Ternyata Minum Teh Campur Susu Meningkatkan Resiko Batu Ginjal. Ini Penjelasannya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ternyata Minum Teh Campur Susu Meningkatkan Resiko Batu Ginjal. Ini Penjelasannya

Minum teh dan minum susu sudah menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Seperti diketahui di dalam susu terdapat banyak kandungan gizi yang sangat menyehatkan bagi tubuh, begitu juga dengan teh juga terasa menyehatkan. Tidak salah orang Indonesia menyukai minuman tersebut.

Nah, bagaimana jika memutuskan untuk mencampur teh dan susu menjadi satu minuman yang unik, pasti enak. Teh susu begitu orang menyebutkannya juga sangat popular bagi sebagian orang Indonesia.


Teh susu banyak digemari orang dari segala usia mulai dari anak-anak sampai mereka yang sudah lanjut usia. Mencampur susu ke dalam teh biasanya sebagai pengganti gula manis. Kombinasi keduanya menciptakan suatu rasa yang sangat enak dan nikmat. Namun, dibalik kenikmatan tersebut ternyata mencampur susu ke dalam teh kurang menyehatkan bagi tubuh. Percaya tidak percaya simak ulasan berikut ini :

Ulasan pertama. Teh dipercaya mempunyai banyak zat antioksidan yang baik dan dapat menyingkirkan radikal bebas yang berpotensi seabagai penyebab kanker. Didalam teh terdapat senyawa dinamakan catechin yang bertugas sebagai antioksidan. Sedangkan di dalam susu terdapat kandungan kasein. Kasein ini bekerja berlawanan dengan catechin dan menghalanginya. Otomatis kinerja antioksidan tidak maksimal dan merugikan tubuh.

Ulasan kedua : Susu banyak terdapat kandungan kalsium yang berfungsi untuk menyehatkan kesehatan tulang. Dengan rutin minum susu tentu saja meningkatkan kandungan kalsium yang beredar di dalam tubuh. Nah, di dalam teh ada yang namanya kandungan asam oksalat yang dikeluarkan tubuh melalui urin. Namun, asam oksalat dapat berikatan dengan kalsium di dalam tubuh, alhasil asam oksalat tidak dapat dikeluarkan dalam urin. Jika terlalu banyak dan mengendap bisa beresiko menjadi penyakit batu ginjal atau kencing batu.


Resiko terjadi batu ginjal akan meningkat jika terlalu sering minum teh di campur susu apalagi konsumsi air putih sangat kurang.

Diluar hal tersebut, ternyata dalam 15 tahun terakhir terjadi peningkatan kasus batu ginjal pada perempuan sebanyak 15 % dilaporkan oleh Karen seorang peneliti dari University of Washington School of Medicine. Untuk perempuan disarankan minum air putih yang cukup, tidak boleh kurang dan jangan berlebihan.

Setelah membaca ulasan ini pada kenyatannya minum teh dicampur susu kurang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan ginjal. Meskipun banyak orang yang ingin menambah kenikmatan saat mencampur teh dan susu sebaiknya harus mengetahui ada beberapa resiko yang tidak baik bagi tubuh kita.

Terlepas benar atau tidak karena belum ada penelitian, meskipun tetap mengkonsumsinya harus dibarengi dengan minum air putih yang banyak.


Semoga bermanfaat.