Inilah 10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga

Bukan hanya manusia saja dan jin yang bisa masuk surga, namun beberapa hewan juga merupakan penghuni surganya Allah SWT.

10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga :

1).Unta Nabi Saleh as.
Unta yang merupakan salah satu mukjizat yang diberikan ALlah SWT kepada Nabi Saleh as telah dibunuh oleh kaumnya, yaitu kaum Tsamud.

2).Anak Sapi Nabi Ibrahim as.
Anak sapi ini digunakan oleh Nabi Ibrahim as untuk disembelih dan disuguhkan kepada ketiga tamunya yang ternyata tamu tersebut adalah malaikat utusan Allah SWT yang menjelma menjadi manusia.

Allah SWT berfirman: “Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (yaitu malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: “Salaama”. Ibrahim menjawab: “Salaamun (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal.”Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk. Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata: “Silahkan anda makan.” (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata: “Janganlah kamu takut”, dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishak).” (QS. Adz Dzariyat: 24-30)

3).Kambing Nabi Ismail as.
Kambing tersebut merupakan sebagai pengganti Nabi Isamail as yang telah ikhlas dan pasrah ketika hendak disembelih oleh Nabi Ibrahim as setelah mendapat petunjuk Allah SWT.


4).Sapi Nabi Musa as.
Sapi tersebut terkenal dengan sebutan sapi Bani Israil yang disembelih oleh Nabi Musa as untuk membuktikan kepada kaumnya dengan mukjizat dapat menghidupkan kembali mayat.

5).Ikan Nabi Yunus as.
Ikan tersebut adalah ikan Nun dalam Al Qur'an telah disebut, yang telah menelan Nabi Yunus as. Ikan tersebut akhirnya mengeluarkan Nabi Yunus dari perutnya dalam kondisi hidup.

6).Khimar Nabi Uzair as.
Kisah tentang keledai milik Nabi Uzair As ini terdapat dalam QS. Al-Baqarah ayat 259 yang artinya.

(259). Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: “Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?” Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: “Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?” Ia menjawab: “Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari.” Allah berfirman: “Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging.” Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) diapun berkata: “Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”


7).Semut Nabi Sulaiman as.
Semut ini merupakan semut yang ditemui oleh
Nabi Sulaiman as, semut yang banyak berpuasa dan separuh kurma saja tidak habis dimakannya meski dalam satu tahun lamanya.
8). Burung Hud-Hud Nabi Sulaiman as.
Burung ini merupakan pembawa pesan Nabi Sulaiman as kepada RatuBilqis yang di dalamnya terdapat ajakan untuk menyembah Allah SWT.

9).Unta Nabi Muhammad SAW.
Unta ini datang ketika Rasulullah SAW tengah dalam peperangan dan bercerita bahwa dirinya (Unta ini) akan disembelih pemiliknya meski tenaga Unta sudah dikerahkan untuk membantu pekerjaan pemiliknya.

Unta ini akhirnya meminta perlindungan kepada Nabi Muhammad SAW. Dan pada akhirnya Unta ini dilepaskan dan bisa hidup bebas.

10).Anjing Pemuda Ashabul Kahfi.
Anjing ini merupakan anjing setia yang selalu menemani 7 orang pemuda Ashabul Kahfi yang ditidurkan Allah SWT selama lebih dari 300 tahun.

Anjing itu akhirnya mati sebelum ketujuh pemuda Ashabul Kahfi bangun dari tidurnya.


Anjing tersebut warnanya kuning dan nanti di surga bentuknya berubah menjadi kambing gibas yang bernama Qithmir atau Tawarum atau Huban