Inilah Bahaya Gigi Berlubang Jika Tidak Segera di Tangani - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Bahaya Gigi Berlubang Jika Tidak Segera di Tangani

Masalah paling klasik karena malas pergi kontrol gigi 6 bulan sekali dan juga malas menggosok gigi 2 kali sehari sehabis makan pagi dan sebelum tidur malam. Hal ini yang membuat banyak orang yang mengalami kerusakan gigi hingga mengakibatkan gigi menjadi bolong. Padahal slogan menggosok gigi 2 kali sehari harus benar-benar kita jalani.

Anak, dewasa, orang tua, bahkan lanjut usia pun di haruskan menggosok gigi secara teratur. Memiliki gigi yang sehat sebenarnya tidak susah-susah amat. Gigi yang kuat itu karena kita yang merawat gigi kita sendiri dengan baik.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gigi bisa berlubang, dan juga bisa menyebabkan gigi keropos, seperti :
1.      Makanan
2.      Minuman (bersoda,berwarna,dll)
3.      Penyakit keropos gigi (kekurangan kalsium)
4.      Dan lain-lain

Itu semua bisa kita cegah supaya gigi tidak berlubang dengan menggosok, merawat gigi dan juga pergi kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk mencapai kesehatan gigi yang maksimal.

Untuk anak-anak yang memang karena giginya masih gigi susu, mudah rapuh dan copot sendiri ada baiknya juga kita bawa kontrol ke dokter gigi.

Di samping perawatan gigi yang sangat penting, anda juga peru mengetahui banyak hal yang bisa menyebabkan gigi menjadi sumber masalah utama bagi kesehatan. Gigi juga bisa membunuh manusia bila tidak mendapat peratawatan yang baik.

Mungkin banyak orang tidak menyadari bahaya akan kesehatan karena masalah gigi, terlebih orang Indonesia umumnya. Di sini permasalahan utama orang merawat  gigi bukan dari sosial ekonomi, karena memang dirinya tidak memperdulikan kesehatan gigi.

Nah, bila gigi sudah mulai berlubang dan sudah mulai sakit anda tentu sangat tidak senang dan tidak nyaman. Banyak penyakit yang bisa meluas karena gigi yang berlubang dan anda perlu waspada bila memiliki gigi berlubang namun anda belum tergerak untuk mencabutnya.

Berikut penyakit yang sering karena gigi berlubang:
  1. Dentitis (infeksi gigi yang terlokalisir di gigi sendiri)
  2. Sinusitis Dentogen (Infeksi pada sinus(rongga) di wajah akibat gigi molar atas berlubang.
  3. Meningitis (bisa terjadi karena gigi sudah rusak dan gampang infeksi dan bisa menyebar ke otak, butuh perawatan lebih extra bila sudah meningitis)
  4. Facial Nekrotikan ( Kerusakan pada lapisan kulit terutama wajah dan leher dimana ini merupakan penjalaran karena infeksi gigi yang berlubang tidak mendapat penanganan gigi menjadi rusak, infeksi berlanjut dan menyerang jaringan-jaringan wajah dan leher, terus berlanjut dengan keadaan nekrotik (rusak).
  5. Dan penyakit lain.
Facial Nekrotikan

Penyakit di atas merupakan penjalaran dari suatu infeksi gigi karena gigi berlubang tidak mendapat penanganan yang baik. Sehingga gigi yang tadinya berlubang menjadi luka, rusak dan gampang menjadi suatu sumber infeksi yang bisa mengakibatkan kejadian fatal.

Bila anda mempunyai masalah dengan gigi, segeralah periksa gigi anda ke dokter gigi. Jangan tunda esok hari bila berkaitan dengan kesehatan anda.

Terimakasih anda telah membaca artikel tentang bahaya gigi berlubang.