Ternyata Radiasi Handphone Sangat Berbahaya. Inilah 9 Cara Mencegahnya - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Ternyata Radiasi Handphone Sangat Berbahaya. Inilah 9 Cara Mencegahnya

Pancaran sinar paling berbahaya yaitu radiasi merupakan pancaran berbentuk panas, gelombang electromagnetic dan foton. Sumber radiasi dihasilkan bermacam peralatan elektronik seperti TV, Microwave, Smartphone (HP) dan lain-lainya. Semua radiasi pasti berbahaya dan mematikan jika diserap oleh tubuh secara berlebihan.

Seperti  yang kita ketahui bersama, penggunaan elektronik bisa membawa manfaat dan juga mudharat bagi penggunanya. Ini termasuk dalam penggunaan HP. Kalau tubuh sering menyerap radiasi dari HP juga bisa merugikan tubuh.

Dalam satu forum diskusi yang digagas badan kesehatan dunia WHO menyimpulkan radiasi dari HP berupa karsinogenik. Dikenal sebagai zat pemicu terjadi kanker. Sebagai pencegahannya diperlukan edukasi untuk mengatasi bahaya dari radiasi HP (smartphone). Hal ini perlu dilakukan untuk keselamatan manusia. Melihat pengguna smartphone di dunia hampir 2 milyar.

Diatas yaitu sebagian besar dampak buruk yang berjalan pada tubuh manusia yang karena oleh radiasi handphone yang sudah di cermat oleh sebagian ahli kesehatan di seluruhnya dunia. Pastinya hal sejenis ini buat kita semuanya ingin tahu bagaimanakah langkahnya menghindar radiasi pada handphone agar bisa lepas dari dampak buruk pada kesehatan tubuh kita.

Beberapa Langkah menghindar bahaya radiasi handphone 

Banyak cara menghindari radiasi dari handphone. Namun kamu tidak terlalu memperdulikannya atau tidak menerapkan dengan baik. Beberapa Langkah yang efektif menghindari bahaya radiasi dari Handphone seperti dibawah ini :

1. Menggunakan headset saat menelpon
Penting, pada saat menelpon sebaiknya gunakan headset. Ini supaya pancaran radiasi tidak terlalu dekat dengan kepala. Dan gelombang radiasi terlalu berimbas langsung di area badan. Ada satu kasus petugas operator mengalami tumor kecil di otak akibat radiasi Handphone yang terlalu lama. Dia bekerja sebagai operator (petugas menjawab telepon) selama hampir 6 tahun lamanya.

2. Menggunakan loudspeaker saat menelpon 
Cara efektif lainnya kamu bisa menggunakan pengeras suara atau loudspeaker saat bertelepon. Setidaknya tubuh kamu tidak langsung terpapar dengan radiasi yang merugikan tubuh
  
3. Jangan sampai menelpon diruang yang sempit 

Ada baiknya jangan menerima telpon atau menelpon seseorang dalam ruangan yang sempit. Ruang sempit mengubah frekuensi kekuatan radiasi lebih besar karena menyesuaikan dengan tempat. Jadi, kamu bisa mencari ruangan yang sedikit besar.

4. Jangan menyimpan handphone dalam kantong 
Beberapa penelitian melaporkan. Radiasi yang diserap Handphone menurunkan kualitas kesuburan cowok. Nah, bagi kamu cowok sudah bisa meninggalkan kebiasaan menyimpan Handphone didalam kantong celana. Solusinya cari tas samping yang kecil untuk meletakkan Handphone kamu.

5. Menggunakan kedua telinga saat menerima atau menelpon
Ada baiknya juga saat menelpon menggunakan kedua telinga secara bergantian. Ini dilakukan jika kamu malas menggunakan headset dan malas menggunakan loudspeaker. Namun, jika terlalu keseringan tidak baik untuk tubuh dan tidak terlalu disarankan. 

6. Menggunakan Blustoth, WiFi dan GPS sekedar saja 
Fitur-fitur ini ternyata memiliki radiasi lumayan besar. Yang harus kamu lakukan saat menelpon matikan fitur ini supaya radiasi yang diterima handphone tidak terlalu besar.

7. Sebaiknya matikan handphone jika sinyal sangat lemah 
Pada saat sinyal handphone kamu lemah. Sebaiknya segera matikan. Dengan sinyal yang lemah, kekuatan radiasi lebih besar dibandingkan dengan sinyal yang normal. Biasanya penggunaan handphone dalam keadaan sinyal lemah baterai semakin cepat habis. Ini menandakan handphone bekerja dalam keadaan maksimal.

8. Jauhkan handphone ketika tidur 
Saat kamu tidur sebaiknya jangan menggunakan handphone. Terlebih menyimpannya didekat bantal tidur atau dekat kepala. Walaupun handphone tidak menerima sms atau sedang tidak menelpon, sinyalnya akan terus aktif. Ini sangat beresiko untuk kesehatan. Jauhkan dan sebaiknya handphone dimatikan.
  
9. Non Aktifkan handphone jika tidak perlu 

Jika sedang bermain game offline sebaiknya matikan handphone. Jika kamu sudah mempunyai anak sebaiknya cabut kartu sim saat anak menggunakan handphone. Anak-anak sering menggunakan handphone untuk bermain game.

Ini beberapa dampak buruk dan bahaya radiasi HP yang mematikan yang merugikan kesehatan

  1. Menyebabkan kanker otak
  2. Menyebabkan tumor otak
  3. Menyebabkan ganggguan pendengaran
  4. Menyebabkan iritasi ringan pada kulit
  5. Mengakibatkan penyakit jantung
  6. Mengakibatkan rusaknya kornea pada mata
  7. Mengakibatkan kanker payudara
  8. Kurangi kemampuan daya ingat
  9. Turunkan sistem kekebalan tubuh
  10. Tingkatkan hormon stress
  11. Mengganggu kehamilan dan janin
Semoga bermanfaat, wallahualam. (sumber dari blog penulis lainnya)