Inilah Bentuk Rupa Jin dan Cara Membentengi dari Godaannya Menurut Ajaran Islam - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Bentuk Rupa Jin dan Cara Membentengi dari Godaannya Menurut Ajaran Islam

Jin, syaitan dan iblis itu sudah ada sebelum penciptaan manusia. Hal ini dijelaskan dalam Al Qur’an. Firman Allah SWT yang artinya ;  Dan sesungguhnya Kami telah ciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan kami telah ciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas ( Al Hijr 27).

Sebagian orang pasti bertanya kenapa manusia tidak bisa melihat bangsa jin. Ini juga sudah dijelaskan dalam Firman Allah SWT yang artinya ; Sesungguhnya ia (jin) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari sutatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. ( Al A’raf 27).

Manusia tidak bisa melihat bangsa Jin, Syaitan dan Iblis karena mereka semua ialah makhluk ciptaan Allah SWT yang ghaib. Untuk Anda ketahui umur mereka tentunya lebih panjang daripada manusia. Mereka juga tidak seperti manusia. Jin akan hidup hingga hari kiamat dan mereka semua akan merasakan sakaratul maut.

Ilustrasi
Jin sangat banyak jumlahnya, tidak bisa kita prediksi jumlah mereka. Dan jin bisa memasuki lubang yang kecil. Jin bisa terbang dalam sekejab meski jaraknya sangat jauh. Dan jin juga bisa tinggal dalam tempat yang sangat kecil sampai ribuan jin. Mari simak ayat Al Qur’an dibawah ini.

Firman Allah SWT yang artinya ; Aku (Jin Ifrit) sanggup membawanya (singasana Balqis) kepada baginda (Nabi Sulaiman) sebelum baginda berdiri dari persidangan ini. Sesungguhnya aku cukup mampu berbuat demikian lagi dipercaya. (Al Naml 39).

Dalam ayat tersebut sudah jelas bahwasanya jin sanggup melampaui apa yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia. Bepergian dengan jarak yang sangat jauh hanya sekejap mata

Bagaimana Bentuk Rupa Jin
Sebagian dari Anda mungkin mengetahui bahwa jin tercipta dari api. Dan Allah SWT telah berfirman yang artinya ; Saya (Iblis) lebih baik daripadanya (manusia). Engkau ciptakan saya dari api, dan engkau ciptakan dia dari tanah (Al Araf 12).

Rasulullah SAW bersabda yang artinya ; Sesungguhnya Ifrit, sebagian dari golongan Jin semalam menggangu saya, agar saya berhenti melakukan sholat, namun Allah melindungi saya lalu saya mau mengikatnya pada teras masjid sampai pagi hari agar kamu dapat melihatnya. Tetapi saya ingat kepada nabi Sulaiman (kemampuan menguasai Jin yang Allah berikan kepadanya) yang pernah berkata : Ya Allah, ampunilah saya dan berilah saya kerajaan yang tidak pantas bagi orang-orang sesudah saya. (Bukhari).

Sesuai keinginannya saat dikutuk oleh Allah SWT bangsa Jin dan golongannya akan menyesatkan manusia sampai hari akhirat. Dan jin bisa menyerupai sesuai kehendaknya. Jin tidak bisa menyerupai Rasulullah SAW.

Allah SWT berfirman yang artinya ; Iblis menjawab: 'Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-Mu yang mukhlis diantara mereka.' (Shad 82-83).

Inilah Beberapa Golongan Jin
Banyak golongan jin, namun hanya dipisahkan dalam dua kelompok saja yaitu golongan pertama yang beriman kepada Allah SWT dan golongan kedua yang membangkan pada Allah SWT. Jin tidak sama dengan Malaikat, para Malaikat semuanya beriman kepada Allah SWT.

Firman Allah SWT yang artinya; Dan bahwasanya di antara kami (bangsa Jin) ada orang-orang yang sholeh, dan adapula yang tidak demikian. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda. (Al Jin 11).

Jin juga beribadah kepada Allah dan terdapat dalam firman-Nya ; Dan Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (Adz-Dzariyat 56).

