Masya Allah. Inilah Buah yang Mampu Mengobati Beberapa Penyakit dan Disebutkan Al Qur’an - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Masya Allah. Inilah Buah yang Mampu Mengobati Beberapa Penyakit dan Disebutkan Al Qur’an

Mungkin sebagian dari Anda pernah memakannya ataupun mendengarnya. Terutama bagi umat Islam pasti familiar buah satu ini yang dipercaya bisa mengobati sakit wasir , encok serta beberapa penyakit lain. Sebagai umat Islam buah ini sudah dijelaskan di dalam Al Qur’an yaitu buah Tin. Selain itu juga di sebutkan dalam hadits Rasulullah SAW, simak haditsnya dibawah ini.

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda yang artinya, ”Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yg turun dari surga jadi tersebut buah tin. Lantaran, buah-buahan surga itu tanpa ada biji. Konsumsilah ia, lantaran ia dpt hentikan wasir serta berguna mengobati encok” (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad).

Buah Tin
Buah Tin dijelaskan langsung dari ayat suci Al Qur’an dan juga Hadits Rasulullah SAW. Dua sumber itu sangat terpercaya bagi seluruh umat Islam di Dunia. Maka tidak salahnya jika mengatakan buah Tin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta banyak faedahnya bagi manusia. Bahkan Rasulullah SAW sendiri mengatakan jika ada buah yang turun dari Surga yaitu buah Tin. Sangat baik untuk kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari California Fig-s Advisiry Nutrional, ternyata buah Tin memiliki nilai gizi yang tinggi dan juga sangat komplit seperti vitamin, mineral serta nutrisi tinggi yang ada dalam buah Tin. Tidak salahnya para pakar nutrisi tersebut memberikan julukan buah Tin sebagai buah paling tinggi nutrisinya atau Super Nutrition.

Berikut kandungan atau nilai nutrisi dalam buah Tin :
Daya 250 kcal 1040 kJ
Karbohidrat 63. 87 g
Gula 47. 92 g
Dietary fiber (serat) 9. 8 g
Lemak 0. 93 g
Protein 3. 30 g
Thiamine (Vit. B1) 0. 085 mg 7%
Niacin (Vit. B3) 0. 619 mg 4%
Riboflavin (Vit. B2) 0. 082 mg 5%
Pantothenic acid (B5) 0. 434 mg 9%
Vitamin B6 0. 106 mg 8%
Magnesium 68 mg 18%
Folat (Vit. B9) 9 µg 2%
Vitamin C 1. 2 mg 2%
Zinc 0. 55 mg 6%
Kalsium 162 mg 16%
Iron 2. 03 mg 16%
Fosfor 67 mg 10%
Potassium 680 mg 14%


Sebenarnya buah ini sudah banyak beredar di Indonesia, tetapi tidak banyak orang yang mengkonsumsinya karena belum mengetahui nikmat dan nilai yang terkandung dalam buah Tin. Mungkin juga karena nilai harganya masih tergolong mahal, makanya banyak orang belum mengkonsumsi buah Tin secara rutin. Selain itu buah Tin juga sering dibawa pulang jamaah Haji ataupun Umrah.


Sahabat renungan Islam, meskipun kita belum mengkonsumsinya namun mengetahui buah Tin sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat, jazakumullah.