Inilah 5 Tanda Suami yang Tidak Menghargai Istrinya. Apakah Suami Anda Termasuk ? - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 5 Tanda Suami yang Tidak Menghargai Istrinya. Apakah Suami Anda Termasuk ?

Di dalam rumah tangga menghargai antara suami dan istri merupakan suatu keharusan yang harus selalu dipertahankan. Dengan bersikap seperti ini, akan lebih mudah mencapai kebahagian dalam membina rumah tangga. Selain itu juga bisa mendongkrak rasa kasih sayang antara suami dan istri, pastinya dengan salin menghargai hubungan terus menjadi harmonis.

Hubungan antara suami istri kadang kala juga mencapai titik dimana adanya sebuah terpaan angin, karena tidak selamanya hubungan suami istri selalu bahagia. Meskipun ada pasangan suami istri yang selalu bahagia, tidak semuanya hanya beberapa pasangan saja. Paling penting jika terjadi permasalahan didalam rumah tangga bijaklah menanggapi dan selalu bersikap dewasa jangan mengedepankan emosi.

Ilustrasi
Beberapa masalah yang sering timbul bisa saja istri kurang mendapat penghargaan dari suami atau suami tidak menghargai istrinya. Ini hany satu dari sekian banyak contoh yang dipaparkan penulis.  Inilah tanda seorang suami yang tidak menghargai istrinya, berikut ulasan lengkap dibawah ini :

1. Seorang suami yang suka emosi dan memukul istrinya
Untuk urutan pertama, tanda suami yang tidak menghargai keberadaan istrinya ialah sangat mudah marah dan terlalu mudah menjatuhkan tangannya (memukul istrinya). Suami seperti ini orangnya sudah pasti sangat gampang emosi dan tidak terlalu pintar mengelola emosinya. Jika melihat secara hokum Negara, hal itu (memukul) tidak dapat diterima dan bisa dipidanakan. Apalagi hukum Islam tentu azab Allah SWT sangat perih.

Dari Mu’awiyah Al-Qusyairiy bertanya kepada Rasulullah SAW : “Ya Rasulullah apakah hak istri terhadap kami? Rasulullah SAW menjawab:Memberinya makan jika kamu makan, memberinya pakaian jika kamu memakai pakaian, jangan memukul wajah, jangan menghinanya, dan jangan menjauhinya kecuali dalam rumah.” (Abu Daud)

2. Suami yang menganggap istrinya menghabiskan hartanya (uang suami), padahal tidak demikian.
Tanda lainnya seorang suami tidak menghargai istrinya ialah selalu menganggap sang istri menghabiskan hartanya. Padalah dilihat dalam pandangan Islam, suami yang tidak menafkahi istrinya dianggap telah melakukan dosa dan mendapat azad dari Allah SWT. Sudah kewajian suami mencari nafkah untuk istrinya. Dan sang istri tentu membelanjakan nafkah dan harta suaminya untuk keperluan rumah tangga dan sesuai kebutuhan jangan sampai berlebihan.

Untuk para suami ketahuilah bahwa istrimu dengan penuh ketulusan melayanimu setiap hari dan mematuhi serta mentaatimu. Jangan sampai ada dibenak pikiranmu mengatakan istri suka menghabiskan harta dan menguras nafkahmu. Kalau memang itu sudah keperluan keluarga, bersyukurlah dan berdoa kepada Allah SWT agar rezekimu ditambah oleh Allah SWT. 

3.Tidak lagi meminta pendapat istri (mengajak berdiskusi). Suami yang mengambil keputusannya sendiri

Tanda selanjutnya seorang suami tidak menghargai istrinya ialah tidak menempatkan atau mengajak serta istrinya saat mengambil keputusan terhadap sesuatu hal yang terjadi. Bahkan suami seperti ini secara sepihak memutuskan permasalahan tanpa diketahui atau disetujui oleh istrinya.

Meskipun posisi suami dalam rumah tangga sebagai pemimpin tidak boleh berlaku demikian. Bukankah pemimpin yang baik selalu mengajak serta beberapa orang bawahannya dalam menentukan apa yang akan diputuskan. Sebagai suami, baiknya meminta pendapat istri dan mengajak diskusi agar mendapat hasil yang baik dan pastinya untuk kepentingan bersama. Pastinya  dengan selalu berdiskusi antara suami dan istri menambahkan rasa harmonis dan kebahagiaan.

4. Suami yang membiarkan istrinya mencari nafkah sendiri, padahal ia mampu mencari nafkah dan membiarkan istri membeli sesuatu dengan keringatnya sendiri.

Seperti pada poin diatas dan artikel sebelumnya sangat besar dosa suami yang tidak memberikan nafkah pada istrinya jika ia (suami) memiliki harta dan nafkah yang cukup. Jika memang kurang mencukupi, istri bekerja untuk membantu tidak masalah sama sekali asalkan tidak ada keributan dengan hal demikian dan juga istri bekerja harus dengan izin suaminya.

Sebagai suami yang taat kepada Allah SWT, janganlah menjadi orang yang bermalas-malasan hanya menghabiskan waktu untuk tidur, tidak mengerjakan sesuatu yang menghasilkan. Jangan sampai membiarkan istri mencari nafkahnya sendiri untuk membiyayai hidupnya dan juga anak-anak kalian berdua. Apalagi suami memakan harta istrinya sungguh seorang suami yang memalukan jika seperti ini. Sebagai laki-laki maksimalkan potensi diri untuk mencari nafkah dan selalu berdoa dan semangat dalam bekerja.

5. Membuka aib istrinya di hadapan orang lain

Sebagai tanda paling terakhir, seorang suami yang tidak menghargai istrinya ialah yang membuka aib istrinya dihadapan orang lain atau teman-temannya. Walaupun ia sekedar curhat atau ngobrol-ngobrol biasa saja, hal ini sangat dilarang oleh Allah SWT. Jangan sampai seorang suami menjadikan istrinya sebagai bahan hinaan orang lain. Jadilah seorang suami yang bersabar, jika memang istrimu bersalah tegur dia, berikan nasehat dan bertanya kenapa ia demikian. Itu sangat lebih baik dibandingkan dari membuka aibnya.

Sahabat renungan Islam semua, khsusnya bagi yang sudah berumah tangga dan untuk suami janganlah tanda-tanda seperti diatas ada pada dirimu yaitu tanda seorang suami yang tidak menghargai istrinya. Hargailah istrimu, ia yang menjaga anak-anakmu dan melayanimu sepanjang hari dengan sepenuh hati. Semoga menjadi keluarga bahagia yang sakinah, mawaddah dan warrahmah, Amin.