Inilah 7 Kasus Bunuh Diri Massal Paling Mengerikan di Dunia. Indonesia Termasuk Salah Satunya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 7 Kasus Bunuh Diri Massal Paling Mengerikan di Dunia. Indonesia Termasuk Salah Satunya

Semua agama tidak mengajarkan seseorang untuk bunuh diri. Terlebih di dalam Islam, yang melakukan bunuh diri akan mendapat azab dari Allah SWT. Sebagai umat Muslim yang taat meskipun hidup banyak masalah, jangan pernah bunuh diri, masih ada jalan keluar dengan berdoa kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan. Kebanyakan orang yang bunuh diri karena permasalahan yang dihadapi seperti di Jepang terkenal dengan ‘Harakiri’, orang yang memilih bunuh diri demi harga dirinya. Naudzubillah.

Bunuh diri kerap terjadi di berbagai kota-kota besar. Bahkan bunuh diri tidak dilakukan oleh satu orang, melainkan dilakukan secara bersama-sama. Dalam 100 tahun terakhir Dunia dihebohkan dengan kasus bunuh diri massal yang sangat mengerikan. Mengapa akhirnya ribuan orang bunuh diri secara massal, Berikut ulasan selengkapnya :


1. Kasus Bunuh Diri Demmin, Jerman

Kasus bunuh diri massal yang mengerikan juga terjadi di Jerman. Kejadian ini berlangsung pada tahun 1964, dimana sekitar 1000-an orang bunuh diri akibat kepanikan karena Tentara Soviet. Warga sangat khawatir akibat kerusuhan besar yang melanda waktu itu dan memilih bunuh diri.
Warga yang memilih bunuh diri beramsumsi jika sudah mati lebih mudah menuju Surga daripada hidup di Dunia tapi seperti Neraka. Diantara mereka memilih bunuh diri seperti terjun ke sungai, gantung dan lain-lain.

2. Bunuh Diri California, Amerika Serikat

Kejadian bunuh diri massal yang terjadi di California karena kepercayaan yang salah dari sekte sesat. Para pengikut sekte sesat ini begitu yakin pengorbanan diri salah satu jalan menuju Surga. Kejadian ini sendiri terjadi pada tahun 1997. Sebanyak 39 orang sekte tersebut memilih bunuh diri agar hidup tenang menuju Surga.

Kasus bunuh diri ini termasuk aneh, beberapa pengikut sekte sesat tersebut yakin arwah mereka akan dijemput kapal alien dan mereka akan dibawa ke Surga. Orang-orang tersebut lalu menyewa satu tempat dan memakai baju yang sama serta minum alcohol yang dicampur racun. Kemudian kepala mereka ditutup dengan plastik.


3. Bunuh Diri Pengikut Sekte Aneh Pemuja Pura Matahari
Kasus bunuh diri ini juga termasuk aneh. Mereka merupakan pengikut sekte yang dibawa Luc Jouret Joseph. Sekte ini memaparkan kehidupan ini adalah ilusi menyesatkan. Jika mengakhiri hidup, para penganut sekte ini akan lahir kembali di dunia baru dan dijemput anjing bintang bernama Sirius dan menolong mereka menuju keabadian. 

Pada  ada beberapa pengikut sekte ini  mati di Swiss di duga bunuh diri. Satu tahun berselang di Negara Perancis diketahui 16 pengikut sekte ini juaga mati karena bunuh diri. Pada tahun 1997 kembali pada diketemukan orang yang meninggal dunia bunuh diri di Quebec, Canada. Momen ini kembali berlanjut, diperkirakan sebanyak 74 orang pengikut sekte ini bunuh diri.

4. Bunuh Diri Saipan, Jepang

Bagi Jepang harga diri lebih utama dibandingkan lainnya. Pada tahun 1944 saat perang dunia di Saipan, tentara Jepang terdesak saat melawan pasukan sekutu. Saat itu sekutu menang dan menguasai beberapa pulau besar.


Akibat terdesak dari tentara sekutu, tentara dan rakyat di pulau Saipan tidak tahu harus berbuat apa.  Mereka memilih ‘harakiri massal’ ketimbang menyerah kepada sekutu. Sekitar kurang lebih 10 ribu orang bunuh diri saat itu. Lebih baik mati daripada menyerahkan sebuah harga diri.

5. Bunuh Diri Jonestown, Guyana
Kasus bunuh diri lainnya terjadi di Jonestown Guyana. Sekte ini dipimpin oleh Jim Jones. Pemerintah Guyana sempat memprotes kehadiran sekte sesat ini dengan jumlah pengikutnya sekitar 900 orang lebih. Jim Jones memprovokasi warga menentang pemerintah. Ia mengatakan pemerintah akan mencari dan menindak pengikut sekte sesat ini, akibatnya pengikut sekte 900 orang tersebut merasa ketakutan jika diperiksa pemerintah dan disiksa (padahal belum tentu benar). Akibat provokasi Jim Jones akhirnya semua pengikut sekte tersebut memilih bunuh diri dan diantaranya terdapat 276 anak-anak. Sangat miris memang.

6. Bunuh Diri Texas, Amerika Serikat
Kejadian di Texas ini cukup membuat FBI heboh dan harus melakukan investigasi terkait masalah ini. Bunuh diri massal di Texas terjadi karena sejumlah 76 orang yang mengikuti ajaran sekte sesat bernama Branch Davidians memilih membakar gedung tempat mereka ibadah.


Pada saat itu FBI memaksa mereka untuk keluar dan tidak menutup diri. Namun apa yang terjadi, pemimpinnya menembakkan peluru ke gas dan sampai meledak. Seluruh gedung habis dilahap api dan pengikutnya mati terpanggang.

7. Bunuh Diri Massal di Bali, Indonesia
Ternyata di Indonesia juga pernah terjadi kasus bunuh diri. Ini berlangsung pada tahun 1906 di Bali. Ketika itu Belanda masih menjajah Indonesia termasuk Bali. Orang-orang Belanda masuk kedalam keluarga kerajaan yang ada di Bali yaitu Denpasar. Akibatnya Raja dan rakyat tidak dihormati dan sama sekali tidak dihargai oleh Belanda.

Pada akhirnya Raja dan semua rakyat berkumpul di lapangan. Raja menyuruh pendeta menikamkan belati ke arahnya. Lalu semuanya rakyat ikut bunuh diri dan membunuh orang didekatnya. Sekitar 1000 an orang mati dalam kejadian bunuh diri ini.


Kasus-kasus diatas sangat miris dan mengerikan, akibat pemahaman yang salah banyak orang menjadi korban bunuh diri dan mati sia-sia. Seharusnya sebagai manusia harus menerima kenyataan hidup dan terus berusaha dan berdoa. Semoga peristiwa tersebut tidak terjadi pada masa-masa akan datang.


Khususnya untuk umat Muslim, Allah SWT melarang hamba-Nya melakukan perbuatan bunuh diri. Ini termasuk kedalam dosa besar. Jika mengalami masalah dalam hidup hadapilah dengan kesabaran, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Insya Allah, menjalani hidup lebih mudah dan ringan.

Wallahualam