Inilah 5 Teknik Terapi Psikologi yang Paling Unik - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 5 Teknik Terapi Psikologi yang Paling Unik

Dalam menghadapi berbagai macam persoalan dan permasalahan. Tidak sama antara satu orang dengan orang lain. Sebagian bisa menyelesaikan tanpa perlu bantuan para terapis. Apa jadinya jika Anda harus membutuhkan terapis sebagai tempat meminta bantuan. Selama ini diketahui banyak teknik terapi psikologi bisa menolong gangguan psikologis seseorang.

Ketika kebanyakan orang berpikir bahwa tekik terapi psikologi sepertinya sesuatu yang biasa-biasa saja, seperti terapi dengan hipnoterapi. Pada kenyataannya sangat luas. Berikut ini saya mempunyai referensi terknik terapi psikologi, diantaranya mungkin Anda belum pernah mengetahui:


1 - Menunggang Kuda
Sekarang menunggang kuda tidak lagi menjadi kebiasaan mewah bagi orang kaya. Belajar merawat, membersihkan dan menaiki kuda termasuk salah satu teknik terapi psikologi untuk membantu seseorang. Bukan perkara mudah merawat kuda hingga menjadi jinak. Harus dengan kesabaran dan membangun hubungan emosional yang baik supaya kuda bisa dikendalikan. Dan hal ini , pasien akan merasa lebih senang karena mengurus semuanya sendiri sejak mulai pertama hingga kuda tersebut seperti kawannya sendiri.

Teknik terapi psikologis ini sudah mulai dilakukan Negara-Negara maju. Terapi dengan menunggang kuda, termasuk kedalam kategori Pet Terapi.

2 - Bermain Catur
Bermain catur termasuk salah satu teknik terapi psikologi yang sudah lama diperkenalkan. Tepatnya pada mulai tahun 852-932 M oleh Rhazes yang merupakan seorang dokter kepala rumah sakit di Baghdad (Irak). Sejak itu permainan catur mewakili masalah kehidupan sehari-hari, karena catur memiliki seorang raja dan ratu serta prajurit-prajuritnya. Dan orang yang bermain dapat mengeskplorasi permasalahan seperti konflik dan pengambilan keputusan.

Studi kasus pernah melaporkan bahwa anak 16 tahun dengan penderita skizofrenia yang merasa sangat emosional dan terisolasi dengan orang lain, sangat baik jika bermain catur. Saat anak penderita skizofrenia berjuang untuk membangun hubungan dengan orang lain, bermain catur bisa membantunya sebagai terapi dan mitra yang bagus.

3 - Terapi Bermain Pasir
Pernahkah Anda menghabiskan waktu dipantai dengan bermain pasir. Nah, kegiatan ini termasuk salah satu teknik terapi psikologis. Seperti terapi bermain catur, ini ditujukan bagi pasien yang sulit membangun hubungan dengan orang lain. Anak-anak atau orang dewasa kadang menyampaikan perasaan mereka melalui kegiatan seperti saat sedang membangun sebuah patung dari pasir dipantai tanpa menyampaikan sepatah kata apapun.

Terinspirasi dari Carl Jung , seorang psikologis Swiss Dora Kalf mengembangkan teknik terapi bermain pasir (Sand Play Terapi) untuk berkomunikasi dengan pasiennya. Kebanyakan dari mereka kesulitan berbagi cerita atau perasaanya akibat dari trauma masa lampau.

Dora Kalf menyediakan sebuah nampan berisi pasir, dan berbagai macam patung. Kemudian pasien diminta untuk membuat patung dari pasir dan mainan-mainan. Hasilnya dapat mencerminkan masalah nyata dalam kehidupan pasien.

Kebanyakan pasien anak-anak akan membuat patung atau mainan dengan karakter-karakter tokoh jahat atau tokoh agresif. Sebagai terapis harus jeli menangkap permasalahan yang dihadapi anak tersebut dirumah mereka. Teknik ini sangat membantu terapis untuk membantu pasien-pasien masih berusia anak-anak.

4 - Berkebun
Coba bayangkan kesabaran dan pengetahuan yang diperlukan untuk menumbuhkan benih kecil hingga menjadi tanaman besar. Seorang terapis menggabungkan kecintaan pasien terhadap alam. Sama seperti menunggang kuda, perlu kelatenan supaya benih menjadi sebuah tanaman yang kuat.

Teknik terapi psikologi ini sangat baik bagi mereka yang mengalami kecacatan permanen (baca kisah inspirasi dari penyandang cacat) dan sebagian diantaranya menimbulkan trauma psikis. Walaupun selalu menggunakan kursi roda atau lainnya, mereka (pasien) dapat berinteraksi langsung dengan memperhatikan setiap pertumbuhan sebuah tanama mulai sejak awal. Mereka tahu apa yang harus dikerjakan setiap hari agar tanaman tersebut terus tumbuh. Dan mereka tidak mau melewatkan satu atau dua hari tanpa memperhatikan tanaman tersebut. Tentu hal ini membantu mereka menjadi lebih bahagia.

5 - Hipnoterapi
Hipnoterapi tampaknya seperti trik sulap yang sering ada dalam acara-acara televisi. Padahal jika ditelisik lebih jauh, ini termasuk kedalam teknik terapi psikologi. Sebenarnya hipnoterapi memiliki kekuatan membantu orang untuk masuk kealam bawah sadar, dan menceritakan semua permasalahan yang terjadi. Hipnoterapi mampu mengubah perilaku tidak baik seseorang menjadi lebih baik lagi, seperti merokok dan lain-lain.

Dengan hipnoterapi orang akan menjadi lebih rileks dan dapat menghilangkan stress. Ini bisa dilihat saat hipnoterapi dimulai, dimana terapis meminta pasien untuk mengikuti kata-katanya.Dan selama hipnoterapi berlangsung, terapis akan membimbing pasien agar menjalani hidup yang lebih sehat , seperti saran tidak merokok lagi.

Diera modern ini, tidak ada yang perlu ditakutkan berkaitan hipnoterapi. Di Indonesia sudah mulai dikembangkan teknik terapi psikologis hipnoterapi. Jika Anda ingin mencobanya datangi terapis-terapis yang mempunyai surat izin atau membuka praktek secara legal.

Diatas merupakan teknik terapi psikologi yang diaplikasikan oleh banyak terapis diberbagai Negara. Dengan kemajuan ilmu kesehatan semakin modern, teknik terapi psikologi tidak hanya sebatas berbicara dengan pasien-pasien saja.  Terimakasih sudah berkunjung.