Ternyata, Inilah 8 Dosa yang Menghalangi Jodoh. Nomor 3 Paling Sering Dilakukan - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ternyata, Inilah 8 Dosa yang Menghalangi Jodoh. Nomor 3 Paling Sering Dilakukan

Sebagai manusia kita mempercayai takdir yang telah ditentukan Allah. Dalam urusan jodoh Allah jualah yang menetapkannya dan sudah menjadi rahasia Ilahi. Banyak diantara sahabat-sahabat kita yang menjalin hubungan dengan pasangannya namun pada akhirnya mereka tidak berjodoh. Namun, baru berkenalan beberapa hari langsung memutuskan menikah.

Manusia hanya bisa berusaha dalam mendapatkan jodoh. Ada yang mudah, namun ada juga yang sulit dalam usahanya tersebut. Meskipun usia sudah cukup untuk mengarungi rumah tangga, namun apa daya jodoh belum datang juga. 

Jika jodoh adalah urusan Allah, maka tidak kunjung dapat jodoh juga disebabkan karena Allah. Hal ini biasanya terjadi karena dosa yang dilakukan pribadi manusia. Dosa-dosa ini tanpa sadar menutup rezeki mereka untuk mendapatkan pasangan hidup. Berikut ini rangkuman dosa yang dapat menghalangi jodoh.

Seperti diatas, jodoh ialah hak Allah. Allah yang menentukannya, jika belum berjodoh maka itu keputusan Allah. Sebagai manusia mungkin masih banyak dosa-dosa yang ada didalam jiwa dan belum bertaubat dengan benar sehingga dosa-dosa tersebut menghalangi jodoh dari Allah SWT. Selain menghalangi jodoh, juga menghalangi rahmat dan berkah dari Allah SWT. Berikut ulasan 8 Dosa yang Menghalangi Jodoh :


1. Perbuatan Menyekutukan Allah (Syirik)
Tidak sedikit orang yang melakukan hal-hal aneh sebagai usaha mendapatkan jodoh. Ada beberapa orang memutuskan untuk berkonsultasi dengan orang pintar atau dukun terkait masalah jodohnya. Padahal ini merupakan bentuk menyekutukan Allah SWT yaitu meminta pertolongan selain kepada-Nya. Selain itu masih ada juga yang menghabiskan waktu untuk memakai jimat atau hal-hal lainnya yang berbau mistis.

Sebaiknya jika berbuat demikian tinggalkanlah. Memohon hanya pada Allah, memanjatkan doa hanya pada Allah bukan pada lainnya. Tinggalkan perbuatan-perbuatan yang menjurus pada syirik. Naudzubillah.


“Janganlah sekali-kali kamu diperdayakan dunia & diperdayakan para penipu yang mengatasnamakan Allah” (QS 31:33)


“….musyrik laki-laki berjodoh dengan musyrik perempuan, laki-laki yang berperilaku buruk dengan perempuan yang berperilaku buruk juga.” ( QS 24:3&26).

Sebaiknya mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mudah mendapatkan jodoh. Allah lah yang memberikan jodoh pada kita semua hamba-hamba-Nya. Selalu berikhtiar agar dimudahkan dalam urusan jodoh.

2. Jarang beribadah (Shalat datau Melalaikan Shalat)

Sekarang para remaja dan dewasa muda begitu mudahnya mereka meninggalkan shalat. Diantara mereka bahkan tidak pernah menyesal karena meninggalkan shalat. Shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Tidak ada alasan meninggalkannya kecuali bagi orang dengan kondisi tertentu.
Bukankah mengharapkan jodoh yang baik. Bagaimana baik jika diri sendiri tidak dekat dengan Allah. Selain meninggalkan shalat, mungkin masih melalaikan dalam mendirikan shalat. Padahal dengan shalat dan berdoa, Insya Allah jodoh akan dimudahkan.
Maka kecelakaanlah bagi orang2 yang shalat (yaitu) orang2 yang lalai dari shalatnya.” (QS 107:4-5)

3. Melakukan perbuatan berzina

Perbuatan zina salah satu perbuatan yang diharamkan dan membuat Allah murka. Perbuatan zina menjerumuskan manusia dalam kehinaan baik di dunia dan di akhirat nanti. Zina juga membuat manusia lupa diri dan tidak pernah ingat kepada Allah SWT. Perbuatan zina juga menghalangi bagi manusia untuk mendapatkan jodoh. Meskipun mendapatkan jodoh, namun sama-sama sebagai penzina.