Jin yang kafir dan manusia yang kafir yang tidak beriman kepada Allah SWT sama-sama akan menempati Neraka Jahannam, ini sudah dijelaskan dalam Al Qur’an yang artinya ; Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia (untuk mereka yang kafir). (Al A’raf 179).

Selain itu jin yang beriman kepada Allah SWT juga banyak, hal ini disebutkan dalam ayat Al Qur’an yang artinya; Katakanlah hai Muhammad, 'Telah diwahyukan kepadaku, bahwa sekelompok jin telah mendengar Al-Qur'an, lalu mereka berkata : Kami telah mendengarkan pembacaan Al-Qur'an yang menakjubkan. Yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar. Lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorangpun dengan Tuhan kami.' ( Al Jin 1-2).

1. Iblis
Iblis merupakan golongan bangsa jin paling jahat, mereka pertama kali yang membangkang pada saat proses penciptaan Nabi Adam As. Firman Allah SWT dalam Al Baqarah 34 yang artinya : Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada malaikat; Bersujudlah kepada Adam; Maka mereka bersujud selain daripada Iblis.
Karena pembangkangannya tersebut, Allah menangguhkan azab bagi Iblis sampai hari akhirat nanti. Firman Allah SWT yang artinya ; Allah berfirman : 'Sesungguhnya kamu (bangsa iblis) termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari kiamat)'. (Shad 80-81)
2.Golongan Syaitan
Firman Allah SWT yang artinya ; Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan dari bangsa manusia (orang yang memiliki sifat dasar seperti syaitan) dan dari bangsa jin. ( Al-An’am 112).

3. Beberapa Jenis Jin Lainnya Ifrit, Maradah, A'wan, Ghawwashun, Thayyarun, Tawabi', Qurona', 'Ammar dan lain-lainnya, bertugas menyesatkan manusia untuk menjadi penghuni Neraka Jahannam nanti. 
Cara Menghadapi dan mengantisipasi godaan jin kafir.
Membentengi dari jin kafir atau syaitan bisa dimulai sangat yang sederhana. Jika semua perbuatan kita cenderung baik, maka sangat sulit dimasuki jin. Rasulullah SAW bersabda yang artinya ; Masing-masing kamu memiliki syaitan,. Lalu para sahabat bertanya: Apakah engkau juga ' Kemudian Nabi menjawab: Juga aku, hanya saja saya ini telah ditolong oleh Allah Ta'ala terhadap mereka (para syaitan), sehingga mereka menjadi mukmin, maka mereka tidak menyuruh kecuali hal yang baik saja. (HR. Ibnu Mas'ud dan Muslim).

Selain itu selalu berzikir dan taqwa kepada Allah SWT akan dijauhkan dari godaan syaitan dan jin. Firman Allah SWT yang artinya ; “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa, apabila ditimpa kepada mereka sesuatu gangguan was-was syaitan, mereka teringat (selalu berlindung) kepada Allah, maka ketika itu mereka menjadi orang-orang yang memiliki pemandangan.” (Al A’raf 201).
Selain itu menahan diri dari hawa nafsu juga membentengi diri dari godaan syaitan dan jin. Rasulullah SAW bersabda yang artinya ; 'Sesungguhnya syaitan itu berjalan pada manusia lewat tempat jalannya darah. Maka sempitkanlah tempat berjalannya dengan lapar.' (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Muslim serta Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Berikut ini beberapa hal yang dilakukan untuk membentengi diri dari Jin kafir :
1.Selalu dalam keadaan takut kepada Allah dan berdoa kepada-Nya.
2.Takut kepada Nabi dan Rasul
3. Pemimpin yang adil dan jujur
4. Menjalankan shalat dengan khusyuk (berserah diri pada Allah SWT)
5. Orang kaya yang dermawan dan rendah hati
6. Muslim dan muslimah yang sayang kepada sesame saudara muslim lainnya
7. Pedagang yang selalu jujur
8. Orang yang bertaubat nasuha
9. Orang yang selalu dalam keadaan suci
10. Menjaga diri dari perbuatan dilarang Allah dan hal-hal yang diharamkan.
11. Orang yang shalat malam disaat orang lain tidur
12.Orang yang menghafal Al Qur’an dan selalu mengamalkannya.


Semoga bermanfaat bagi semua. Wallahualam