Wahai Orang Tua, Inilah Dampak Buruk Bagi Anak jika Membawa Tas Terlalu Berat Saat Bersekolah - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Wahai Orang Tua, Inilah Dampak Buruk Bagi Anak jika Membawa Tas Terlalu Berat Saat Bersekolah

Sebagai orang tua harus sudah seharusnya untuk selalu menjaga dan memperhatikan keadaan anak. Jangan sampai hal-hal sepele nantinya menjadi masalah yang besar kemudian hari. Salah satu  contoh seperti saat anak membawa tas yang terlalu berat saat bersekolah.

Tas yang berat yang dipakai anak bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jika terus menerus memakai tas terlalu berat, bisa menyebabkan kelainan pada tulang punggung si anak.
Ini menjadi sebuah peringatan kecil bagi anak-anak yang agar tidak membawa tas yang sangat berat saat bepergian ke sekolah. Anak-anak pastinya tidak mengetahui dampak buruk yang terjadi jika bukan Anda para orang tua atau Abang Kakaknya yang mengingatkan mereka.

Pertanyaannya kenapa ini bisa terjadi ?

Mengingat usia sekolah masih tahap pertumbuhan jadi sangat rentan mengalami masalah pada tulang terutama tulang belakangnya (tulang punggung). Hal ini memang tidak spontan terjadi, jika terus kelamaan bisa mengakibatkan dampak yang lebih serius. Bahkan bisa menjadi lebih buruk.

Meskipun belum ada laporan akibat keseringan akibat memakai tas yang berat namun ada kasus dimana tim dokter terpaksa melakukan langkah medis dengan membedah tulang punggung serta mengoperasinya dengan mencangkokkan tulang implant (pertolongan). Tentu hal ini bisa dihindari sedini mungkin jika orang tua mengingatkan anak-anaknya yang masih kecil usia kelas 1 sampai kelas 6 Sekolah Dasar.

Jika memang anak terlalu membawa banyak perlengkapan, berikanlah tas jinjing kecil untuk meletakkan semua perlengkapan yang dirasa berat. Jangan memaksa punggung terus menerus menahan beban yang sangat berat.

Mari sahabat menghindari hal-hal kecil yang bisa menyebabkan masalah besar dimasa depan. Beritahukan sahabat-sahabat Anda semua. Terimkasih, Jazakumullah.