Inilah Manfaat Luar Biasa Jika Membaca Al Qur’an Seusai Shalat Subuh - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah Manfaat Luar Biasa Jika Membaca Al Qur’an Seusai Shalat Subuh

Sebagai umat muslim sudah seharusnya menyempatkan diri untuk membaca Al Qur'an. Istilah bagi orang Indonesia yaitu mengaji. Meskipun Anda tidak mengerti sepenuhnya tata cara mengaji yang baik dan benar, dengan berusaha untuk selalu mengaji, Insya Allah akan mendapat balasan dari Allah SWT. Lebih bagusnya jika Anda mengetahui syarat dan hukum ketika mengaji.

Penulis mendapatkan beberapa referensi tentang betapa luar biasa nikmatnya jika kita membaca (mengaji) seusai Shalat Subuh dan juga Shalat Maghrib. Beberapa pendapat ahli mengatakan dengan mengaji bisa meningkatkan kecerdasan otak seseorang sampai 80 % lebih. Hal ini dikarenakan pengaruh dari bergantinya atau jeda waktu dari pagi, siang dan malam hingga ke pagi harinya lagi.


Bukan menurut pendapat ahli saja. Selama ini bahkan penulis merasakan sangat baik jika belajar pada waktu seusai Shalat Subuh ketika sedang menempuh pendidikan. Terlebih membaca Al Qur’an, banyak aktivitas yang dilakukan sekaligus saat bersamaan yaitu : Membaca, Melihat dan Mendengar.

Selain itu bagi Anda yang ingin kuat hafalannya bisa rutin membaca seusai Subuh dan melakukan beberapa hal berikut ini :
  • Mengurangi porsi makan (makan yang cukup)
  • Membiasakan bangun malam untuk ibadah malam hari (shalat tahjjud)
  • Satu lagi membaca Al Qur’an (mengaji).

Insya Allah, jika melakukan ke tiga hal tersebut bisa memacu daya ingat Anda. Dengan membaca Al Qur’a, Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian yang menghampiri Anda. Maka amalkanlah dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang Doktor yaitu Dr Al Qadhi mengatakan dalam penelitiannya di Florida Amerika Serikat, jika seseorang muslim mendengarkan bacaan ayat Al Qur’an dapat merasakan beberapa perubahan dalam hidupnya, seperti :
  • Bisa menurunkan tingkat stress atau depresi
  • Memberikan ketenangan
  • Meningkatkan rezeki yang halal (dari Allah SWT). 

Dr. Al Qadhi merupakan seorang ahli jiwa, penemuan ini ditunjang dengan berbagai peralatan medis seperti pengukur tekanan darah, mengukur detak jantung, keadaan otot dan hantara listrik terhadap kulit.

Doktor tersebut berhasil membuktikan bahwa dengan membaca Al Qur’an membantu seseorang menjadi tenang dan menyembuhkan jiwa yang depresi hingga 97 %.

Selain itu, jauh pada tahun 1984, beberapa penelit dalam konferensi kedokteran Islam menyebutkan kesimpulan bahwa Al Qur’an terbukti membuat seseorang lebih tenang hingga 97 % bagi mereka yang mendengarnya.

Masya Allah, sahabat renungan Islam. Betapa besarnya nikmat yang kita dapatkan jika menghabiskan waktu untuk membaca (mengaji) atau mendengar Al Qur’an. Adakah hal sulit bagi kita semua untuk mengaji, hanya perlu 5-10 menit saja meluangkan waktu. Jikalaupun terlalu sibuk, mari mengganti dan membuang semua music di smartphone dan menggantinya dengan lantunan Ayat Suci Al Qur’an.

Mari sahabat menjadikan diri lebih baik dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Semoga kita semua mencapai satu tujuan yaitu menjadi penghuni Surga Allah. Amin