Alangkah baiknya agar dimudahkan jodoh oleh Allah sebaiknya bertaubat atas perbuatan zina yang telah dilakukan. Bertaubatlah dengan taubat nasuha dengan berjanji pada diri sendiri dan berjanji pada Allah tidak akan mengulangi perbuatan kotor tersebut.

4. Durhaka kepada kedua orang tua

Sebagai anak, sudah kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua, baik ketika orang tua masih hidup dan juga orang tua sudah meninggal. Ridha orang tua juga ridha Allah SWT. Jangan pernah berbuat dosa terhadap orang tua. Bukan hanya jodoh yang terhalang, urusan rezekipun bisa seret.

Allah sangat murka bagi seorang anak yang durhaka pada kedua orang tua. Durhaka pada orang tua bukan hanya dari perbuatan, hanya berkata ah saja sudah di hitung durhaka pada kedua orang tua.
Sebaiknya minta maaf pada kedua orang tua jika pernah berbuat salah. Dan mintalah di doakan agar mudah mendapat jodoh. Ingat, tidak ada pembatas doa orang tua pada anaknya.

Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka, ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. 17:23).


5. Memutuskan hubungan silaturrahmi

Memutuskan tali silaturrahmi sesama saudara muslim juga berakibat tertundanya rahmat dan berkah dari Allah SWT. Hal ini juga akan berdampak dalam urusan jodoh yang ditunda oleh Allah. Nah, kalau masih memutuskan silaturrahmi, maka perbaikilah. Mari bersilaturrahmi dengan sanak saudara muslim kembali.

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri anda dihadapan Allah supaya kamu mendapat rahmat”. (QS.49:10)

6. Mengadu domba dan sifat menggunjing terhadap saudara muslim lain.

Kebanyakan orang suka mengadu domba dan bersifat mengunjing orang lain. Bahkan kedua hal ini bisa menimbulkan fitnah. Oleh sebab itulah fitnah lebih tajam daripada pedang. Karena dua hal ini menyebabkan jodoh ditahan oleh Allah SWT.

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan kecurigaan, karena sebagian dari kecurigaan itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentu kamu merasa jijik kepadanya.” (QS 49:12)

BACA JUGA LAINNYA
Ternyata Jika Durhaka Pada Kedua Orang Tua Azab di Segerakan di Dunia
Hikmah Menyayangi Binatang Sebagai Syafaat Pada Hari Akhirat Nanti
Inilah 5 Perbuatan Perempuan yang Dicatat Sebagai Zina Meskipun Tidak Berzina

7. Memakan rezeki yang haram

Pada artikel sebelumnya penulis juga sudah membahas dampak buruk dari mengkonsumsi hasil dari haram. Ternyata rezeki yang haram juga mengakibatkan tertahannya jodoh. Carilah rezeki yang halal dengan mengharapkan ridha dari Allah SWT. Dan paling penting keluarkan zakat jika sudah tercapai.

8. Jarang atau tidak pernah bersedekah

Satu hal ini juga menjadi penyebab jodoh seseorang masih belum dilancarkan  oleh Allah. Sebagai salah satu upaya mendapatkan jodoh yaitu banyak bersedekah di jalan Allah. Jika diri sangat berat untuk bersedekah, pastinya akan berat juga mendapat rahmat dari Allah, tentu jodoh datangnya juga berat. Banyak orang yang bersedekah agar jodohnya cepat datang.

Sahabat renungan Islam, itulah 8 dosa yang menghalangi jodoh seseorang maka sebaiknya hindari dan jangan pernah melakukan hal itu. Maka, mulai sekarang mari memperbaiki diri, mendekatkan diri pada Allah SWT serta memohon ampunan pada-Nya jika pernah melakukan kesalahan. Insya Allah jodoh akan dimudahkan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat bagi semua, jazakumullah.