Seperti Apa Fenomena Ditindih Setan Ketika Tidur. Ini Penjelasannya dan Cara Mengatasinya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Seperti Apa Fenomena Ditindih Setan Ketika Tidur. Ini Penjelasannya dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya setiap orang saat tidur  mengalami hal yang namanya di tindih setah. Mitos mengatakan di tindih setan, benar-benar menyakitkan dan yang pasti orang beranggapan setan lah yang melakukan hal tersebut, begitulah pengakuan sebagian orang yang masih awam.

Menilik secara teori , sebenarnya di tindih setan itu di kategorikan sebagai salah satu fenomena berkaitan dengan kesehatan yang terjadi pada saat tidur. Fenomena tersebut dinamakan Sleep Paralysis. Di bidang ilmu kesehatan banyak penjelasan mengapa terjadinya sleep paralisis, dan mungkin sebagian orang malas membaca secara teoritis dan  lebih mudah memahami secara logika saja apa itu yang di maksud sleep paralisis.

Ilustrasi orang tidur
Untuk sekarang ini, anda sudah pasti percaya bahwa di tindih setan itu bukan suatu fenomena dari kejadian mistik. Untuk memahami secara logis tentang sleep paralisis, sebagai berikut:

Fakta-fakta Sleep Paralisis (Di Tindih Setan)
1.Kejadian Sleep Paralisis  terjadi pertama pada saat usia remaja, umur sekitar 17 dan berkembang sejalan bertambah usia.

2.Sleep Paralisis terjadi pada saat kondisi seseorang mengalami fase tidur yang terganggu disini yang terganggu REMnya (Rapid Eye Movement). Saat tidur manusia mengalami beberapa fase untuk menuju kualitas tidur.

3.Sleep Paralisis bila sering terjadi bisa mengalami gangguan organ tubuh lainnya terutama jantung.

Pernyataan Teori
1.Sleep Paralisis merupakan kejadian yang terjadi saat seseorang sedang tidur namun di mana kondisi otak masih dalam keadaan sadar dan otot tubuh sudah dalam keadaan lemas (tidak berdaya). Tubuh tidak bisa merespon suatu keadaan dimana otak masih sadar dan yang mengalami kejadian ini bisa mendengar suara-suara bisikan di sekitar dan keadaan tubuh sangat lumpuh. Keadaan seperti ini sangat menyulitkan seseorang dimana untuk berteriak pun tidak bisa apalagi untuk menggerak-gerakkan tubuh atau anggota tubuh (tangan-kaki).
2.Dalam keadaan/kondisi seperti di atas berusahalah tetap tenang, dan lebih mudah lagi bernapas secara teratur, tidak tergesa-gesa, dan jangan panic.

3.Dalam waktu kurang lebih 5 menit otak berusaha menginkron supaya tubuh yang lemas bisa terbangun,bisa merespon dan bisa bergerak. Disini yang perlu kita ketahui saraf-saraf yang ada di otak berusaha memberi sinyal untuk membangunkan otot tubuh, dimana otot tubuh dalam keadaan lumpuh sedangkan manusia masih dalam keadaan sadar.

4.Tidak ada penanganan khusus pada kejadian seperti ini (sleep paralisis), dan lebih baik pada saat terbangun minum segelas air putih.

5. Bila kejadian terlalu sering dan sejak kecil, yang harus di waspadai adalah penyakit epilepsy (penyakit kejang-kejang atau step) dan harus mendapat penanganan lebih lanjut.

Logika
1.Secara logika kita bisa berpikir, pada saat di tindih setan kita tidak perlu panik, karena beberapa menit kemudian kita pasti akan tersadar atau terbangun.

2.Pada saat ditindih setan pasti kita dalam keadaan sadar dan badan kita terasa lumpuh, kejadian ini merupakan keadaan saraf-saraf di otak belum mengsinkron sepenuhnya (memberi sinyal) untuk merangsang otot supaya terbangun.

3.Tidak perlu takut karena kejadian di tindih setan,karena setan itu tetap ada saat kita terjaga.

4. Jangan terlalu stress dan banyak pikiran, supaya kualitas tidur tetap terjaga sehingga fenomena di tindih setan (Sleep Paralisis) tidak terjadi.

Semoga anda sudah memahami tentang keadaan sebenarnya sleep paralisis atau di tindih setan. Tulisan di atas bisa menjadi suatu rujukan anda, namun bila anda belum terlalu memahami, anda bisa membaca lebih banyak artikel lagi yang berkaitan sleep paralisis yang di bahas di internet,buku,majalah dan lain-lain. Dan menjadi pedoman anda.