Inilah 4 Amalan yang Bisa Mengubah Takdir Seseorang - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Inilah 4 Amalan yang Bisa Mengubah Takdir Seseorang

Sebagai seorang hamba yang taat kepada Allah SWT kita meyakini bahwa takdir sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Semua yang menimpa dan terjadi pada diri kita sudah diketahui dan ditetapkan oleh Allah. Hanya Allah yang mampu melakukan segalanya terhadap apa yang di langit dan di bumi.

Akan tetapi ternyata ada beberapa amalan yang bila dilakukan maka dapat merubah takdir seseorang, dari takdir yang buruk menjadi takdir yang baik. Salah satunya dengan berdoa. Sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah SAW bahwa doa merupakan faktor yang dapat mengubah takdir seseorang.


Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah takdir yang buruk menjadi takdir yang baik. Rasulullah mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT sebagai salah satu upaya untuk mengubah takdir kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jangan sampai menjadi seseorang yang tidak ingin berubah sama sekali.

Di dalam Al Qur’an Allah SWT juga menjelaskan Allah akan mengubah suatu kaum jika kaum tersebut mengubah keadaan dirinya.

Bukan hanya dengan berdoa saja mampu merubah takdir seseorang, ada amalan lainnya yang sudah dijelaskan dalam Al Qur’an dan juga Hadits Rasulullah SAW tentang amalan-amalan tersebut. Inilah 4 amalan yang bisa mengubah takdir seseorang, berikut penjelasannya:

1.Berdoa
Diatas sudah dipaparkan tentang berdoa merupakan bagian dari atau sebagai jalan mengubah takdir seseorang. Berdoalah kepada Allah SWT dengan rasa penuh keikhlasan dan keyakinan bahwa hanya kepada Allah kita semua memohon sesuatu. Hanya Allah SWT saja yang mampu mengubah takdir manusia.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya :  “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi)

2.Amal Kebaikan
Cara yang kedua bisa memperbanyak amal kebaikan. Menjalankan perintah Allah dengan beribadah kepada-Nya termasuk kedalam amal kebaikan seperti ibadah dan berbuat kebaikan sesama manusia dengan mengharapkan ridha darinya semata.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : "Beramallah kamu sekalian, karena beramal (berbuat kebaikan/ibadah) akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu” (HR. Bukhori dan Muslim).

Dalam “Tiada yang dapat menambah umur seseorang, selain (amal) kebaikan.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

3.Rajin Bersedekah
Selain amal kebaikan, rajin bersedakah juga sebagai salah satu kiat untuk mengubah takdir buruk menjadi takdir baik seseorang. Seperti dalam tida hadits Rasulullah SAW dibawah ini yang artinya :

“Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah dan menolak ketentuan yang buruk.” (HR. Tirmidzi).

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani).

“Sesungguhnya sedekah dan silaturahim itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi.” (HR. Abu Ya’la Alhambali).

4.Berusaha dengan bersungguh-sungguh dan ikhlas
Manusia harus berusaha dengan hati yang ikhlas dan bersungguh-sungguh serta yakinlah Allah pasti mendengar apa yang di minta oleh hamba-Nya. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT yang artinya : “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Qs. ar-Ra’du: 11)

Itulah penjelasan tentang 4 amalan yang bisa mengubah takdir buruk menjadi baik. Jangan pernah patah semangat memohon sesuatu kepada Allah SWT. Yakinlah dengan ikhtiar yang kuat dan mengamalkan hal-hal tersebut diatas, Insya Allah akan menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

Paling penting, selalu bertawakkal kepada Allah SWT. Pasrahkan diri dan hati hanya kepada Allah SWT. Ingat, setiap kejadian yang terjadi pada diri kita, itu karena Allah semata baik hal buruk dan hal baik. Allah SWT berfirman yang artinya “Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, maka Dia akan mencukupi semua kebutuhannya.” (QS. Ath-Thalaq: 3). Maka senantiasalah bertawakkal kepada Allah SWT.

Semoga kita semua selalu menjadi seorang hamba yang selalu bersyukur kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat.