Inilah 11 Penyandang Disabilitas yang Menginspirasi Banyak Orang. Salah Satunya Tidak Memiliki Tangan dan Kaki - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 11 Penyandang Disabilitas yang Menginspirasi Banyak Orang. Salah Satunya Tidak Memiliki Tangan dan Kaki

Dari mana lagi kita mencari inspirasi dan motivasi. Ketika semangat akan pudar dan diri semakin berada di titik terendah, tetap termotivasi hal yang sangat penting untuk memacu adrenalin agar menjadi lebih semangat lagi.
Banyak di antara kita mungkin tidak menyadari betapa beratnya perjuangan dan rintangan yang di hadapi orang lain yang jauh lebih tidak sempurna dari kondisi fisiknya.
Siapapun berhak mengejar impian terbesarnya. Tidak memandang bagaimana kondisi seseorang tersebut sekarang.
Tahukah Anda tentang disabilitas !
Dikutip dari situs Wikipedia, disabilitas adalah  istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi.
Arti lainnya yaitu sebuah masalah pada fungsi tubuh atau strukturnya, suatu pembatasan kegiatan adalah kesulitan yang dihadapi oleh individu dalam melaksanakan tugas atau tindakan, sedangkan pembatasan partisipasi merupakan masalah yang dialami oleh individu dalam keterlibatan dalam situasi kehidupan.
Bahasa lain disabilitas yaitu difabel atau penyandang cacat.
Kenapa saya menulis tentang penyandang disabilitas.
Walaupun sebagian penyandang disabilitas ada yang menyerah karena keterbatasan fisiknya sehingga menjadikan orang tersebut menjadi pegemis atau lainnya. Saya ingin Anda lebih terbuka dengan melihat sebagian penyantang disabilitas lain yang menjadi inspirasi bagi semua orang.
Mereka Juga Bisa Menjadi Inspirasi Dan Motivasi Bagi Semua Orang Layaknya Mempunyai Fisik Yang Luar Biasa.
Hal yang tidak pernah kita sadari sampai sekarang, sebagai manusia dengan fisik dan mental sempurna, masih saja tidak mau berusaha dan bekerja lebih keras lagi. Terlebih jika ingin menjadi seorang yang sukses. Sukses itu telat dan datangnya tidak dalam semalam, jika Anda tidak mau bekerja lebih keras lagi.
Masih adakah rasa malas di dalam diri Anda. Jika masih ada, maka Anda belum siap dan belum bisa move on dari keterpurukan selama ini.
Jangan sia-siakan kesempatan selama Anda masih mempunyai kelebihan yang belum tentu di miliki orang lain. Semua masalah dan kesulitan yang Anda alami jadikan masa lalu. Masa depan tidak ada yang tahu.
Jika penyandang cacat (disabilitas) mampu bangkit dan meraih banyak impiannya, kenapa Anda tidak demikian.
Penyandang  Disabilitas telah memberikan banyak contoh, dengan semangat tinggi dan kerja keras, mencapai kesuksesan bukanlah suatu hal yang mustahil.
Disabilitas bukan suatu alasan tidak menjadi sukses. Doa, usaha dan kerja keras memberikan sebuah hasil maksimal di tengah terjalnya menjalani kehidupan ini.

Inilah 11 Penyandang Disabilitas yang Menginspirasi Banyak Orang. Satu Diantaranya Tidak Memiliki Tangan dan Kaki :

Inspirasi 1 – Nick Vujicic

Tanpa kedua kaki dan tangannya, dia seorang motivator  sukses.
Kisah pertama penyandang disabilitas yang sangat menginspirasi yaitu Nick Vujicic. Terlahir tanpa kedua anggota gerak atas dan bawah (tangan dan kaki) tidak membuat Nick putus asa.
Nick berasal dari Australia merupakan seorang motivator sukses lahir pada tanggal 4 Desember 1982 di Melbourne.

Selain menjalani hidup sebagai seorang motivator, Nick juga aktif sebagai rohaniawan gereja dan menjadi direktur organisasi Lifewithoutlimbs.
Dengan kondisi yang sangat keterbatasan Nick Vujicic mampu menyelesaikan studi kuliahnya di jurusan ekonomi Akuntansi.

Bagi seorang Nick Vujicic cacat merupakan bukan suatu halangan untuk seseorang menjadi sukses. Tuhan  Maha Adil dan Maha Penyayang, dengan kondisi seperti ini Nick sangat mensyukuri hidupnya dengan selalu berbagi antara sesama.

Sampai sekarang Nick sibuk mengisi acara-acara dengan tema motivator dan inspirasi di berbagai belahan dunia.

Inspirasi 2 – Xu Yuehua
Apakah Anda seseorang yang sangat bersosial tinggi? Atau Anda seseorang yang sangat penolong dan selalu berbagi kebahagian? Jika jawabannya iya, baca kisah di bawah ini.

Xu Yueha lahir sudah menjadi seorang yatim piatu sejak kecil di tambah dengan kecelakaan pada saat usia 13 tahun yang menyebabkan dia kehilangan kedua kakinya sungguh hidup yang malang bagi seorang Xu Yueha.

Sekarang Xu Yueha kini berusia hampir 60 tahun menghabiskan sisa hidupnya untuk bekerja di sebuah panti sosial dengan mengurus sekitar 130 anak-anak yang memerlukan kasih sayang setiap hari.

Hanya dengan menggunakan sepasang bangku kecil Xu Yueha tanpa pamrih membesarkan semua anak-anak panti sehingga anak-anak tersebut memanggilnya dengan sebutan mama bangku.

Inspirasi 3 – Anthony Robles


Jika Anda seorang penyuka olah raga gulat, sudah seharusnya mengetahui cerita tentang Anthony Robles.

Anthony Robles berasal dari Universitas Arizona saat berhasil menjuari kejuaran Nasional gulat di Negara Amerika Serikat. Lahir dengan satu kaki tidak meyurutkan niat Anthony untuk mendalami olah raga gulat. Bahkan, Anthony berhasil keluar menjadi juara Nasional dengan mengikuti turnamen gulat kategori kelas berat.

Anthony Robles membuktikan, menjadi penyandang cacat bukan suatu alasan berhenti mengejar impian.

Inspirasi 4 – Vinod Thakur


Berawal dari keikutan India Got Talent, Vinod Thakur di kenal dunia karena kebolehannya.

Kisah inspirasi ini datangnya dari India. Jangan hanya tahu tentang film-film Bollywood yang sangat sedih dan romantis. Kisah Vinod Thakur lebih dari film-film Bollywood.

Lahir tanpa kedua kaki, Vinod banyak menghabiskan waktu sebagai tukang service (reparasi handphone)di daerah tempat tinggalnya, hingga suatu hari Vinod mengetahui adanya acara Show Got Talent memberanikan diri untuk mengikuti ajang tersebut.

Bermodal keyakinan kuat, Vinod menghabiskan waktu selama 5 bulan untuk belajar menari (dancer) secara otodidak dengan mendownload video dari warnet dekat rumahnya. Vinod berhasil membawa pulang hadiah sebesar 500 juta lebih dari ajang India Got Talent.

Setelah ajang tersebut selelsai, kini Vinod Thakur menjadi pemuda India yang terkenal dan jago dancer Hip-Hop tanpa menggunakan kedua kakinya. Vinod juga sedang menyelesaikan studi kuliahnya
Inspirasi 5 – Italo Romano


Tanpa kedua kaki tidak menyurutkan Italo Romano untuk terus berkarya dan sukses.

Sejak remaja Italo Romano harus ikhlas karena kehilangan kedua kakinya karena sebuah kecelakaan.

Kini Italo Romano merupakan salah satu Skateboard Profesional. Sejak remaja dan sesudah kehilangan kedua kakinya Italo Romano menghabiskan waktu untuk belajar olah raga skate board. Italo sudah mengerti tentang kehidupan dan dia tahu bagaimana cara mengatasinya. Cacat tidak menyurutkan Italo untuk menegeluarkan bakatnya.

Inspirasi 6 – Kevin Connolly


Sungguh sangat sedih Kevin kecil yang mendapat perlakukan tidak menyenangkan.

Lahir tanpa ke dua kaki Kevin sudah terbiasa dengan tatapan aneh orang lain. Bahkan saat pertama kali ke Disney Land sewaktu kecil saat di bawa Ibunya, orang lain meliahat Kevin seperti suatu yang Aneh.

Sekarang Kevin Kelly merupakan seorang photographer alam yang hebat dan terkenal di dunia. Dan mengharuskan Kevin selalu bepergian di beberapa tempat belahan dunia.

Pada saat berada jauh dari tempat asalnya Kevin tidak menyangka banyak orang salah mengenai dirinya. Saat berada di Rumania orang mengira dia seorang pengemis, berada di Serbia orang mengira Kevin pernah di serang Hiu, bahkan di Montana orang-orang membelikan bir gratis untuknya dan berterimakasih atas jasanya menjadi tentara di Irak.

Wow ! Kisah yang sangat menyedihkan. Tapi, Kevin menjadi seorang yang lebih semangat dan kuat dari sebelumnya.

Inspirasi 7 – Bethany Hamilton
Kisah nyata yang diangkat menjadi film inspirasi “Soul Surfer”

Pernahkah Anda menonton film tersebut ? Jika belum, baca kisahnya .

Lahir di Hawai, Bethany begitu senang dengan olah raga selancar. Semasa kecilnya banyak di habiskan untuk belajar menjadi peselancar profesioanal.
Saat berusia 13 tahun, Bethany saat sedang mengikuti kompetisi lomba selancar, Hiu menyerangnya dan hampir merengut nyawanya. Dokter terpaksa mengamputasi sebelah tangannya akibat kejadian tersebut.

Dua bulan setelah kejadian yang menyerangnya, Bethany kembali berlatih selancar. Dua tahun kemudian dia berhasil menjuarai kejuaraan Nasional The Explore Woman Division Of The NSSA, dan kisahnya di angkat menjadi film inspirasi.

Inspirasi 8 – Hugh Herr


Panjat tebing bukan hanya bagi orang yang memiliki kaki.

Hugh Herr membuktikan pernyataan di atas. Seorang lulusan kuliah dari Universitas dengan title Doktoral. Hugh membuktikan kecelakaan yang menimpanya saat usia remaja karena terjatuh dari tebing, tidak melunturkan semangatnya untuk terus berlatih.

Dengan bantuan kaki prosthese, Dr Herr mampu melakukan hobinya memanjat tebing.

Karena kemampuan di bidang ilmiah, Dr Herr termasuk ke dalam salah anggota yang  terlibat dalam proyek mengembangkan teknologi baru untuk amputasi dan mendapat hibah dari Departemen Urusan Veteran USA.

Inspirasi 9 – Qian Hongyan
Tanpa bantuan ke dua kaki sukses menjadi perenang.

Qian Hongyan merupakan remaja putri yang berasal dari China. Sejak kecil Qian sudah kehilangan kedua kakinya. Ketika berumur 3 tahun sebuah kecelakaan mengerikan (tahun 2000) membuat kedua kakinya harus di amputasi .

Kisah Qian bermula saat dia mengikuti kejuaraan paraolimpic (turnamen olah raga khusus penyandang disabilitas) pada tahun 2012 di London. Qian sangat berambisi untuk menjadi pemenang.
Walaupun gagal di turnamen Paraolimpic, Qian sukses menginspirasi banyak orang. Dia membuktikan walaupun masih sangat remaja mempunyai impian besar untuk menjadi perenang sukses.

Sebelum mendapatkan kaki prostetik karena keterbatasan keluarga saat itu, Qian menggunakan bantuan bola basket untuk bergerak, hingga akhirnya pemerintah China terketuk dengan kisah Qian dan memberi bantuan kaki prosthetic.

Salut untuk Qian Hongyan tetap termotivasi dan tidak putus asa.
Sembilan penyandang disabilitas di atas berasal dari luar negeri semua.
Apakah dari Indonesia tidak ada yang menginspirasi ?
Berikut ini 2 kisah penyandang disabilitas Indonesia yang menginspirasi.
Inspirasi ke 10 – Irma Suryati
Keterbatasan, penghinaan dan ketidakadilan.

Bagi seorang Irma Suryanti ketiga hal di atas sudah biasa mengalaminya dalam kehidupan sehari-hari. Namun  dengan semangat dan ketekunan kini dia sukses memimpin 2500 karyawan.

Sejak menikah dengan sesama penyandang disabilitas. Irma bersama suami berusaha memikir supaya bisa hidup mandiri tanpa berharap belas kasihan dari orang lain.

Apa yang di lakukan Irma dengan suaminya ?

Memaksimalkan sisa-sisa kain dari penjahit dari lingkungan tempat tinggalnya. Irma di bantu suami mengerjakan proyek pengerjaan atau kerajinan tangan kain perca. Lambat laun usaha kerajinan kain perca yang semula di jual kepada orang terdekat mengalami permintaan yang pesat, Irmapun memutuskan merekrut pekerja.

Kini penyandang disabilitas ini berhasil memimpin perusahaan dengan total karyawan 2500 orang dan target penjualannya seluruh dunia.

Irma telah memberikan contoh dan teladan yang baik bagi semua orang supaya tetap semangat untuk mengejar impian.

Inspirasi ke 11 – Habibie Afsyah


Kelemahan  adalah kekuatan.

Siapakah Habibie Afsyah?

Mungkin sebagian dari Anda tidak banyak mengetahui tentang sosok penyandang disabilitas ini. Habibie merupakan seorang internet marketer tergolong sukses. Melalui program affiliasi Amazon dia sudah banyak mendapatkan penghasilan dari internet.

Selama ini Habibie banyak menghabiskan waktu di kursi roda karena keterbatasan fisiknya. Sejak kecil dia menderita lumpuh, orang tua Habibie sudah berusaha mencari pengobatan yang terbaik, namun Tuhan  berkehendak lain Habibie tetap mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa selama ini.

Karena kesuksesannya di bidang internet marketer, Habibie pernah di undan acara Kick Andy dan Habibie juga mendirikan yayasan yaitu  yayasan Habibie Absyah.

Apakah ada terbesit dalam hati untuk selalu berusaha dan bangun dari keterpurukan?

Stop menjadi orang yang sering beralasan, raih impian Anda mulai dari sekarang.