Mengerikan. Beginilah Suasana Gerhana Matahari 1983 yang Membuat Orang Ketakutan - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Mengerikan. Beginilah Suasana Gerhana Matahari 1983 yang Membuat Orang Ketakutan

Sebelum terjadi gerhana matahari pada hari ini tepatnya tanggal 9 Maret 2016. Sebelumnya gerhana matahari total pernah terjadi pada tahun 1983. Gerhana matahari tersebut juga melewati beberapa kota besar seperti di Jawa, Yogyakarta, Solo, Kudus, Madiun, Kediri, Semarang dan Surabaya. Juga kota lainnya seperti Papua, Makassar, Kendari. Pada saat itu banyak orang merasa khawatir dan takut ketika tiba gerhana matahari.

Ketakutan warga pada saat itu di karenakan banyak mitos-mitos yang beredar dan menyelimuti warga terutama yang berada di pulau Jawa terkait gerhana matahari. Masyarakat saat itu yakin gerhana matahari merupakan bentuk pengejawantahan pusat tata surya yang sedang dikonsumsi oleh makhluk jahah dengan rupa jelek yang bernama Batara Saat.

Suasana Gerhana Matahari 1983
Jika pada gerhana Matahari kali ini banyak orang terutama kaum muslim melaksanakan shalat gerhana dan ada juga yang menyaksikan terjadi gerhana. Namun, pada tahun 1983 warga banyak melakukan hal-hal aneh seperti menabuh kentongan, kaleng kosong, perkakas dapur dan lesung. Ini dilakukan untuk menangkal aksi Batara Saat.

Seperti yang dihadapi oleh Sumarsono, tukang becak di Semarang asli Demak, Jawa Tengah. Lelaki ini bahkan juga nekat pulang ke desanya cuma membuat perlindungan sepetak sawah punya keluarganya. Sebab, Batara Saat dipercaya akan mengonsumsi tanaman punya warga.

Menurut kepercayaan Sumarsono, waktu gerhana matahari berlangsung, warga sibuk menyelamatkan ternak serta tanaman supaya tidak  dikonsumsi oleh Batara Saat. Pohon-pohon buah seperti pohon mangga serta kelapa mesti dipukul batangnya. “Sesaat tanaman sawah, seperti padi, jagung, ketela, serta palawija yang lain ditolong lewat cara disirami air,” ia menuturkan.

Begitu gempar saat tejadi gerhana matahari pada waktu itu, terlebih minimnya informasi yang didapatkan warga tentang gerhana matahari. Sudah kita ketahui pada era tahun 1980-an  hanya ada radio RRI dan juga TVRI. Dan pemerintah mengimbau warga untuk tidak melihat gerhana matahari secara langsung.

Pada waktu itu TVRI juga menayangkan iklan dengan bunyi seperti berikut ini; " Cuma satu langkah lihat gerhana dengan aman, lihatlah lewat monitor TVRI Anda. Inilah bunyi himbauan seperti iklan.

Bukan hanya itu, pada saat gerhana matahari 1983 Gubernur Jawa Tengah, Ismail memohon pada warga untuk masuk ke rumah setelah mendengar bunyi sirine. Semua warga di minta untuk menutup jendela, genteng dan semua lubang yang memungkinkan cahayanya untuk masuk.

Di Madura dan juga Surabaya, pemerintah menyita semua bahan yang berbentuk jimat yang di perjual belikan secara bebas. Jimat tersebut dipercaya bisa melihat gerhana matahari total dalam keadaan mata telanjang dan ditanggung tidak buta. Menurut penulis, hal ini sudah tepat dilakukan oleh pemerintah, mengingat betapa bahaya yang terjadi jika melihat secara langsung gerhana matahari.


Kini cerita masa lalu biarlah berlalu dan menjadi kenangan bagi semua orang yang merasakannya pada saat itu. Sebagai umat muslim yang taat kepada Allah SWT dan menjunjung tinggi Rasulullah SAW, pastinya pada hari ini saat terjadi gerhana matahari kita sudah melakukan beberapa amalan yang sesuai ajaran Islam. Semoga bermanfaat, jazakumullah.