Jangan Bersedih, Jodoh Pasti Akan Datang, yang Penting Mementaskan Diri - Renungan Islam | Kisah Inspirasi

Jangan Bersedih, Jodoh Pasti Akan Datang, yang Penting Mementaskan Diri

Semua orang pasti mendambakan yang namanya jodoh (pendamping hidup). Sudah bukan rahasia lagi jika umur seseorang sudah dirasa mapan untuk menikah, pasti akan datang pertanyaan-pertanyaan yang menghampiri seperti ‘sudah punya calon’ nikahnya kapan’ atau lain-lain. Sepertinya, jodoh menentukan tingkat kesuksesan seseorang dan dengan menggelar pernikahan pastinya.

Beberapa orang diantaranya akibat dari pertanyaan-pertanyaan diatas akan dibuat rasa khawatir karena belum memiliki calon pendamping. Dan mulailah disibukkan dengan berkenalan, dikenalkan oleh teman-teman, mencari kesana kemari atau juga menunggu calon jodoh dari orang tua (perjodohan).

Sebenarnya bagi yang belum memiliki calon pendamping hidup tidak perlu merasa khawatir berlebihan. Ingat! Jodoh sudah ada yang mengaturnya, di dalam Islam segalanya sudah diatur oleh Allah termasuk juga jodoh seseorang. Jadi apa yang perlu dikhawatirkan, jika memang belum berjodoh, Allah mempunyai rahasia yang tidak diketahui oleh seorang hamba-Nya.

Ilustrasi
Daripada sibuk memikirkan atau melakukan yang aneh-aneh untuk mendapatkan jodoh, alangkah lebih baik mementaskan diri, berikut alasannya :

Mementaskan Diri Karena Allah, Bukan Karena Jodoh
Sebagai umat muslim, cinta abadi sebenarnya cinta yang dimiliki seorang hamba kepada Allah SWT, begitupun juga Allah sangat mencintai hamba-Nya, pasti seorang hamba yang pantas dicintai. Ketika seseorang mementaskan diri karena Allah dengan mengharapkan jodoh yang baik, Insya Allah akan diberikan jodoh yang baik pula. Maka mari mementaskan diri karena Allah. Baru kemudian menata hal-hal lain yang masih kurang dan harus diperbaiki. Silahkan baca selanjutnya.

Luruskan Niat dan Tetap Berada di Jalur yang Tepat
Niatkan untuk segera mendapatkan jodoh dan membina rumah tangga karena Allah semata, dengan begitu kita sudah berada pada jalur yang tepat. Dengan mengharapkan jodoh, tidak lama kemudian pasti segera melangsungkan pernikahan. Pernikahan itu sendiri bukan hanya sekedar saja, melainkan menjalankan sunnah Rasul dan juga beribadah. Dengan niat yang baik akan dipermudah urusan jodoh.

Berhijrahlah Menjadi Lebih Baik daripada Sebelumnya dan Meningkatkan Kualitas Diri
Tidak ada orang yang bisa mengatakan bahwa dirinya paling baik ataupun ia memiliki perangainya baik. Setiap manusia memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda, adakalanya secuil kesalahan masih bisa saja terjadi. Dengan begitu mari berhijrah dan memperbaiki diri menjadi seseorang yang lebih baik daripada sebelumnya. Bukankah menginginkan jodoh yang baik, taat, saleh atau salehah. Oleh karena itu perbaikilah diri sendiri terlebih dahulu. Insya Allah jodoh akan datang pada waktunya sesuai janji Allah.

Bagi para laki-laki, ada baiknya meningkatkan keilmuan tentang agama, rajin mengaji dan menguatkan ibadah kepada Allah. Setelah menikah para laki-laki akan diminta pertanggung jawaban pada hari nanti.

Jodoh Akan Datang di Saat Kamu Siap
Percaya atau tidak, jika selama ini kamu sudah mementaskan diri, dengan langkah pasti jodoh akan datang pada saat kamu sudah siap dan kamu memiliki banyak bekal untuk segera melamarnya tanpa pandangan apapun dari orang lain. Pastinya bagi kamu laki-laki akan menjadi seseorang yang lebih bertanggung jawab dan siap melindungi jodohmu.

Jodoh Layaknya Cerminan Dirimu Sendiri
Coba perhatikan orang-orang yang sudah menikah. Sedikit banyak diantara mereka hampir memiliki sifat-sifat yang sama. Mengapa demikian, karena mereka saling melengkapi antara satu sama lain. Karena selama ini kamu sudah mementaskan diri, barangkali jauh-jauh sebelumnya jodohmu juga sudah mementaskan diri menjadi lebih baik.

Misalnya, jika jodohmu seorang yang sangat ulet, tekun dan rajin, setidaknya kamu memiliki 2 diantara 3 hal tersebut.

Sedikit Lebih Terbuka, Jangan Terlalu Menutup Diri
Meskipun jodoh sudah ketentuan Allah, jangan sampai terlalu menutup diri. Jodoh tidak akan datang semudah begitu saja. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar jodoh bisa melihat sisi dalam dari dirimu. Setidaknya jika kamu sedang menjalani taarufan beritahukan tentang kepribadian dirimu supaya jodohmu mengetahui dirimu lebih jauh dan ia akan menyeimbangkannya.

Nah, bagi yang sedang sedih karena belum memiliki pasangan, sebaiknya jangan pernah berpacaran, lebih baik mementaskan diri mulai sekarang dan menyambut jodoh yang baik yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.