Ternyata Dalam Waktu Dekat Ini Bakalan Ada Gerhana Matahari Total Lagi. Ini Lokasinya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ternyata Dalam Waktu Dekat Ini Bakalan Ada Gerhana Matahari Total Lagi. Ini Lokasinya

Menyaksikan gerhana matahari memang membuat sebagian orang turut senang karena langsung mendatangi lokasi tersebut. Bagi kita umat Islam jika ada gerhana tentunya harus melakukan amalan yang diajarkan Islam dan sesuai ajaran Rasulullah SAW. Jangan sampai melakukan perayaan yang tidak semestinya dan dilarang.

Sebelumnya Indonesia juga sempat terjadi Gerhana Matahari Total yang terjadi pada tahun 1983. Namun, Gerhana pada tahun 1983 tersebut terasa mengerikan dan menakutkan bagi masyarakat yang merasakannya.

Ternyata, selain gerhana matahari 9 maret 2016 dalam waktu dekat ini terjadi beberapa gerhana matahari juga. Berikut kapan dan lokasi gerhana matahari tersebut dilansir dari tribunnews.com

Ilustrasi Gerhana
1. Pada 21 Agustus 2017
Gerhana matahari total akan terjadi di Eropa Barat, Asia Utara/Timur, Afrika Utara/Barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Arktik.
Gerhana ini kelak menjadi gerhana matahari total pertama yang terjadi setelah tahun 1979.

Gerhana ini sendiri bisa dinikmati mulai dari bagian paling timur hingga barat Amerika.

Fenomena gerhana yang bisa dilihat oleh seluruh rakyat Amerika ini sebelumnya terjadi tahun 1918.

2. Pada 2 Juli 2019
Gerhana matahari total akan terjadi di Amerika Utara, sebagian besar Amerika Selatan, dan Pasifik.
Gerhana ini sebagian besar akan terjadi di Lautan Pasifik.

Jadi gerhana ini pastinya tak bisa dinikmati oleh masyarakat umum sebab harus disaksikan melalui kapal.

3. Pada 14 Desember 2020
Gerhana matahari total akan terjadi di Afrika Selatan, sebagian besar Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Laut India, dan Antartika.

Bagian klimaks dari gerhana total ini tak bisa disakdikan di daratan. Jadi jangan kecewa jika Anda hanya bisa melihat maksimal 90% bagian matahari yang tertutupi bulan.

4. Pada 4 Desember 2021
Gerhana ini bisa dilihat dari Australia Selatan, Afrika Selatan, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Laut India, dan Antartika.

Gerhana ini diperkitakan hanya bisa dilihat oleh mereka yang berada di belahan bumi bagian selatan.

Sahabat, dalam waktu kurun tersebut tidak ada yang terlintas di daerah Indonesia. Apakah gerhana tersebut benar-benar terjadi sesuai yang di prediksi pakarnya, kita tidak mengetahui pasti, semua kejadian merupakan rahasia Allah SWT. Hanya Allah semata yang mengetahuinya. Semoga bermanfaat.