita harus menyadari bahwa Allah SWT selalu dalam setiap langkah kehidupan kita.

2. Kita harus selalu berbaik sangka (mempunyai pikiran yang baik) kepada Allah SWT.

3. Selalu menggantungkan nasib kepada Allah SWT. Karena Allah yang memberikan kebaikan atau keburukan untuk kita semua. Jadi, jangan pernah mempunyai harapan kecuali hanya kepada Allah semata.

4. Harus selalu percaya di balik takdir Allah, Insya Allah ada hikmah paling indah.

5. Sebagai muslim harus mengetahui hakikat hidup di dunia ini, Insya Allah lebih indah, damai dan bahagia menjalani kehidupan ini.

6. Jika takdir menimpa kita, percayalah itu memang takdir Allah dan tidak meleset.

7. Selalu memohon atau berdoa kepada Allah SWT. Hanya kepada Allah satu-satunya tempat meminta.

8. Raihlah kunci kehidupan dengan selalu mendekatkan diiri pada Allah SWT.

9. Bersabarlah jika sedang dilanda cobaan yang berat. Ini menandakan Allah sayang pada hamba-Nya . Insya Allah pertolongan dari Allah semakin dekat.

10. Sebagai manusia jangan sampai mengeluarkan energi untuk berpikir tentang bagaimana pertolongan dari Allah. Bila Allah sudah berkehendak maka semua bisa terjadi tanpa ada yang menghalanginya.

Ke sepuluh hal diatas semua berhubungan antara Allah SWT dengan manusia. Sebagai manusia, kita menyadari bahwa sangat lemah di hadapan Allah SWT. Bila hidup sedang dalam kelinglungan, ketidak pastian dan patah semangat, Insya Allah sesudah mendapat kekuatan dari luar akan menjadi kuat sendirinya. Kekuatan dari luar itu ialah kekuatan yang datang dari Allah SWT yang diberikan untuk hamba-Nya.

Sahabat renungan Islam, sadarlah bila kita semua lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, memiliki jiwa yang sangat kuat, memiliki iman dan aqidah yang kuat. Maka dalam menjalani kehidupanpun tidak pernah mengalami kegundahan hati. Insya Allah jika sudah memahami 10 kunci lebih tegar menghadapi cobaan hidup.

Semoga bermanfaat, jazakumullah.